Wallpaper smartphone salah foto siap siap HP terkunci ini penyebabnya


Security | 11 June 2020

Hati hati memasukan wallpaper untuk layar smartphone.

Khususnya foto dengan ukuran file resolusi tinggi atau format tertentu, dapat membekukan smartphone.

Mungkin smartphone mengunakan file foto seperti dari camera DSLR atau foto dengan format warna tertentu.
Dilaporkan beberapa model smartphone akan terkunci.

Tidak rusak, tidak brick, hanya bootloop ke lock screen (layar smartphone terkunci) kadang bootloop on off. Dibawah ini contoh foto yang membuat smartphone dapat membeku.

Change wallpaper smartphone bootloop

Bila sudah salah memasukan file foto resolusi tinggi. Salah satu cara mendelete file dari smartphone. 

Tentu smartphone harus masuk ke Safe Mode bila pemilik smartphone mengerti cara setting ke Safe Mode.
Atau mengunakan Bootloader untuk mereset smartphone kembali.

Tahun 2018 pernah dilaporkan oleh penguna Android.

Masalah ada di tingkat kualitas warna foto, smartphone hanya menerima file resolusi RGB, kabarnya tidak dengan sRGB.



Beberapa model smartphone yang ditemukan bermasalah seperti smartphone model dari Google, Samsung, OnePlus, Nokia dan Xiaomi.
Tetapi tidak semua model ditemukan membuat smartphone terkunci ketika menganti wallpaper foto warna tinggi.

Huawei Mate 20 Pro tidak masalah, tetapi Google Pixel 2 langsung membuat smartphone macet.
Huawei memiliki software di smartphone dan otomatis untuk merubah Color Space foto.
Android 11 nanti tidak akan bermasalah dengan foto untuk wallpaper dengan foto warna tinggi.

Perbaikan dengan menekan 2 tombol reset smartphone, dengan tombol power dan volume tidak dapat memperbaiki smartpone.
Solusi terakhir dari smartphone memiliki opsi untuk reset, dan baru berhasil walau semua data dari smartphone ikut di reset.

Berita sebelumnya ada yang melapor bila mengunakan file resolusi tinggi, dapat membuat smartphone macet / crash dan tidak dapat di boot.

11 Juni 2020
Foto yang sempat heboh di internet, dibuat oleh fotografer Gaurav Agrawal. Dia mengabadikan di taman nasional Glaciar.
Mendadak fotonya menjadi viral di internet.

Gaurav Agrawal menjelaskan fotonya tidak salah tapi smartphone memang mungkin bermasalah bila memasukan foto format yang dibuat tersebut sebagai wallpaper.
Dia membuat foto dengan camera Nikon D850 Agustus 2019 ketika cuaca buruk atau awan tebal., tetapi di belakangnya ada cahaya matahari yang menarik untuk diabadikan dan munculnya sun-ray seperti garis cahaya matahari.

Setelah di edit, Agrawal mengekspor fotonya ke format warna ProPhoto RGB sebagai resolusi dengan tingkat warna tertinggi mengunakan aplikasi software Adobe Lightroom.

Di tingkat warna tinggi tersebut ternyata tidak dapat dibaca di sebagian besar smartphone Android. Kebanyakan model smartphone Samsung dan Google dipastikan bermasalah.

Ketika file fotonya dijadikan Wallpaper, oleh smartphone dengan OS Android 10 yang menerima tingkat warna sRGB.

Itulah penyebabnya, tingkat warna Profoto tidak dapat dibaca smarrtphone dan smartphone terkunci seperti Bootloop tidak berhenti. Bahkan smartphone harus di reset ulang untuk menghilangkan file wallpaper yang bermasalah.

Agrawal mengatakan kepada BBC bahwa dia sedih dengan apa yang terjadi.
Karena dia pengguna iPhone (dan selalu menggunakan foto istrinya sebagai latar belakang ponselnya), dia tidak tahu bahwa memilih ruang warna yang salah di internet, dapat menyebabkan keributan bagi penguna smartphone Android..



"Aku tidak melakukan sesuatu dengan sengaja. Saya sedih bahwa orang akhirnya mendapat masalah. " kata Agrawal.
"Saya berharap foto saya akan menjadi 'viral' karena alasan yang bagus, tapi mungkin itu untuk lain waktu ... Saya akan membagikan foto dengan format lain mulai sekarang."

Penyebabnya, smartphone secara umum hanya menerima format file sRGB. Seperti yang dilihat di monitor computer standar, adalah warna sRGB

Tingkat warna lebih tinggi dengan lebih banyak gradasi warna adalah AdobeRGB. Umum digunakan untuk editing foto, hanya tampil bila mengunakan monitor khusus untuk editing foto dan video.

Kelas profesional disebut format warna ProPhoto, sebagai warna paling tinggi untuk editing foto. Tampilan warna ProPhoto RGB umum digunakan oleh kalangan profesional, tingkat warna hanya tampak di monitor Editing

Jadi hati hati menerima atau mendownload file dengan format diluar sRGB untuk wallpaper smartphone anda. Atau siap siap terkunci sebelum Google dan produsen smartphone lain memberikan update.

Berita terkait
Joker sikat SMS ke layanan Premium. HAWK aplikasi dengan ratusan juta kali di install, meminta akses ke perangkat tanpa keperluan dari aplikassi. CamScanner aplikasi merubah foto text menjadi PDF. Di belakangnya disusup Dropper, di download 100 juta kali. Bila aplikasi DrainerBot yang dimasukan ke dalam aplikasi dan aktif. Menghabiskan koneksi data internet sampai 10GB perbulan.

Aplikasi untuk memata-matai smartphone di tendang lagi oleh Google. Dapat memata-matai keberadaan lokasi teman, pacar, anak anak atau karyawan. Setelah mendapat laporan dari Avast yang menemukan 4 aplikasi untuk memata-matai smartphone. Aplikasi sangat mudah di install,.Di smartphone akan berjalan tersembunyi tanpa diketahui pemilik ponsel.



Malware Loapi menyerang smartphone android. Tampil iklan, menawarkan antivirus dan konten dewasa. Hati hati bila terinfeksi membuat smartphone kepanasan karena beban aplikasi yang diinfeksi malware

Sebuah studi baru, beberapa layanan website mengunakan script pihak lain. Fungsinya untuk mencatat apa yang diketik di perangkat elektronik. Sekitar 50 ribu situs teratas, dari 1 juta situs melakukan pencatatan aktivitas pengunjung. Setidaknya 400 situs lebih adalah situs ternama.

Apa malware FalseGuide. Program tersebut tersembuyi di aplikasi Google Play. Mengapa penjahat mulai memanfaatkan smartphone dan membuat aplikasi palsu seperti kata Guide. Karena panduan akan banyak menarik orang untuk mendownload

Penguna smartphone mengunakan kunci yang mudah digunakan. Seperti pola lock dari pin, tetapi kunci sederhana tersebut mudah di tebak kata peneliti.




No popular articles found.