Satelit Kuiper Amazon internet broadband dipasang ribuan satelit


Technology | 2 August 2020


2020 Desember
Amazon baru menampilkan disain antena internet satelit dari Project Kuiper.
Antena diameter 30 sentimeter, lebih kecil dari rancangan antena Starlink.
Ukuran yang kecil dapat menghemat biaya, menjadi poin penting bagi pelanggan.
Kecil tidak berarti antena lebih lemah, hasil test download mencapai 400Mbps maksimum, di wilayah lain yang diuji mencapai 175Mbps.



Amazon Kuiper antena satelit

2020 Agustus
Perusahaan Amazon telah mendapat ijin dari FCC untuk meluncurkan 3000 satelit lebih ke ruang angkasa dalam beberapa tahun ke depan.
Amazon akan membangun konstelasi satelit internet broadband seperti jaringan satelit Starlink.
Kuiper sejauh ini nama yang diketahui dari proyek Amazon. Dibagi dalam 5 fase dengan total 3236 satelit internet di orbit rendah LEO.
Satelit ditempatkan pada jarak 590km dan 630km.

Separuh satelit akan diluncurkan sampai pertengahan 2026, separuh satelit lain menyusul sampai pertengahan 2029.
Setelah program Kuiper disetujui, Amazon resmi menjadi pesaing beberapa perusahaan satelit internet broadband lain.
Termasuk Starlink dari SpaceX dan Athena proyek milik Facebook dan beberapa perusahaan lain.



Amazon setidaknya harus memiliki separuh satelit Kuiper berada di orbit sampai Juli 30 tahun 2026 dari target yang akan dicapai.
Amazon harus sudah memastikan posisi satelit agar tidak menganggu satelit lain dan orbit satelit.

Sementara jaringan satelit Amazon belum selesai mendisain satelit Kuiper.
Menariknya, satelit Kuiper nanti sudah dapat beroperasi walau jumlahnya hanya 18% dari total yang dibutuhkan.

Amazon Kuiper

Berita terkait
Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. 400 satelit minor, 800 satelit medium, dan total 30.000 satelit ideal jaringan internet satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.

Skysat layanan satelit milik perusahaan Planet. Tahun ini diperkirakan selesai meluncurkan satelit bersama SpaceX. Membuat pengambilan gambar permukaan bumi sampai 12x sehari, atau di semua wilayah 7x sehari. Resolusi gambar permukaan bumi yang sangat tajam mencapai 50cm



Internet fiber murah seratus ribuan atau yang paling mahal yang lebih baik. Mengapa provider internet rumah menawarkan paket berbeda. Bagaimana pasang internet murah, bisa dikenali kabel fiber optik yang lewat di depan rumah. Bagaimana menghitung biaya internet bulanan, internet promo, tarif internet, biaya sewa modem, set-top box harus diperhitungkan.

WIFI 6e diumumkan mengunakan 6Ghz. Penganti WIFI 802.11ac adalah WIFI 802.11ax, seberapa cepat WIFI ax. Menawarkan kecepatan 4x dari generasi sebelumnya. Grup aliansi WIFI membuka program sertifikasi WIFI 6, setidaknya sudah masuk beberapa chip untuk koneksi WIFI yang disertifikasi

Pembangunan teleskop dengan sensor dan lensa terkuat. Teleskop Large Synoptic Survey Telescope (LSST) nanttinya akan berdiri di Chile. Smartphone tahun 2020 akan memiliki sensor 100Mpix, camera profesional 100Mpix. Yang ini memiliki ketajaman 3,2Gpixel atau setara memasukan gambar 1500 video HD.

Saat ini memory card di dominasi oleh produk UHS-I Class 1 dan Class 3, apa berbedaan keduanya. Asosiasi SD mengumukan standar baru SD Specification 5.1. UHS III tampil 2017 dengan kecepatan tranfer 624MB/s. Tahun 2018 microSD A3. 2019 SD71 untuk microSD

Pertama kali manusia membuat roket pada tahun 1926. Hampir satu abad tidak berubah. Masih mengunakan bahan bakar padat atau cair. Biaya pengiriman ke ruang angkasa membutuhan biaya 10.000 dollar / kg. Beberapa konsep dan disain mulai muncul. Walau biayanya masih sangat mahal



Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Nasa telah menyumbang 2 instrumen penelitian dengan camera untuk melihat kondisi cuaca. Disebut Deep Space Climate Observatory atau DSCOVR. Camera tersebut diluncurkan paada tahun Januari 2015. Apa yang dapat dilihat, bumi dengan resolusi tajam dan bumi akan terlihat online.

4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.




No popular articles found.