Planet HD106906 b sebuah planet raksasa terlempar dari orbit tapi kembali tertahan


Science | 11 December 2020

Eksoplanet dengan massa 11x planet Jupiter yang disebut planet HD106906 b. Planet tersebut memiliki massa sangat besar.
Uniknya menempati orbit yang tidak terduga dari anggota tata surya bintang biner. Begitu jauh dari jarak ke bintang induknya sebagai bintang kembar.

Penemuan planet HD106906 b mungkin menjadi petunjuk, bisa saja sebuah planet mengorbit begitu jauh dari planet dalam yang saling berdekatan. Seperti jarak Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Disusul 4 planet gas lain sebagai planet bagian luar.

Pencarian planet ke 9 di tata surya kita masih belum diketahui keberadaannya. Secara teori ada kemungkinan planet lain dari anggota tata surya kita tapi tidak terlihat dimana lintasan orbit. Sementara planet ke 9 adalah Pluto yang masuk sebagai planet kerdil atau planet paling kecil.

Exoplanet HD106906 b ditemukan pada tahun 2013 dengan Teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas di Gurun Atacama Chili.
Namun, para astronom tidak tahu apa-apa dengan orbit planet tersebut.

Tentang planet HD106906 b
Ukuran 11x massa planet Jupiter.
Jauh dari Bumi 336 tahun cahaya.
Orbit lebih dari 730x jarak matahari ke Bumi
Satu putaran 15000 tahun (waktu Bumi)
Memiliki orbit ekstrim dengan sangat miring dan memanjang, diluar cakram debu yang mengelilingi kedua bintang biner.
Pertama kali tim astronom dapat mengukur pergerakan planet besar dengan orbit begitu jauh

Membutuhkan peralatan yang lebih perisi dan membutuhkan waktu lebih lama dengan penelitian data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble.
Dibutuhkan untuk mengumpulkan pengukuran data yang sangat akurat dari gerakan planet HD106906 setidaknya selama 14 tahun.



Planet HD106906 b memiliki orbit sangat jauh dari bintang kembar yang terdiri dari 2 bintang muda sangat terang.
Orbit planet HD106906 b mencapai jarak 730 kali jarak AU (Bumi ke Matahari). Jarak planet Pluto ke Matahari saja mencapai 39 AU sebagai orbit terjauh.

Pemisahan orbit yang lebar memerlukan satu putaran 15.000 tahun. Planet HD106906 b bergerak sangat lambat dalam lintasan orbitnya.
Karena daya tarik bintang yang lemah karena letak planet HD106906 b sangat jauh ke bintang induk.
Orbit Planet Pluto mencapai 248 tahun untuk satu putaran ke matahari.

Dibawah ini planet HD106906 b memiliki orbit sangat jauh mencapai 650 AU. Dibanding lingkaran hijau, jarak planet Neptunus ke matahari.
Gambar kedua, ilustrasi posisi planet, memiliki jarak ke bintang lebih jauh dibanding planet yang ada di bagian dalam.

planet HD106906 b

Jawaban lain akhirnya diungkap berdasarkan data Hubble.
Planet HD106906 b memiliki sudut planet sangat miring.
Studi ini dipimpin oleh Meiji Nguyen dari University of California, Berkeley.
Bumi juga miring 23,5 derajat mengorbit ke matahari, membuat planet Bumi memiliki siklus berulang musim panas dan dingin diantara kedua kutub dalam 1 tahun.
Planet Jupiter memiliki sudut sumbu miring 30 derajat.

Melihat keanehan sumbu planet HD106906 b, mengapa planet tersebut akhirnya memiliki orbit begitu jauh dari bintang induknya.

Teori yang berlaku menjelaskan bagaimana planet ekstrasurya hadir di orbit yang begitu jauh dan cenderung aneh.
Planet dapat terbentuk dengan jarak lebih dekat ke bintang-bintangnya, dan rata rata sekitar tiga kali jarak Bumi dari Matahari.

Secara umum, adanya tarikan dari cakram gas di sistem tata surya menyebabkan orbit planet berubah, mendorong sebuah planet akhirnya bergeser dan bermigrasi ke arah dalam mendekat inang bintangnya. Jadi planet perlahan akan bergerak maju lebih dekat karena tarikan gravitasi dari bintang.

Perbedaan yang terjadi dengan tata surya HD106906, disana tidak memiliki satu bintang, melainkan 2 bintang biner.
Gaya gravitasi dari bintang kembar yang berputar kemudian menendang planet HD106906 b keluar dari orbit semula.
Melemparkannya keluar dari sistem orbit bintang disana dan pergi menuju ke ruang kosong antarbintang.



Proses berjalan waktu, sebuah bintang lain lewat sangat dekat dengan sistem tata surya tersebut, dan menstabilkan orbit exoplanet sehingga mencegah atau menahan pergerakan planet HD106906 b untuk tidak meninggalkan orbit. Dan berhasil tetap berada disana walau jaraknya sudah bergeser sangat jauh.

Kandidat bintang yang lewat dan menyelamatkan planet tersebut, sebelumnya telah di identifikasi menggunakan pengukuran jarak dan gerakan bintang berdasarkan data satelit survei Gaia Badan Antariksa Eropa.



Skenario tersebut menjelaskan orbit aneh HD106906 b ini menjadi kunci baru dalam pencarian Planet Sembilan di tata surya kita sendiri
Mungkin saja planet ke 9 tersebut berada di luar Sabuk Kuiper yang sekarang ini sangat sulit terlihat.

Planet nomor 9 bisa saja terbentuk di Tata Surya dari bagian dalam tetapi bergeser akibat berinteraksi dengan Jupiter sebagai planet paling besar.

Siapa tahu planet yang seharusnya menjadi nomor 9 di tata surya kita akhirnya terlempar keluar.
Tapi bertemu dengan gravitasi bintang yang lewat mungkin orbitnya kembali stabil. Hanya saja orbitnya tidak lagi di dalam, melainkan jauh diluar tata surya.

"Seakan memiliki mesin waktu di Tata Surya kita sendiri yang berasal terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu. Dan melihat apa yang mungkin terjadi ketika Tata Surya yang masih berusia sangat muda dan aktif. Ketika tata surya terbentuk segala sesuatunya berdesak-desakan lalu perlahan mengatur ulang posisinya” penjelasan dari anggota tim Paul Kalas dari Universitas California, Berkeley.
Prediksi orbit Planet Sembilan ini mirip dengan yang kita lihat pada HD 106906b. Tapi itu hanya prediksi bila planet nomor 9 memang ada, intinya peneliti harus membuktikan dimana keberadaan planet ke 9 di tata surya kita.

Berita terkait
Planet Wolf 503b diketahui sebagai Exoplanet. Berada pada jarak 145 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan pada tahun 2018. Planet Wolf 503b lebih mudah diteliti karena data dari planet dapat terlihat ketika melewati bintang induknya. Sejauh ini tipe planet Wolf 503b belum ditemukan memiliki bentuk dan posisi yang sama di galaksi kita.

Planet Pluto akhirnya dapat diabadikan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons.Cenderung berwarna merah dan coklat, ini dia foto asli planet Pluto dari dekat. Disana terdapat gunung es dan lautan nitrogen. Bagaimana komunikasi dilakukan dengan pesawat ruang angkasa ke Bumi. Terindentifikasi Pluto memiliki 5 bulan - Styx, Nix, Kerberos, Hydra dan Charon



Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2



Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924




No popular articles found.