Film Mars One Day On The Red Planet menceritakan penemuan di planet merah


Stuff | 17 September 2020

Sebuah film Mars One Day On The Red Planet ini menceritakan planet Mars. Dibuat oleh Nat Geo berdasarkan sejarah, penelitian pesawat ruang angkasa.

Tapi benar benar detil dari penelitian awal , sampai menceritakan robot Curiosity yang jalan di planet Mars. Membuat kita mengerti mengapa sangat sulit mempelajari sebuah planet walau hanya ada di sebelah Bumi.

Para peneliti dari JPL Nasa telah memetakan planet Mars dari setiap tempat. Yang kita bayangkan planet Mars seperti gurun sebenarnya tidak seperti itu.
Melihat lebih dekat ke planet Mars, amat jauh dibanding Bumi.
Bumi akan terlihat dengan permukaan gurun rata, hutan atau gunung berkelok.
Mars adalah dunia yang gersang, dan banyak sekali bekas kawah meteor.

Peneliti mencari beberapa jejak di permukaan planet Mars, dan memperkirakan apa yang telah terjadi sampai Mars akhirnya menjadi planet mati.
Mars One Day On The Red Planet dirilis awal 2020 dengan durasi 1 jam 27 menit.

Menceritakan apa saja yang ada disana, mengapa Mars akhirnya hancur, angin topan ukuran kecil yang sering muncul.
Sampai Nasa menyiapkan misi baru dengan rover 2020.
Sampai tahun 2020, Nasa memiliki 2 instrumen modern yang aktif, satu robot Curiosity untuk menjelajah dan satu probe statik InSight meneliti permukaan bawah planet.

Nasa pernah mengirim pesawat ruang angkasa Mariner 4 untuk mengambil gambar Mars dari jarak dekat. Tetapi foto yang didapat hanya hitam putih.

Foto planet Mars dari Mariner 4



Misi terbaru mengunakan camera eletronik atau camera digital abad ke 21. Gambar yang didapat jauh berbeda dibanding misi puluhan tahun lalu.
Pesawat Mars Reconnaissance Orbiter diluncurkan tahun 2005 dan sampai di orbit Mars 2006, memetakan planet Mars sangat detil bahkan di seluruh permukaan sudah di ambil gambar.
Misi utama sekarang sebagai stasiun relay rover yang sedang bekerja di Mars.
Membawa camera paling kuat yang pernah dibawa pesawat ruang angkasa. Mampu mengambil gambar dari atas dengan ketajaman 1 pixel setara 1 pixel bola basket.

Seperti melihat lukisan di permukaan dunia lain melihat hasil gambar pesawat Mars Reconnaissance Orbiter .

Foto resolusi tinggi planet Mars

Lokasi Syrtis Major dan Noachis Terra
Yang diabadikan sangat berbeda, di sebagian tempat seperti gurun damai, lebih rata.
Tetapi disana ditemukan beberapa kawah besar bekas meteor terlihat, dan di dalam kawah besar juga terdapat lubang kawah kecil.
Di beberapa tempat memiliki kawah hanya 10 meter, jadi sangat kecil atau tempat jatuhnya meteor di permukaan Mars.

Tetapi kawah besar secara umum terbentuk jutaan tahun lalu. Dan satu kawah terbesar ratusan km diperkirakan dapat melempar batuan ke ruang angkasa. Mengirim pecahan keluar dari planet Mars.

Batuan yang terbang akhirnya sampai ke bumi juga ditemukan peneliti dengan perkiraan berasal dari planet Mars.
Bentuk batuan sangat berbeda dibanding batu meteor biasa, memiliki permukaan hitam seperti kulit jeruk.
Diperkiraan berasal dari batuan yang terlempar akibat tabrakan meteor besar dari planet Mars, batuan keluar ke orbit ruang angkasa tersebut memiliki usia sekitar 5 juta tahun lalu.



Mars Lokasi Syrtis Major dan Noachis Terra 

Valles Marineris
Ditemukan ngarai yang sangat besar, jauh lebih besar dari Grand Canyon.
Memiliki panjang 4000km, lebar 200km dan dalamnya 7km
Disebut sebagai canyon terpanjang yang ada di seluruh planet tata surya, peneliti menyebut Big Daddy.

Ngarai tersebut bukan terbentuk oleh air, melainkan retakan teknonik permukaan planet Mars dan membelah permukaan tanah.
Demikian besarnya, dari ruang angkasa terlihat seperti retakan.
Peneliti mengatakan bila berada disana, dapat dilihat dari ujung ke ujung katanya, karena begitu lebar dan dalam.

Ngarai terbesar dan terdalam Valles Marineris

 
Gunung Olympus.
Membayangkan besarnya gunung ini seperti mimpi. Ukuran gunung memiliki tinggi 25 km dari permukaan, 2,5 kali lebih tinggi dari puncak Everest.
Gunung terbesar di tata surya ini dapat terbentuk menjadi besar, karena gravitasi di Mars lebih kecil.
Gunung tidak berbentuk kerucut, tapi gunung yang terbentuk dengan lekukan kurva

Gunung terbesar di tata surya Olympus Mount

Kerusakan Mars
Dari jejak air yang ditemukan, mengapa planet Mars saat ini menjadi gurun yang dingin
Peneliti menyebut terjadi perubahan dalam jutaan bahkan miliaran tahun lalu, planet Mars seharusnya memiliki lautan.

Tetapi magnet planet tidak sekuat medan magnet bumi dimana inti bumi dengan besi menghasilkan generator alam.
Dari magnet bumi berfungsi sebagai pelindung atau perisai, mampu menahan sapuan angin matahari dan membelokan, membuat atmofer bumi dapat bertahan seperti saat ini.
Fungsi lain semua dari radiasi angin matahari dan radiasi ruang angkasa tidak masuk menembus atmofer, serta memberi perlindungan bagi mahluk dibawah atmofer.

Sebaliknya Mars hancur, kerena planet tidak memiliki perlindungan.
Bahkan sebagian besar atmofer menguap dan menerbangkan uap air.
Yang tersisa adalah gas CO2 sebanyak 95% masih ada di atmofer Mars dan suhu disana sangat dingin dibawah 0 derajat.
Nasa mengirim stasiun cuaca di planet Mars, disebut InSight.
Memantau getaran gempa Mars, sekaligus mencatat suhu.
Catatan Insight, suhu September 2020, paling panas hanya dibawah 0 derajat, dan terdingin mencapai -90 derajat Celcius
Tekanan planet Bumi sekitar 1.013milibar, tekanan udara di Mars sangat rendah hanya 6 - 7 milibar

Mars akhirnya hancur akibat angin matahari

Film Mars One Day On The Red Planet memiliki cerita lengkap tentang planet Mars
Dari pembentukan permukaan planet Mars yang unik, juga di ulas satu persatu penyebab terjadinya guratan di gurun, adanya es di area kutub.
Adanya jejak bekas jejak mikroba dari batuan di planet Mars, seharusnya planet Mars memiliki awal kehidupan tetapi gagal.

Perlahan teknologi yang diawali dari foto hitam putih, beberapa tahun mendatang akan mendapat data lebih lengkap dengan planet Mars.
Film yang menceritakan di awal penelitian planet Mars tahun 1964, apa saja yang ditemukan di planet gersang ini, dan rencana manusia akan pergi ke Mars
Lalu bagaimana misi nanti manusia untuk tinggal di planet Mars, apakah mampu membuat koloni baru dari dunia berbeda.
Tanpa perlindungan atmofer. radiasi dari ruang angkasa yang berbahaya bagi mahluk hidup dapat menembus sampai ke permukaan.
Film Mars One Day On The Red Planet juga menceritakan, satu tempat yang sangat mungkin misi manusia ke Mars dapat bertahan disana.

+ Nat Geo

Berita terkait
Tidak hanya di China usaha penambang diusir, Iran lebih dahulu menghentikan kegiatan penambang kripto. Giliran Malaysia langsung menyita dan menghancurkan computer khusus untuk mining. Jumlah perangkat tidak tanggung, seribu di gilas dengan mesin giling. Mengapa perusahaan listrik jengkel

Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.



Netflix Smart Download dibuka Februari 2021. Netflix konten video streaming awalnya baru uji coba untuk pasar Asia. Sekarang berbalik, konten video Asia juga di minati penonton di barat. Netflix hanya menargetkan akun diluar keluarga.

Film Mosul diambil dari kisah nyata dibuat film oleh Netflix. Pasukan kecil paling ditakuti ISIS di Irak. Pasukan diluar garis komando angkatan darat yang dianggap hilang, karena pemimpinnya tetap mengikuti perintah di awal penugasan. Hanya prajurit yang ingin membalas diterima oleh Swat

Seperti apa Bumi di tahun 2040. Tidak semua buruk, kita dapat melihat seperti apa yang terjadi di masa depan. Pengembangan teknologi, perubahan iklim bisa dikendalikan bila manusia ingin merubah.

Teleskop Karl G. Jansky, Very Large Array (VLA) dan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) mempelajari ratusan bintang muda yang baru lahir dan terlihat dikelilingi cincin debu dan gas. Di tengah gambar yang di pelajari sebenarnya cikal bakal dari ratusan tata suya baru. Bintang baru saja lahir atau bayi bintang, dan terlihat di masa mendatang akan muncul planet

Misi Kepler telah berakhir, ditemukan banyak planet dan disebut Super Earth. Dari semua yang ditemukan apakah ada satu planet yang tepat untuk kehidupan, khususnya untuk manusia. Peneliti mengatakan tidak. Ukuran planet yang berbeda dari Bumi akan berbeda. Apa saja  yang dimaksud berbeda.



Film Before the Flood, adalah film dokumenter yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Dibuat oleh National Geographic, sudah tayang jaringan TV Nat Geo. Apa saja yang akan hilang akibat perubahan iklim. 11 ribu lebih ilmuwan dari 153 negara menyerukan keadaan darurat dengan perubahan iklim. Sekarang ini terjadi

Foto robot Curiosity berada di planet Mars. Diabadikan dari ketinggian 400km oleh pesawat MRO. Lokasi robot terlihat seperti titik biru dari pantulan panel surya. Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise.

Bukan diakhiri karena ilmuwan akan mempertahankan pesawat ruang angkasa terus beroperai selama mungkin, walau misinya sudah selesai. Beberapa pesawat akhirnya tidak lagi mengirim data ke Bumi. Alias hilang kontak, akibat masalah power, software di dalam pesawat ruang angkasa dan hal lain.

Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars, 15 tahun berlalu robot tersebut ada disana. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa mendapat kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. Setelah beberapa bulan tidak mengirim sinyal. Panel surya tertutup debu, membuat robot kehabisan power pada baterai. Kemungkinan tidak dapat bekerja lagi.

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Nasa merilis film Farthest tentang galaksi dan antariksa dari pesawat Voyager. Setelah 40 tahun diluncurkan, hari ini satu pesawat masih bekerja. Diawal pembuatan, tim insinyur Nasa  menanyakan mau pergi kemana pesawat ini. Sekarang apa yang sudah di ungkap oleh pesawat terjauh buatan manusia tersebut

Film Passenger menceritakan perjalanan pesawat ruang angkasa Avalon. Membawa 5000 orang untuk pindah ke planet baru Homestead 2. Perjalanan selama 120 tahun, bagaimana awak pesawat berumur panjang di dalam pesawat. Apakah peralatan semua baik. Bagaimana bila sistem pesawat gagal bekerja atau awak pesawat sakit.



Film The Principle salah satu film kontroversial diwaktu sekarang. Membawa mata kita melihat hal menakjubkan dari survei skala besar baru baru ini tentang jagat raya. Dan melihat bumi bukan hal penting lagi di alam semesta. Bumi hanya bagian sangat kecil, dan alam semesta memiliki kekuatan amat sangat besar yang tidak terbayangkan.

Kaya raya bukan berarti berapa banyak yang kau miliki, tapi berapa banyak yang bisa kau beri. Dengan memberi kamu akan merasa bahagia. Salah satu film pendek Gift antara perbedaan kaya dari ayah dan anak

Menceritakan seorang pencuri cilik, dia mencuri untuk ibunya.30 tahun berlalu, si tukang sup masih sama saja. Selalu memberikan makan kepada pengemis. Sayang si penjual sup ternyata sakit dan koma. Apa yang diberikan pesan dari film pendek ini




No popular articles found.