Cluster Abell 3391 dan 3395 yang saling terikat filamen terpanjang ditemukan


Science | 19 December 2020

Filamen antargalaksi ini memiliki panjang 50 juta tahun cahaya, filamen terpanjang yang pernah ditemukan.
Bahkan tim astronomi belum melih semuanya.

Lokasi berada di gugus Abell 3391 dan 3395. Apa yang dimaksud dengan filamen ini.

Dalam kosmologi, filamen diarti adanya lembaran galaksi. Terlihat seperti sebuah bentuk atau struktur.
Alam semesta tidak semuanya kosong, walau terdapat gugus galaksi yang saling berdampingan dapat terjadi interaksi.

Filamen itulah yang dimaksud, adanya interaksi antara kekuatan gaya tarik gravitasi antar galaksi.
Galaksi dapat terbentuk dalam satu grup, lokal grup atau Cluster yang saling berdekatan. Setidaknya galaksi seakan berdampingan, hanya saja di Abel ini ketika galaksi yang bertemu atau satu kelompok juga berinteraksi dengan kelompok galaksi lain.

Dan jumlah galaksi yang berkelompok dengan jumlah lebih besar atau dinamai SuperCluster / superkluster.

Teorinya filamen akan terlihat seperti jaring (Cosmic Web) dan tidak terlihat disebut gas yang mengelilingi galaksi dan gugus galaksi. Seakan menandakan ada hubungan atau gaya tarik di ruang angkasa yang sangat samar.

Tahun 1989 ditemukan tembok besar filamen yang disebut CfA2, lalu tembok Sloan tahun 2003.
Januari 2013 peneliti melihat lagi bentuk filamen sebagai struktur lebih besar Huge-LQG.
November 2013 ditemukan Great Wall Hercules, mencapai ukuran 10 miliar tahun cahaya.

Tahun 2020, para ilmuwan yang dipimpin peneliti di University of Bonn di Jerman telah mengamati filamen terpanjang yang pernah ditemukan.



Benang gas itu membentang 50 juta tahun cahaya dan mencengangkan untuk mereka, dan strukturnya sejalan dengan prediksi yang dibuat oleh simulasi komputer para peneliti, pernyataan Universitas Bonn.

Menurut perhitungan, lebih dari setengah semua materi baryonic di alam semesta kita terkandung dalam filamen ini.
Ini adalah bentuk materi yang terdiri dari bintang dan planet, seperti halnya kita sendiri," kata Thomas Reiprich, seorang profesor di Institut Argelander Astronomi di Universitas Bonn.

Karena filamen meregang sangat jauh, partikel pembentuknya sangat menyebar, membuatnya sangat sulit diteliti.

Reiprich dan rekan-rekannya akhir dapat membuat bentuk gas benar-benar terlihat pertama kalinya.
Mereka mengunakan instrumen teleskop ruang angkasa eROSITA, sebuah teleskop sinar-X milik Institut Max Planck untuk Fisika Luar Angkasa di Jerman

Teleskop eROSITA memiliki detektor yang sangat sensitif untuk gelombang radiasi sinar-X seperti meneliti gas dalam filamen seperti ini ,kata Reiprich tentang pengamatan tersebut.

Melihat dari sudut teleskop luar angkasa, memungkinkan para peneliti untuk mengambil gambar rinci dari objek-objek besar seperti filamen, dan melakukannya dengan lebih cepat.

Tim mempelajari 2 supercluster Abell 3391 dan 3395 - dari tiga gugus kelompok galaksi yang berjarak 700 juta tahun cahaya dari Bumi.
Dan ditemukan seluruh filamen yang membentang 50 juta tahun cahaya.

Walau bukan ukuran terbesar, filamen antara interaksi Abell 3391 dan 3395 menjadi filamen terpanjang yang pernah diamati.



Dibawah ini data yang di dapat dari teleskop eRosita.
Pertama bentuk filamen X-ray (kiri), dan perhitungan super computer (kanan)
Kedua, bentuk atau lokasi grup galaksi yang diamati.
Ketiga, bentuk yang tertangkap oleh teleskop radio ASKAP - CSIRO dengan teleskop gelombang radio dari Bumi.

Cluster Abell 3391 dan 3395

Gambar satu dan tiga, memperlihatkan pembesaran dari objek yang diamati.
Bentuk seperti garis yang saling terhubung antara cluster galaksi. Tetapi bentuk yang ditemukan, seperti garis tipis yang saling menghubungkan antara 3 gugus galaksi.

Benda yang dimaksud Filamen gas seperti dibawah ini


Berita terkait
Satu kluster galaksi berisikan beberapa galaksi yang saling berkelompok dan berkumpul. Tidak seperti pengabungan 2 galaksi yang disebut galaksi bertabarakan. Di Abell 1758 menjadi tempat terbesar pengabungan dari 4 kluster galaksi. Dari beberapa kluster galaksi yang berisi puluhan bahkan ratusan galaksi, akhirnya menjadi satu kelompok baru. Penggabungan dari empat kluster galaksi di Abell 1758 telah diamati oleh Chandra dan teleskop lainnya.

Ketika awal alam semesta terbentuk, tidak ada yang melihat adanya kelompok galaksi sudah terbentuk. Sekarang ditemukan galaksi purba sudah terbentuk sejak 800 juta tahun setelah dimulainya pembentukan alam semesta.Beberapa galaksi sudah mulai berkelompok, sebagai bukti protocluster.



Inlah penyebab mengapa bintang sedang menjadi ukuran raksasa. Ketika gugus bintang dapat mencapai jumlah 1 juta bintang. Sebagian besar bintang lahir dalam periode yang sama. Uniknya bintang di  Large Megallanic Cluster muncul bintang besar dan usianya muda. Mengapa bintang tersebut ada disana. Peneliti memberi 2 pendapat.

Messier 28 atau NGC 6626 adalah nama dari Globular Cluster. Ditemukan oleh Charles Messier tahun 1764, tetapi ketika ditemukan benda yang dilihat tersebut dianggap kumpulan debu dan gas. Dengan teknologi teleskop ruang angkasa bentuk dari benda tersebut menjadi jelas, dan disana adalah kelompok bintang besar.

El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.

Mengunakan data ESA dari teleskop Gaia, astronom Brasil menlihat ada 3 cluster bintang baru. Disebut UFMG 1, UFMG 2 dan FMG 3, berada di lengan galaksi Sagittarius sebagai salah satu lengan bintang yang ada. Pembentukan cluster bintang tersebut masih di telusuri, mungkin ada kelompok lain.

Manusia baru menemukan radio di era 1880an. Sampai seberapa jauh siaran radio tersebut bisa diterima oleh mahluk lain. Siaran radio dari Bumi tidak pergi terlalu jauh sejak dipancarkan pada tahun 1880. Pada tahun 2080 nanti, mungkin baru diterima oleh mahluk lain yang tinggal pada jarak 200 tahun cahaya



Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras




No popular articles found.