Membersihkan file Cache dan Temporary Android storage penuh


Software | 14 August 2020

Pernah mengalami memory Android penuh tapi tidak tahu penyebabnya. Dan dimana file tersebut berada , atau apa yang membuat storage penuh.

Khusus smartphone kelas pemula atau smartphone Android lama, ditawarkan dengan storage lebih kecil

Storage smartphone dari 16GB, 32GB kadang memiliki ruang memory internal sangat terbatas bagi kita.
Memasukan foto resolusi tinggi, video kadang storage menjadi penuh sesak.

Terlebih beberapa aplikisi terbaru, ketika di install memang ukurannya kecil. Sekitar 30MB, atau 50MB.
Ternyata aplikasi tersebut juga mengambil data, seperti aplikasi toko online , aplikasi tranportasi online, dapat melewati 100MB.
Kadang kita menyebut file sampah atau junk files.

Masalah kedua, bila memory smartphone penuh, sudah mendekati kapasitas, tidak lama aplikasi akan error karena sudah tidak ada tempat lagi untuk menyimpan file, cache dan lainnya.

Kita harus terbiasa menyisakan memory kosong antara 1GB di memory internal. Kecuali memiliki storage tambah di ekternal memory seperti microSD tidak akan membuat masalah, dan memindahkan sebagian file ukuran besar di storage external.

Seandainya kita memiliki banyak video yang disimpan, dan disimpan di smartphone. Atau banyak foto yang tidak diatur dengan baik. Sampai beberapa file masuk ke dalam storage smartphone, dan kita lupa file tersebut berada dimana.
Tentu akan repot mencari file tersebut dengan membuka satu persatu folder.

Masalah lain yang membuat storage smartphone penuh adalah cache.
File Cache adalah file yang disimpan sementara waktu oleh aplikasi.


Fungsi file Cache atau Temporary file berfungsi untuk mempercepat membuka file langsung dari memory smartphone, atau seperti cache map sehingga tidak perlu mendownload ulang dari internet. Termasuk cache dari browser juga di simpan sementara di dalam internal storage smartphone.
Dan Temporary file adalah file yang tersembunyi, sementara prosed aplikasi berjalan. Misal mendownload maka aplikasi akan mengambil sebagian storage untuk mencadangkan ruang bagi file yang di download sampai proses selesai.

Kasus yang lebih unik. Bila sebuah aplikasi yang sedang berjalan, lalu kita Force Close.
Kadang file masih tertinggal di smartphone, walau aplikasi sudah dihentikan, bahkan sudah di Uninstall.


App Storage Analyzer Disk Usage

Aplikasi ini cukup unik, dapat mencari file berdasarkan :
Cache dan menghapus lebih cepat.
Terbagi dari setiap aplikasi dapat dilihat aplikasi apa saja yang menghabiskan storage.
Melihat file berdasarkan kategori, tanggal, ukuran sampai di urutkan berdasarakan ukuran file terbesar.
Dapat melihat folder tersembunyi di Android folder, atau terbagi berdasarkan nama folder penyimpan setiap aplikasi


App cleaner junk file cache big file

Salah satu masalah dibawah ini sebuah smartphone dengan storage 16GB.
Awalnya memiliki space kosong 9GB, mendadak hanya tersisa 5GB

Tidak diketahui dimana file 5GB yang mengisi internal memory.
Walau sudah dicari di setiap folder, file tersembunyi dalam file Cache.

Clean Cache Junk File and Hidden file Android clean space

Penyebabnya, dari aplikasi P2P yang sedang proses download membuat file Cache untuk ruang cadangan
Ternyata aplikasi tidak stabil dan mendadak Close (mendadak berhenti bekerja dan harus di buka ulang)

Bila aplikasi di uninstall, atau di Clean. Mungkin file Cache atau file Temporary masih tertinggal.
Walau aplikasi di install ulang, atau dibuka kembali. File Cache atau file sementara tersebut tidak terlihat di File Manager Android.



Ukuran kecil mungkin tidak membebankan ruang storage internal
Tetapi ukuran file Cache dari beberapa video yang tertinggal mencapai 5GB.

Dengan App Storage Analyzer Disk Usage untuk Android sangat mudah mencari file besar yang masih tertinggal tersebut.

Tinggal di click bagian kategori Big Files, maka muncul urutan file yang memakan memory sampai 5GB.

Dibawah ini pengunaan Storage Analyzer Disk Usage.



Siapa tahu ada smartphone yang kehabisan memory storage tanpa diketahui penyebabnya.

Jangan melirik smartphone baru dengan storage lebih besar atau membeli memory microSD. Dapat mencoba aplikasi Storage Analyzer Disk Usage.

Storage Analyzer Disk Usage Pro
Lebih interaktif tanpa ADS dan clean. Mencari file lebih baik, mendapatkan kategori dan lainnya.
Ukuran file aplikasi paling kecil hanya 5MB, bekerja dari Android 4.1+, update terakhir tahun 2018.

Aplikasi diatas hanya salah satu untuk membantu membersihkan memory storage smartphone. Dibawah ini aplikasi dari pengembang lain.

All-in-one Toolbox
Membersihkan RAM, storage dan file cache / temporary, ukuran 9,2MB Android4+

CCleaner
Membersihkan hidden cache, apk file lama dan lainnya, ukuran 35MB Android 5+

Cleaner & File manager
Membersihkan file dari aplikasi ukuran 6.2MB Android 5+

Catatan hati hati mengunakan App untuk Cleaner Storage. Pastikan anda mengetahui cara kerja aplikasi. Seperti mendelete "All" dapat menghapus semua file dari storage memory

Berita terkait
Update Mei 2020, Microsoft mengirimkan errata (bug aneh) yang mungkin memperpendek umur SSD. Bila anda sering melakukan Reboot computer, dan mengunakan Windows 10 Built 2004 dan storage SSD. Bisa saja SSD anda melakukan hal yang tidak perlu untuk melakukan Defrag.

Windows Defender yang dibuat untuk Windows 10 menawarkan perlindungan terhadap berbagai malware, tetapi itu bukan sesuatu yang diinginkan semua orang untuk dijalankan di komputer mereka. Microsoft tidak ingin penguna menonaktifkan, tapi masih ada cela.



Aplikasi untuk tranfer file untuk smartphone ke smartphone. Tanpa melewati WIFI Router atau Hotspot. Files LLC aplikasi untuk tranfer file offline. Dan ShareMe XIaomi lebih sederhana, untuk mengirim file antar smartphone langsung. Google Nearby Share dirilis Agustus 2020

Files by Google fitur baru kunci folder Android dengan nomor PIN.Tranfer mengunakan wireless smartphone langsung. 2 smartphone dapat saling terhubung. Fitur tambahan backup ke Google Drive. Membersihkan file sampah Junk Files di smartphone Android dengan rekomendasi.  Update Des 2018 dapat mengakses USB OTG storage, atau ekternal USB dari aplikasi

Aplikasi Battery Charge Limit dapat menurunkan arus charger yang masuk ke smartphone secara otomatis. Arus pengisian dapat diturunkan sampai 500mAh walau mengunakan adaptor Fast Charger. Tujuannya agar baterai smartphone lebih awet, dan kita disiplin merawat perangkat smartphone.

Ketika menginstall aplikasi, akan diberitahu Permission. Aplikasi akan memberikan informasi apa yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi, apakah di Baca. Google mengumumkan aplikasi nakal siap siap dikeluarkan. Update Juli 2019. Aplikasi dari India meminta Permission tidak masuk akal. Walau di block tetap bisa mengambil data dari smartphone.

Power Schedule untuk mengatur otomatis dengan waktu harian dan mingguan. Menonaktifkan Data, WIFI, telepon secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan. Otomatis Reboot dan shutdown smartphone. Dapat membantu menghemat baterai smartpone, dan pemakaian kuota internet yang tidak penting.



Aplikasi Android untuk memonitor koneksi internet, pemakaian bandwidth internet, durasi aplikasi bekerja, aplikasi background yang diam diam mengunakan koneksi internet, aktivitas aplikasi.Network Connections bermanfaat untuk mengetahui bila ada aplikasi yang tidak tidak terlihat tapi bekerja dan mengakses data internet dari smartphone.

Google Maps satelit update foto kota dari foto satelit 2019. Sharing Location Google Maps lebih mudah untuk Sharing Trip Progress.bekerja di semua layanan chatting di Android. Peta Globe bola dunia dengan arus angin Agustus 2018. Berbagi lokasi realtime, di Google Earth Update 2019

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.




No popular articles found.