Ukuran baterai 4680 dan baterai 21700 untuk mobil listrik


Technology | 23 September 2020


Tesla buat standar baterai kendaraan listrik baterai 4680 2020 September
Produsen mobil listrik Tesla memperkenalkan sel baterai yang disebut baterai 4680 lithium.
Angka ukuran baterai lithium 4680 menunjukan lebar 46mm dan panjang 80mm
Ukuran baterai lebih besar, memiliki kapasitas baterai 6x lebih besar dari generasi sebelumnya, dan 5x menampung energi lebih banyak.

Dengan kapasitas yang sama, baterai baru mampu menambah jarak 16% lebih jauh.
Biaya baterai baru sedikit lebih murah, 14% lebih hemat untuk per kWh

Ukuran baterai lithium mobil listrik tipe 4680

Peneliti Tesla menujukan kemampuan baterai baru dapat bertahan dengan 15.000 x charger.
Setara perjalanan kendaraan sejauh 3,5 juta km untuk mobil listrik Tesla.
Jeff Dahn dan peneliti di laboratorium melakukan test selama 3 tahun dengan 10.000x charger.
Sampai disimpulkan baterai mampu bertahan lebih lama.

Daya tahan baterai Tesla tidak terjadi degradasi walau digunakan sampai kapasitas 25 - 50%. Seperti kebiasaan orang mengunakan kendaraan listrik dan mengisi ulang baterai sebelum habis.
Rata rata kendaraan berjalan 45km setiap hari.

Sebeluma ada ke khawatiran bila baterai digunakan untuk power listrik dirumah. Baterai dapat mengalami degradasi akibat sering dipakai dan di charge.
Tetapi disain baterai baru dapat memperbaiki masalah tersebut.



Kedepan kendaraan Tesla dapat melakukan pengisian dua arah. Yang memungkinkan power masuk dan keluar dari baterai mobil Tesla.

Dibawah ini test dengan berbeda kondisi, dari maksimum 4.1V, 4,2V dan 4.3V.

daya tahan baterai lithium tipe 4680

Pemasok baterai proudsen mobil Tesla adalah Panasonic 2019 April
Panasonic sedang mempertimbangkan untuk memindahkan jalur produksi sel baterai tipe 18650 , yang saat ini memasok sel untuk Model S dan Model X Tesla, ke produksi ukuran baterai 2170 sel, menurut laporan harian Jepang.

Tesla masih mengunakan ukuran baterai 18650 sel baterai Li-ion silinder di kendaraannya.

Ukuran baterai yang sama dengan sel di laptop dan beberapa perangkat elektronik lainnya.

Pasokannya sebagian besar berasal dari pabrik baterai Panasonic di Jepang.

Pada tahun 2017, Panasonic mulai memproduksi format sel baterai 21700 yang baru untuk Model 3 baru Tesla di pabrik Gigafactory 1 Nevada.

Desain sel baterai 2017 tersebut memiliki ukuran lebih besar sehingga memungkinkan kepadatan energi lebih tinggi dan paket baterai Tesla yang terbuat dari 21700 sel mampu menghasilkan tingkat pengisian daya yang lebih cepat.

Sementara perusahaan raksasa elektronik Jepang ini juga terus memasok Tesla dengan 18650 sel dari Jepang untuk program Model S dan Model X.

Sekarang, menurut sebuah laporan baru di surat kabar Nikkan Kogyo Jepang, Panasonic mempertimbangkan berinvestasi dalam meningkatkan jalur produksi sel 18650 di Jepang untuk membuat sel 2170 yang lebih baru yang dikembangkan oleh Tesla.

Laporan itu menyatakan bahwa langkah itu akan dilakukan pada akhir tahun fiskal.
Panasonic mengomentari laporan itu untuk mengatakan bahwa "belum ada keputusan" saat ini.

Laporan ini muncul setelah laporan kami sendiri tentang Tesla Model S dan Model X yang sedang berlangsung, yang juga dapat mencakup perpindahan dari arsitektur paket baterai berdasarkan 18650 sel ke 2170 sel yang lebih baru.

Baru-baru ini, CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa produksi sel baterai Tesla Gigafactory 1 masih terbatas sekitar 23 GWh meskipun investasi dalam kapasitas 35 GWh.


Informasi ini bukan konfirmasi resmi bahwa Tesla mengganti  baterai Model S dan Model X ke 2170 sel, tetapi kelihatannya mengarah ke sana.

Tesla tentu saja menggunakan lebih banyak kapasitas produksi 2170 sel untuk Model 3 dan Model Y, masalah yang lebih besar jika Panasonic mengalihkan jalur 18650 yang ada ke sana, Model S dan Model X tidak akan memiliki pasokan sel.

Saya juga berpikir bahwa kita akan melihat Tesla menyetujui lebih banyak pemasok sel baterai untuk kendaraannya segera. Elon memang menyebutkan bahwa akan ada yang baru untuk Gigafactory 3 di Shanghai segera.

Seperti yang sering kami katakan, mengamankan pasokan baterai sangat penting untuk produksi massal kendaraan listrik.

Perbedaan ukuran baterai 2170 dan 18650
Ukuran baterai 18650 memiliki panjang 64mm x 18mm
Ukuran baterai 2170 memiliki panjang 70mm x 21mm

Ukuran baterai lithium mobil listrik tipe 2170

Kabar baik bila mobil listrik mengunakan tipe baterai 2170. Dengan kapasitas lebih besar, maka jarak kendaraan mobil listrik akan memiliki jarak tempuh lebih jauh.
Kendaraan lain seperti sepeda listrik masih mengunakan ukuran 18650. Perbedaan ukuran baterai membuat pemisahan antara kendaraan besar dan kecil.
Ketersediaan baterai tentu tidak saling menganggu, setidaknya dimulai oleh produsen Tesla.

Berita terkait
Starlink jajaran satelit broadband. Jaringan satelit internet di seluruh dunia melalui satelit. 400 satelit minor, 800 satelit medium, dan total 30.000 satelit ideal jaringan internet satelit. Dapat terlihat diatas langit seperti kereta di langit antara menjelang pagi atau malam.

Untuk pertama kali, para arkeolog telah memetakan sebuah kota Romawi kuno tanpa menggali menggunakan teknologi ground-penetrating radar (GPR). Teknik ini tidak akan merusak peninggalan yang diteliti, tetapi mengungkapkan detail 2D dan 3D. Lengkap sebuah kota kuno 241 sebelum Masehi



Mobil listrik ini mungkin tidak memerlukan ijin mengemudi. Mungkin mereka yang berusia 14-16  tahun dapat mengemudikan kendaraan ini di Eropa. Dirancang kendaraan dalam kota, dengan kecepatan maksimum hanya 45km perjam. Pengisian baterai cukup 3 jam, untuk menempuh jarak 70km

Satu lagi antena DSN 23 untuk komunikasi radio di ruang angkasa. Yang ini bukan komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara. Sekarang dipasangkan VPN untuk perlindungan peretas. Biaya terlalu besar bila diganggu.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. 10 tahun kedepan jumlahnya akan dramatis. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa akan semakin sesak, saat ini sekitar 2000 satelit dan meningkat 5x lebih banyak dalam beberapa tahun mendatang.

Tanki bahan bakar pesawat ulang alik atau space shuttle dibawa pulang ke museum. Tanki raksasa seberat 33 ton seperti ini , dahulunya digunakan sebagai tangki bahan bakar utama. Tabung tersebut dipasang di pesawat ruang angkasa, dan terakhir dilepas setelah mencapai ruang angkasa.




No popular articles found.