Cat putih kalsium karbonat memantul cahaya matahari hemat listrik pendingin ruangan


Green | 22 October 2020

Memperbaiki rumah yang panas, sinar matahari di siang hari membuat boros pemakaian AC, bagaimana dengan cat putih di rumah.

Insinyur Universitas Purdue telah menciptakan cat putih yang dapat menjaga permukaannya dibawah 7 derajat lebih dingin dari panas disekitarnya. Berfungsi seperti pendingin tanpa menghabiskan energi.

Menurut para peneliti, cat yang dibuat dapat menggantikan kebutuhan AC karena tidak menyerap panas cahaya matahari.

Penemuain ini berlawanan dengan intuisi dari permukaan yang berada di bawah sinar matahari langsung,  permukaan menjadi lebih dingin dari suhu yang dilaporkan stasiun cuaca lokal” kata Xiulin Ruan, seorang profesor teknik mesin Purdue.

Permukaan bumi sebenarnya menjadi lebih dingin dengan teknologi ini jika cat diterapkan ke berbagai permukaan. Termasuk jalan, atap dan mobil di seluruh dunia, kata para peneliti.

Gambar dibawah ini diambil dari camera infra merah menunjukkan cat pendingin radiatif putih yang dikembangkan peneliti Universitas Purdue (kiri, ungu) tetap lebih dingin di bawah sinar matahari langsung dibandingkan dengan cat putih komersial. (Gambar Universitas Purdue / Joseph Peoples)

Cat putih memantul panas cahaya matahari Perdue University

Dalam makalah yang diterbitkan Rabu (21 Oktober 2020) di media jurnal Cell Reports Physical Science, para peneliti menunjukkan dua jenis cat yang dibandingkan dengan cat putih komersial dan cat temuan mereka. Cat yang mereka kembangkan dapat mempertahankan suhu yang lebih rendah di bawah sinar matahari langsung dan memantulkan lebih banyak sinar ultraviolet.

Cat sebagai filter panas komersial yang ada di pasaran hanya memantulkan 80% -90% sinar matahari tapi tidak dapat mencapai suhu di bawah panas disekitar.
Cat putih yan dibuat para peneliti Purdue mampu memantulkan 95,5% sinar matahari dan efisien memancarkan panas inframerah.

Mengembangkan formulasi cat ini sangat membantu. Studi selama enam tahun tersebut seperti dilakukan tahun 1970-an untuk mengembangkan cat pendingin radiatif sebagai alternatif yang lebih baik dengan  pendingin udara tradisional.



Para peneliti mencoba lebih dari 100 kombinasi material yang berbeda, mempersempitnya 10 jenis bahan dan menguji 50 formulasi berbeda untuk setiap material.
Mereka akhirnya mendapat formulasi yang terbuat dari kalsium karbonat, material berlimpah di bumi yang biasanya ditemukan di bebatuan dan kerang.
Tentu bukan itu saja bahan yang dipakai, karena cat membutuhkan elemen untuk mereka di permukaan.

Senyawa digunakan sebagai bagian bahan cat, pada dasarnya memungkinkan formulasi berperilaku seperti cat putih komersial tetapi ditingkatkan untuk memiliki sifat pendinginan atau tidak menyerap panas.

Pengisi kalsium karbonat hampir tidak menyerap sinar ultraviolet karena apa yang disebut "celah pita" yang besar, sebagai hasil dari struktur atomnya.
Kalsium karbonat juga memiliki konsentrasi partikel yang tinggi dengan ukuran berbeda, memungkinkan cat untuk menyebarkan spektrum panjang gelombang yang lebih besar.

Menurut perkiraan biaya para peneliti, cat ini malah lebih murah untuk diproduksi daripada cat alternatif komersialnya.
Dampaknya dapat menghemat sekitar satu dolar per hari yang akan dihabiskan biaya listrik AC dirumah dengan lantai seluas sekitar 1.076 kaki persegi (300 meter persegi).

“AC bekerja karena sinar matahari memanaskan atap dan dinding serta membuat bagian dalam rumah menjadi lebih hangat.
Cat ini pada dasarnya menciptakan AC gratis dengan memantulkan sinar matahari dan mengimbangi panas yang didapat dari dalam rumah anda, ”kata Joseph Peoples, seorang Purdue Ph.D. mahasiswa di bidang teknik mesin serta rekan penulis pekerjaan.

Mengurangi AC berarti menggunakan lebih sedikit energi yang dihasilkan pembangkit listrik, mengurangi emisi karbon dioksida, kata Peoples. Para peneliti memiliki studi lebih lanjut untuk mengevaluasi manfaat ini.



Berita terkait
Laporan data layanan iklim Copernicus Eropa. Tahun 2020 menjadi tahun terpanas kedua, dan menduduki posisi ke 7. Selama masa pandemi tidak menurunkan suhu bumi lebih dingin.

Perangkat paling boros listrik adalah AC dan dampak psikologi udara panas. Di pasaran AC murah mengkonsumsi 50% energi listrik, bila musim panas tiba di satu kota. Maka ada kemungkinan pemadaman listrik bergilir. Indonesia masuk daftar, sekitar 9% rumah memiliki AC.Manusia mampu beradapatasi. Jika saya bisa bekerja dengan suhu 30C, Anda juga bisa - percayalah pada saya."



Kita kalah dalam pertempuran untuk menyelamatkan planet kita, dan kita tidak bisa menyalahkan siapa pun selain diri kita sendiri. Generasi masa depan akan menjadi bingung dan marah terhadap leluhur mereka.. Dampaknya sudah terasa, tapi tidak melakukan perbaikan. Memperbaiki saja sudah terlambat, kata banyak peneliti.

Dahulu seseorang yang berpergian harus memesan tikat jauh hari. Hari ini tinggal tekan dan tiket akan muncul. Salah satu kecepatan teknologi ternyata membuat efek negatif dengan perasaan kesal. Sisi buruknya hampir terjadi di sebuah aktivitas masyarakat. Untuk itu dapat kita pelajari, mengapa orang menjadi tidak sabaran.

Cahaya UV dari matahari dapat mencapai permukaan bumi. 95% radiasi ultra-violet adalah tipe UV-A dimana dapat merusak lensa mata. UV_B yang beresiko menganggu mata. UV-C lebih berbahaya tapi tidak menembus permukaan Bumi. Kulit juga terkena dampak radiasi sinar UV, membuat keriput tapi bagaimana terjadinya.

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.

Rumah dengan atap hijau menjadi tantangan para arsitektur. Biayanya tidak murah, khususnya struktur bangunan. Tapi memberik dampak yang baik, membuat atap hijau akan memperbaiki suhu ruang rumah.  Salah satunya struktur bangunan harus kuat untuk menopang taman diatap rumah. Dan rumah harus dibuat terlindung dari kebocoran air dari taman diatasnya.



Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah

Apa yang anda pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan saja atap dengan warna putih. Karena lebih efisien untuk memantulkan panas dari cahaya matahari. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau, maksudnya ditanam dengan rumput di atap gedung atau di cat dengan warna putih




No popular articles found.