Nebula Stingray sisa ledakan bintang mendadak meredup dalam hitungan puluhan tahun


Science | 4 December 2020

Nebula dapat berasal dari jejak / bekas bintang yang meledak.

Ketika bintang dengan ukuran tertentu mencapai usia akhir, bintang menjadi tidak stabil dan membengkak menjadi raksasa merah. Bintang akhirnya melepaskan lapisan debu dan gas akibat ledakan dirinya sendiri.

Akhirnya bintang itu runtuh kembali menjadi bintang kerdil atau katai putih, yang memanaskan materi di sekitarnya hingga bersinar.

Fase ini diperkirakan akan berlangsung selama puluhan ribu tahun, tentu dari sudut pandang manusia karena dunia astronomi kita baru  lebih canggih dalam beberapa puluh tahun terakhir.
Ketika ledakan terjadi, debu dan gas yang sudah menyebar terlihat oleh kita saat ini.
Jejak kembang api langit ini tampak membeku dalam waktu.

Ketika debu dan gas terlempar, peneliti mengatakan seluruh bagian akan meluas tapi perlahan kembali memudar dalam puluhan ribu tahun.

Tetapi yang terjadi di nebula Singray ini ternyata terjadi percepatan.
Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menyaksikan nebula memudar dan menyusut secara dramatis hanya dalam waktu 20 tahun, menunjukkan bahwa nebula itu mungkin hilang seluruhnya dalam beberapa puluh tahun mendatang.

Nebula Stingray dengan nama lain Hen 3-1357 terlihat menyerupai sinar yang sedang terbang. Membentang 756 miliar km, berada 18.260 tahun cahaya dari Bumi.
Tetapi apa yang dilihat dalam beberapa tahun ini ternyata berubah.
Cahaya debu dan gas di tahun 2016 ternyata lebih redup, lebih kecil.
Sedangkan struktur filamen di area luar telah lenyap.



Cahaya yang dihasilkan sebelumnya terlihat seperti awan, yang berisi elemen hidrogen, nitrogen dan oksigen.
Ketika elemen tersebut memudar begitu cepat, bahkan emisi cahaya elemen oksigen meredup hampir 1.000x.

Nebula Stingray redup

“Ini sangat, sangat dramatis, dan sangat aneh,” kata Martín A. Guerrero, seorang penulis studi tersebut. “Yang kami saksikan adalah evolusi nebula secara real-time. Dan terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun, kami melihat variasi di nebula. Kami belum pernah melihat itu sebelumnya dengan kejelasan yang kami dapatkan dengan pandangan ini. "

Para peneliti menghubungkan perubahan cepat yang terjadi di nebula Stingray ada di bagian bintang di jantungnya.
Terlihat seperti bola yang aneh. Bintang katai putih tersebut sudah diberi nama SAO 245567.
Bintang dapat memancarkan radiasi untuk memanaskan elemen disekitarnya. Tapi suhu bintang turun signifikan.
Keanehan lain menunjukan bintang kerdil katai putih yang diamati sebelumnya telah menunjukkan mengalami transformasi lebih cepat.

Data awal diambil dari teleskop di Bumi dan data lain mengunakan teleskop Hubble.
Suhu bintang yang dianalisa naik mencapai panas 38.000 ° C berdasarkan perbandingan data tahun 1971 dan 2002.
Lalu telah mendingin lagi, meredupkan cahaya di sekitar nebula.
Perkiraan terjadi pendinginan dari bintang, pada bagian permukaan bintang katai putih tersebut yang turun.

Para astronom tidak dapat memastikan secara pasti apa yang akan terjadi selanjutnya, tetapi mereka memperkirakan laju pemudaran saat ini akan terus berlanjut. Nebula Stingeray mungkin akan menghilang untuk diamati dari langit malam dalam 20 atau 30 tahun mendatang.

Dibawah ini letak nebula Stingray dari posisi Bumi.


Berita terkait
Sekarang kita dapat mengetahui laporan cuaca di planet Mars, termasuk ada 100 gempa lebih disana. Nasa JPL membuat data suhu di planet Mars setiap hari. Nasa mengirim probe Insight ke planet Mars, untuk mencari data di bawah permukaan tanah tapi gagal

Nebula RCW 36 atau Gum 20 sebuah kumpulan debu dan gas terakumulasi di satu tempat. Memiliki area yang dinamai H II atau kaya akan gas hidrogen. Badan antariksa Eropa mengabadikan bentuk dari nebula RCW 36 mengunakan FORS. Serta 2 teleskop lain X-Ray Chandra dan Spitzer, terlihat beberapa bintang muncul.



Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.

Rosette nebula adalah wilayah cluster bintang. 2 bintang raksasa ada disana, dan bintang raksasa lain akan menganggu lahirnya proto planet karena tersapu oleh angin bintang yang kuat. Wilayah nebula ini menjadi salah satu pembibitan bintang yang sangat padat

Crab nebula, nebula Crab atau nebula kepiting adalah debu dan gas dari bintang yang telah mati. Seperti lukisan di ruang angkasa, nebula Crab dikenal dengan beberapa nama lain seperti M1, dan NGC 1952. Foto terbaru  Mei 2017 dari 5 teleskop membentuk satu gambar Nebula Kepiting.

Galaksi Bima Sakti memiliki 2 satelit galaksi kecil. Disebut LMC dan SML atau Large Megallanic Cloud dan Small Megallanic Cloud. Nebula N55 menjadi bagian dari isi LMC , memiliki bentuk bercahaya dan tampak seperti Superbubble.

Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.




No popular articles found.