Atto SiliconDisk DRAM sebagai storage tercepat


Technology | 11 December 2020

Penyimpanan bertenaga RAM ini secara teknis adalah solusi disk eksternal tercepat di dunia

Bila dihitung 100x lebih cepat dari disk Array berbasis flash dengan chip solid state drive (SSD)

Produsen Atto adalah vendor spesialis hardware dan dikenal pembuat software test kecepatan storage.

Menawarkan Atto SiliconDisk dengan ukuran server rak 1U.
Ada 2 pilihan, kapasitas 256GB atau 512GB.
Kecepatan tranfer kira kira sekitar 400Gbps, tapi melalui jalur ethernet 100Gbit.
Jadi tidak melewati kabel SSD atau slot NVMe di computer, tapi kabel ethernet.

Karena storage mengunakan chip DRAM, kecepatannya data keluar masuk 6.400.000 4K IOPS.
Serta latency tranfer kurang dari 600ns.
Mendukung proteksi untuk memory penuh
Sistem manajemen
Kecepatan tranfer 25GB perdetik

Untuk perbandingan, kecepatan tersebut 2x lebih cepat dari NVMe card ekternal. Sekaligus daya tahan di DRAM akan lebih tahan lama. Chip NAND disk terkait dengan usia pakai bila terlalu sering di Write. Chip DRAM tidak memiliki batas seperti chip NAND.

Sistem RAMDisk adalah memory computer dapat dijadikan tempat storage sementara dan sudah lama dikenal. Tapi Atto membuat sistem rack U1 dan terpisah dari unit DRAM di dalam computer.


Sistem kontrol dari Atto xCore, disebutkan akan menghilangkan kelambatan dalam kinerja storage.

Perangkat Atto SiliconDisk dapat langsung di pasang ke server, sekitar 4 server dengan 4 port.
Katanya, untuk tranfer data editing video akan jauh lebih cepat. Tapi bukan itu kebutuhan utama, melainkan untuk mengambil data AI dan Machine Learning yang  membutuhkan kecepatan storage sangat cepat untuk membaca data dan pencarian indek.

Kira kira berapa harga Atto SiliconDisk ini, katanya sekitar $20.000. Kalau dihitung dengan 64GB RAM modul di kalikan 8 unit silakan ditambah $2.500.
Bila Windows start membaca 2GB file, berapa cepat Windows selesai meload - jangan jangan kurang dari 2 detik.

Atto SiliconDisk

Berita terkait
Intel resmi mengumumkan arsitek procesor Tiger Lake untuk notebook. Memasukan internal grafik Iris Xe dan mengunakan proses produksi 10nm. Tiger Lake membantu disain notebook lebih kecil dan ringan tapi procesor kemampuan tinggi. Dibuat untuk 4 core atau 8 core.

Supercomputer Selene hanya membutuhkan waktu 1 bulan. Nvidia mengerjakan dengan cara modular, dan sistem pendingin yang lebih sederhana. Semua unit modul yang disebut SuperPod dibuat seragam, memudahkan instalasi serta pengawasan dengan robot khusus.



Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR adalh teknologi scanning 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah. Ditemukan lagi candi di Tabasco

Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..

Setelah teknologi chip 3D Nand atau dikenal dengan TriCell TLC. Kapasitas chip storage dapat ditingkatkan dengan ukuran keping yang sama. Samsung siap memproduksi masal Chip SSD generasi ke 6 256GB 3 bit vertikal NAND memory. Membuat industri akan bersaing memangkas harga.

Nvidia DGX-2 sebuah supercomputer dengan bentuk kecil. Supercomputer Nvidia DGX-2 hanya memiliki berat 160kg saja. Terbaru dengan 16 unit GV100 GPU untuk model Nvidia HGX-2 dikemas dalam rack mount NVSwitch




No popular articles found.