Ruang angkasa Vakum apa benar


Science | 21 September 2020

Ruang angkasa adalah ruang hampa yang hampir sempurna, penuh dengan ruang kosong kosmik.

Mengapa di sana terjadi vakum atau tidak ada udara seperti gas, singkatnya gravitasi menjadi penyebab.

Untuk benar-benar memahami ruang hampa alam semesta, kita harus sedikit meluangkan waktu untuk memahami apa itu vakum sebenarnya

Vakum di ruang angkasa berbeda dengan di bumi

Pertama anda tidak membayangkan menyedot sebuah tanki plastik dan mengeluarkan isi udara di dalamnya.

Jackie Faherty, ilmuwan senior di Departemen Astrofisika di American Museum of Natural History di New York City.
Menurut definisi, ruang hampa tidak memiliki materi.
Ruang dimana hampir merupakan ruang hampa absolut, tetapi bukan karena terhisap, melainkan karena hampir kosong. Tapi tidak benar benar kosong.

Kekosongan itu menghasilkan tekanan yang sangat rendah.
Meskipun tidak mungkin meniru kekosongan ruang angkasa bila melakukan percobaan di Bumi, para ilmuwan dapat menciptakan lingkungan bertekanan sangat rendah yang disebut vakum parsial.

Manusia hanya benar-benar terbatas pada bagian yang sangat padat, cukup padat dan dinamis dari alam semesta.
Sulit bagi kita untuk benar-benar memahami kehampaan, katanya.



Kenyataannya, apa yang normal bagi kita di Bumi, sebenarnya jarang terjadi dalam konteks di alam semesta, yang sebagian besar hampir kosong.

Ruang angkasa Vakum dari isinya

Gravitasi adalah juara

Rata-rata, ruang angkasa akan tetap kosong meskipun tidak memiliki gravitasi.
Tidak banyak benda yang berhubungan dengan volume alam semesta dimana tempat meletakkan benda-benda itu," menurut astrofisikawan teoretis Caltech, Cameron Hummels.

Kepadatan rata-rata alam semesta, menurut NASA, adalah 5,9 proton (partikel subatomik bermuatan positif) per meter kubik.
Dan gravitasi dapat memperkuat kekosongan di wilayah tertentu di alam semesta yang menyebabkan materi di alam semesta berkumpul ke satu tempat.

Pada dasarnya, dua benda bermassa tentu akan menarik satu sama lain.
Itu gravitasi. Dengan kata lain, "materi suka berada di sekitar materi lain," kata Faherty.

Di luar angkasa, gravitasi mendekatkan benda-benda lebih dekat.
Dan bersama-sama, massa secara kolektif meningkat, semakin lebih banyak massa berarti benda tersebut dapat menghasilkan tarikan gravitasi yang lebih kuat untuk menarik lebih banyak materi lain ke dalam rumpun kosmik tempat mereka berada.

Hasilnya massa bertambah, lalu membentuk tarikan gravitasi. Dampaknya "efek yang tidak terkendali," kata Hummel.



Saat titik pusat gravitasi menarik materi di dekatnya, ruang di antara keduanya ikut di evakuasi, menciptakan apa yang dikenal sebagai kekosongan kosmik, kata Hummel.
Di satu tempat di ruang angkasa ada yang dikenal dengan Cosmic Void atau kekosongan area, dan disana sangat minim galaksi.
Dan ruang kosong terbesar disebtu SuperVoid.

Walau awal alam semesta tidak dimulai seperti itu.
Setelah Big Bang, materi di alam semesta tersebar lebih seragam, "menyebar hampir seperti kabut di seluruh tempat" katanya.

Namun proses berubah selama miliaran tahun, gravitasi telah mengumpulkan materi lalau menjadi asteroid, planet, bintang, tata surya, dan galaksi; dan meninggalkan celah kosong di ruang antarplanet, antarbintang, dan yang lebih luas lagi antargalaksi.

Bahkan ruang hampa udara di ruang angkasa tidak benar-benar murni.
Di antara galaksi, dapat menyisakana kurang dari satu atom di setiap meter kubik, yang berarti ruang antargalaksi tidak sepenuhnya kosong.
Namun, hanya memiliki materi yang amat jauh lebih sedikit daripada ruang hampa mana pun yang dapat disimulasikan manusia di laboratorium di Bumi.

Sementara itu, "alam semesta terus mengembang," kata Faherty, memastikan bahwa sebagian besar kosmos akan tetap kosong. "Kedengarannya akan semakin sepi," katanya.

Berita terkait
Tata surya kita terlindung dari gelembung matahari, dan angin matahari dapat menahan radiasi dari ruang antar bintang. Peneliti meneliti dan membuat bentuk gelembung matahari, tidak bulat tapi bentuk seperti komet antara batas kekuatan angin matahari yang lemah dan bertemu dengan kekuatan diluar ruang angkasa

Sebuah kotak terbungkus warna emas dibawa disimpan di dalam sasis robot Perseverance. Peralatan tersebut akan membuka salah satu kunci dari tantangan manusia menjelajah ke planet Mars. Nasa telah berhasil melakukan percobaan gas CO menjadi Oksigen



Helikopter Ingenuity berhasil terbang di planet Mars. Tonggak sejarah antariksa benda melayang di dunia lain. Planet berbeda, atmofer berbeda,gravitasi berbeda, aturan tentu berbeda. Kerapatan atmofer planet Mars hanya 1% dari Bumi, suhu dingin, dan partikel energi tinggi dapat menabrak masuk ke planet dan merusak instrumen.

Galaksi MCG + 01-02-015 adalah galaksi yang kesepian. Berada 330 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi tersebut tidak memiliki galaksi tetangga dalam bentang 200 juta tahun cahaya. Atau tidak menemukan galaksi lain dengan radius 100 juta tahun cahaya.

Data teleskop GAIA memasuki pengambilan data ke 3. Data yang di dapat membuka tentang apa yang terjadi di galaksi Bima Sakti. Dari data ke dua saja, mendapatkan informasi galaksi kita pernah menelan galaksi lain. Data juga memastikan lengan galaksi Bima Sakti ada 4 dan bukan 2. Data tabrakan galaksi juga terungkap, mungkin membuat kehidupan pertama dari Matahari.

Ketika awal alam semesta terbentuk, tidak ada yang melihat adanya kelompok galaksi sudah terbentuk. Sekarang ditemukan galaksi purba sudah terbentuk sejak 800 juta tahun setelah dimulainya pembentukan alam semesta.Beberapa galaksi sudah mulai berkelompok, sebagai bukti protocluster.

Gempa teknonik dipastikan ada lempeng bumi yang tengelam atau terangkat. Berapa tebal kulit bumi, dan seperti apa inti bumi. Bumi memiliki 3 lapisan dari kerak bumi yang dingin. Di inti bumi memiliki kemunginan memang besi 96 persen. Bila bumi seatu hari tidak ada gunung ap, apa yang terjadi



Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman

Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Ilmu astronomi untuk membayangkan sebesar apa sebuah galaksi. Bayangkan tata surya itu hanya sebesar pasir, lalu letakan pasir di sebuah rumah ibadah . Dikalikan seribu kali ruangan rumah ibadah itulah ukuran sebuah galaksi, atau mungkin lebih besar lagi




No popular articles found.