Satelit Blacksky kirim gambar setelah 58 jam dikirim ke ruang angkasa


Technology | 17 August 2020


Meningkatnya kecepatan, pengiriman satelit ke ruang angkasa dan kebutuhan pengamatan.

Ketika di era generasi satelit untuk komunikasi, urusan satelit akan repot. Membutuhkan waktu pembuatan dan ijin bertahun-tahun dan terakhir jadwal dikirim ke ruang angkasa.
Bila roket gagal membawa kargo satelit, maka satelit harus dibuat ulang.

Tapi di abad ke 21, satelit dapat dibuat dengan ukuran kecil. Bahkan perusahaan swasta dapat mengelola satelit pencitraan sendiri untuk mengamati Bumi.

Salah satu contoh satelit BlackSky.
satelit pencitraan ke Bumi sudah online kurang dari 3 hari setelah diluncurkan.

Satelit Blacksky membawat teknologi monitoring, termasuk melakukan pengamatan ke arah permukaan bumi.

Satelit telah mengirim gambar  pertama dalam waktu 58 jam saja setelah berangkat dengan roket

Gambar pertama satelit Blacksky mengabadikan pelabuhan Elizabeth di Afrika Selatan.
Dari gambar yang diambil begitu jelas dari ruang angkasa. Dapat memberikan kecepatan kendaraan yang melintas di pelabuhan, termasuk mengidentifikasi kapal dan kargo.

Blacksky Satellite

Itu salah satu teknologi yang dibawah. Total antara 50-60 satelit Blacksky yang bertugas untuk pengamatan dari ruang angkasa.



Satelit berada di orbit LEO atau orbit rendah, dan membutuhkan waktu 90 menit untuk satu putaran orbit.

Bersama perusahaan satelit lain Maxar Tech dan Planet. Blacksky dalam proses permintaan dari pemerintah untuk gambar satelit komersil.
Nama Blacksky memiliki disain satelit paling kecil dibanding perusahan lainnya. Terakhir dikirim oleh roket SpaceX bersama satelit Starlink.

Satelit besar mampu mengabadikan gambar lebih indah. Tapi kemampuan masuk ke area yang sama, kecepatan pengiriman gambar dan faktor ekonomis tentu berbeda. Blacksky lebih unggul untuk yang satu ini. Karena dapat melintas di tempat yang sama lebih banyak untuk pengamatan.

Berat satelit hanya 55 kg, mampu mengambil 1.000 foto perhari dengan resolusi 1 meter.
Kedepan akan dikembangkan dengan resolusi lebih tajam sekitar 0,5 meter.
Target pembuatan satelit juga cepat, sekitar 1 atau 2 satelit siap diterbangkan.

2 satelit terbaru bulan Agustus 2020, menjadi bagian paling penting, dan amembawa fitur Ai.

Salah satu penguna pengamatan satelit seperti Blacksky, Planet dan Maxar di tahun 2019 adalah pemerintah. Termasuk pencitraan gambar intelijen dan pengawasan kedepan.
Perusahaan satelit dapat menerima pesanan untuk pengambilan gambar dari negara diluar Amerika Serikat.
Amerika telah mencabut larangan foto satelit resolusi tinggi ditahun 2014. Membuat munculnya perusahaan satelit swasta untuk berbagai kebutuhan.

Biaya pengiriman satelit dengan SpaceX juga murah, hanya 1 juta dollar dengan bobot 200kg.

Setelah satelit berada di ruang angkasa, sampai di ketinggian 400km.
Satelit Blacksky mengaktifkan pendorong ion kripton dan naik mencapai ketinggian 550 km.

Satelit Blacksky
2016 Pertama
2018 satelit komersil EO, Global 1 dan Global 2.
2019 beroperasi komersil. disusul Global 3 dan Global 4
2020 satelit Global 7 dan 8


Berita terkait
Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. 400 satelit minor, 800 satelit medium, dan total 30.000 satelit ideal jaringan internet satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.

Skysat layanan satelit milik perusahaan Planet. Tahun ini diperkirakan selesai meluncurkan satelit bersama SpaceX. Membuat pengambilan gambar permukaan bumi sampai 12x sehari, atau di semua wilayah 7x sehari. Resolusi gambar permukaan bumi yang sangat tajam mencapai 50cm



Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.

America sebelumnya melarang teknologi pencitraan satelit foto high res. Yang mampu mengabadikan sampai 50cm. Sekarang kita bisa menikmati foto satelit dari Google dan Bing berkualitas tinggi, setelah aturan foto resolusi tinggi dari satelit dicabut. Masih ada lagi yang lebih tajam.




No popular articles found.