Bumi dan Mars sejajar Matahari bulan Oktober


Shortstory | 1 October 2020


Posisi Bumi, Mars dan Matahari akan sejajar pada 13 Oktober 2020 pada jam 23 UTC atau jam 6 pagi 14 Oktober 2020.
Sebelumnya posisi ini terjadi pada 27 Juli 2018.

Planet Mars akan lebih terlihat lebih menyala merah dan tampak sepanjangn malam.

Posisi 2 planet dan bintang kita, membutuhkan waktu 2 tahun sekali atau sekitar 26 bulan ketika satu putaran orbit Mars melintas dekat Bumi.

Posisi planet Mars hanya 60 juta km, juga terjadi setiap 15 sampai 17 tahun sekali.
Posisi berikutnya akan terjadi kembali pada 15 September 2035.
Planet Mars pada 6 Oktober 2020 hanya berjarak 38,6 juta km.

Tetapi jarak pada 13 Oktober 2020 bukan posisi terdekat ke Bumi, melainkan 1 minggu sebelumnya yaitu tanggal 6 Oktober.
Karena orbit keduanya berbentuk elips.

Bumi dan Mars sejajar Matahari Oktober 2020

Seperti apa besarnya planet Mars ketika lebih dekat ke Bumi.
Dibawah ini gambar perbandingan Mars dan ketika mencapai posisi terdekat pada 31 Juli 2018 lalu.

Bumi dan Mars bentuk planet ketika berdekatan



Tertarik mengabadikan Mars dengan teleskop. Mungkin tangga 6-7 Oktober 2020 dapat mengambil gambar terbaik untuk planet Mars

Berita terkait
Mars Exploration
Misi Kepler telah berakhir, ditemukan banyak planet dan disebut Super Earth. Dari semua yang ditemukan apakah ada satu planet yang tepat untuk kehidupan, khususnya untuk manusia. Peneliti mengatakan tidak. Ukuran planet yang berbeda dari Bumi akan berbeda. Apa saja  yang dimaksud berbeda.

Planet 51 Pegasi b penemuan planet yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari. Planet hanya memiliki waktu mengitari bintang induk dalam 4 hari saja. Keunikan planet, posisi sebagai planet ukuran gas, memiliki posisi paling depan atau dekat ke bintang.



Planet NGTS-10b begitu dekat ke bintang, hanya 18 jam saja setahun. Hanya 7 planet yang ditemukan memiliki orbit kurang dari 1 hari. Planet seperti ini adalah planet langka karena orbitnya terlalu dekat ke bintang yang panas. Perlahan planet akan mendekat sampai suatu hari nanti akan ditelan dan masuk ke dalam. Kapan, tergantung kekuatan gravitasi keduanya

Bukan diakhiri karena ilmuwan akan mempertahankan pesawat ruang angkasa terus beroperai selama mungkin, walau misinya sudah selesai. Beberapa pesawat akhirnya tidak lagi mengirim data ke Bumi. Alias hilang kontak, akibat masalah power, software di dalam pesawat ruang angkasa dan hal lain.

5x lebih gede boo. Erupsi di Matahari pada tanggal 29 September 2011 terekam oleh NASA. Dan foto tornado Matahari yang sangat panas ternyata ukurannya sangat besar. Sebelumnya pada 7 Juni 2011 terjadi lontaran korona matahari jauh lebih besar dari ukuran Bumi.

Probe ExoMars sudah berangkat ke planet Mars. Setelah mencapai orbit di planet Mars, tim ESA dan Roscomos, satu probe lander Schiapareli dilepas dan jatuh, Nasa menemukan seperti spot hitam di planet Mars




No popular articles found.