Produsen naikan harga VGA dan Motherboard karena part dan logistik


Shortstory | 6 January 2021


Selama pandemi banyak pabrik menunda produksi, sedangkan kebutuhan perangkat meningkat.

Pengiriman tertunda akibat tidak ada pesawat terbang yang membawa kargo barang. Kapal laut terpaksa berlabuh karena tidak ada yang dapat dikirim.

Produk yang dibutuhkan di awal tahun 2020 adalah masker, dan sabun sanitasi. Itu saja

Tiba tiba di pertengahan tahun 2020, satu merek sepeda luar negeri yang memiliki pabrik di Indonesia menaikan 2 shift menjadi 3 shift atau bekerja nonstop 24 jam. Betul pabrik buka 24 jam untuk memenuhi permintaan frame sepeda yang harus di ekspor.

Apa yang terjadi, perlahan kebutuhan sepeda murah meningkat karena warga khawatir mengunakan kendaraan umum.
Sepeda murah di luar negeri selalu bersih di rak toko sepeda luar negeri. Berlanjut permintaan sepeda statis melonjak tajam
3 bulan pandemi merubah tatanan industri secara tiba tiba. Produk yang biasanya hanya dilirik sebagian orang, semua melihat kesana.
Awal industri sementara berhenti karena kurangnya permintaan, berakhira menyisakan barang stok lama di toko toko retail. Lalu semuanya laku terjual
Menjelang akhir tahun 2020, permintaan produk elektronik meningkat. Pabrik yang baru memulai produksi mengejar permintaan.
Tetapi semua kapasitas pabrik rata rata tidak mampu memenuhi beberapa item, akhirnya jalur distribusi komponen elektronik sampai menjadi barang jadi terkena dampak.

Apa yang terjadi di tahun 2020.
Chip digunakan hampir digunakan di seluruh perangkat elektronik. Tugas chip untuk melakukan apa yang harus dikerjakan.
Produsen "merek" chip tidak membuat chip, mereka disebut Fabless alias tidak punya chip tapi memesan kebutuhan chip dari chip yang dirancang.
Sebagian besar chip teknologi tinggi dibuat oleh 2 pabrik tercanggih TSMC dan Samsung. Beberapa produsen seperti AMD memilih lebih baik meminta pabrik lain membuat chip dan membeli dibanding membangun pabrik sendiri yang canggih dengan biaya sangat besar.
Produsen semikonduktor Amerika memiliki penjualan 47% kebutuhan global, tapi hanya 12% chip diproduksi di pabrik Amerika sendiri.


Mengapa terjadi kekurangan produk elektronik. Orang bekerja di rumah, mereka membeli computer baru, atau upgrade.
Tidak itu saja, game konsol, smarthome theater, smartphone dan semuanya dimulai sejak Pandemi. Dimulai kerja remote atau kerja dirumah.
Kebutuhan perangkat elektronik terus meningkat dan tidak ada tanda-tanda penurunan.
Penjualan semikondutor tahun 2020 $439 miliar, tahun 2019 lebih rendah $412 miliar dan terjadi peningkatan 8,3%
Kendaraan semakin canggih dan membutuhkan chip, dari display navigasi di dashboard sampai power steering

Satu tahun berlalu, sepertinya masih ada item yang semakin bermasalah
Dimulai era sulitnya komponen, bahan baku, pengiriman dengan pesawat, bea impor, ketegangan US China, dan permintaan terus meningkat tidak terkendali.
Tesla sempat menutup pabrik mobil listrik selama 2 minggu karena tidak ada komponen. Ford memprediksi penurunan produksi 20%, karena kurang komponen elektronik. Honda sempat menutup pabrik di Inggris 4 hari, karena rantai pasokan.
Pada tahun 2020, pabrik menunda pesanan chip untuk komponen kendaraan. Setelah pasar kembali, mereka masuk daftar antrian terakhir karena pesanan mereka dalam jumlah kecil oleh produsen chip. Toyota dan VW masing masing hanya membelanjakan komponen elektronik $4 miliar. General Motor produsen kendaraan Amerika memangkas pendapatan 1,5 - 2 miliar dollar tahun 2021, menutup sementara pabrik karena kurang komponen.
Hanya Toyota yang siap di industri otomatif karena pengalaman sebelumnya ketika terjadi gempa besar di tahun 2011 dan menyiapkan pasokan lebih dari industri lain.

Mobil terbaru membutuhkan komponen elektronik.
iPhone 12 dan Samsung tertunda peluncuruan smartphone model high end.
Samsung menjual $56 miliar semikondutor ke perusahaan lain, sisanya $36 miliar untuk digunakan Samsung. Tapi harus menunda peluncuran Note terbaru tahun 2021.
Maret 2021, CEO Qualcomm menyebut persediaan procesor Snapdragon akan terkena dampak, tentu saja akan berimbas ke jumlah unit smartphone yang akan di produksi.

Catatan April 2021

Ada kabar, tapi belum resmi (3 Apr 2021). Nvidia akan mengirim stok GPU GeForce GTX 1650. Tidak dijelaskan secara pasti, tipe apa, dan berapa banyak.
Asus pertama mengumumkan akan menaikan harga VGA di awal 2021. Kembali mengumumkan akan menaikan kedua untuk harga VGA.
Asus sudah berdiskusi ke mitra dan pemasok untuk meminimalkan harga sampai ke channel retail. Tapi kenaikan komponen, biaya operasi, logistik dan beban tarif impor membuat harga Asus tidak dapat dipertahankan seperti bulan Januari 2021.
MSI juga menjual VGA lebih mahal dengan kenaikan harga pada bulan Maret 2021.
Diperkirakan semua produsen VGA akan mengikuti langkah pabrikan kelas atas tersebut.
Masalah tetap sama, kurang chip, permintaan tidak surut, pabrik tidak dapat memproduksi lebih banyak, dan pengiriman lebih sedikit akan membebankan biaya pengiriman.
Taiwan mengalami kekeringan parah di tahun 2020 dan 2021, dalam 56 tahun terakhir. Tidak ada badai lewat membawa hujan ke Taiwan.
Pabrik chip disana membutuhkan jutaan galon air, diperkirakan persediaan air masih bertahan sampai Mei 2021.
CK Tseng pemimpin perusahaan Arm Taiwan mengatakan, persediaan chip baru reda dan membaik pada kuartal 2 tahun 2022.

Provider internet mengalami penundaan 60 minggu (umumnya 30 minggu) waktu tunggu untuk mendapatkan pesanan Router.


Produsen Zyxel Communication Taiwan, sejak Januari pelanggan seperti Telenor ASA Norwegia dan Zen Inggris untuk memesan selama 1 tahun.
Pabrik Zyxel di Wuxi China ditutup sebulan pada awal pandemi, setelah dibuka kembali pasokan menjadi tidak teratur dan biaya pengiriman melonjak. Disebabkan cargo angkutan di dominasi untuk alat medis
Produsen Adtran berbasis di Amerika yang mengambil pasar Huawei di Eropa, mengirim pesan ke pelanggan dengan waktu tunggu yang panjang sampai beberapa. bulan. Perusahaan cabang Inggris mengambil persiapan dengan stok 2x lebih banyak.
Sejauh ini di Eropa dan Amerika, operator belum kehabisan router. Tapi rantai pasokan terlihat semakin tegang dari April sampai Oktober 2021.
Beberapa operator berusaha memasok persediaan untuk persiapan kedepan.

Untuk chip seperti efek bola salju, dari dampak kecil memberi dampak lebih besar ke produk lainnya.

Catatan Maret 2021
GeForce GTX 1060 Ti tampil di Jepang 24 Maret 2021, harga $210 dari merek Palit. Di Jepang harga tersebut 2x lebih mahal dibanding harga tahun 2016 lalu. Tapi $210 lebih murah dari toko Amazon yang dijual rentang $399
AMD merilis Radeon RX 6700 XT bulan Maret 2021. Tapi hilang dalam sekejap. Chip GPU AMD dibuat dari pabrik TSMC yang sudah tidak memiliki kapasitas lebih.
Tahun 2017 dan 2018, penjualan VGA 15 juta unit. Tahun 2020 tercatat 11 juta unit. Kebutuhan di tahun 2021 tentu terkena imbas, ditambah Kripto yang menganggu pasokan VGA di pasar dan pembelian VGA sampai game console yang tertunda.
Tahun 2020, AMD hanya mampu mengirim 1,87 juta board VGA, jauh lebih sedikit dibanding tahun 2018 pada kuartal 1 yang sama.
GeForce RTX 3070 dirilis $500, sekarang jangan berharap mendapatkan harga tersebut, di jual $1.200. RTX 3080 $700 sudah naik $2.000. Itupun ada yang dilelang kepada penawar tertinggi.
EVGA berusaha menawarkan antrian untuk RTX 30, pembeli dapat menunggu panggilan dengan harga resmi. Bila 8 jam tidak dikonfirmasi, stok akan masuk ke daftar antrian kembali untuk diberikan ke pembeli lain. Itupun hanya untuk pembeli di Eropa dan Amerika Serikta.
Retail menawarkan undian seperti layanan Newegg Shuffle, pembeli yang beruntung saja dengan unit terbatas dapat membeli dengan harga normal, tapi harus di konfirmasi hanya 4 jam setelah menerima pemberitahuan.

Komponen perangkat elektronik yang kurang.
Membangun pabrik semikondutor baru setidaknya membutuhkan dana 10-12 miliar dollar (setara 140 triliun), dan baru selesai 3 tahun.
Itupun tidak menjamin pabrik baru langsung dapat berproduksi dan cocok dengan disain lama. Karena teknologi terus berlari mengejar yang terbaru. Tertinggal, tidak ada yang membeli dan pabrik rugi atau chip yang diproduksi tidak efisien.

Sementara 2 pabrik tercanggih memproduksi komponen semikonduktor, Samsung dan TSMC dengan pangsa 70% dari produk procesor.
Karena itulah, teknologi semikondutor yang berada di industri keras hanya di dominasi pemain raksasa yang siap untung atau rugi besar besaran. Intel hanya bertahan di teknologi 14nm untuk procesor mereka, karena tidak mampu memperbarui pabrik mereka.
Chip AMD, Nvidia sudah berada di teknologi 7nm yang hemat power tidak dibuat sendiri melainkan oleh TSMC dan Samsung.

Bila anda ingat, AMD nyaris bangkrut dan menjual pabriknya tahun 2008 ke Global Foundery dan diambil IBM tahun 2014. Tahun 2019 unit Avera diambil oleh Marvell, bagian lain oleh Vanguard Int dan On Semi. Sekarang chip procesor graphic AMD adalah Fabless tidak punya pabrik chip. Termasuk Nvidia tidak pernah membuat chip dari pabriknya, karena Nvidia tidak pernah membangun pabrik.

VGA salah satu komponen yang terkena imbas di akhir tahun 2020, teknologi GPU baru tapi tidak dapat diproduksi banyak karena model chip harus antri di pabrik semikondutor di Taiwan dan Korea.

Banyak yang ingin memiliki perangkat hiburan di rumah, membuat permintaan VGA meningkat tajam. Produk yang awalnya lebih banyak ditunda menjadi tren selama pandemi. Sepeda, VGA, masker, alat kesehatan,perangkat hiburan, sanitasi mendadak menjadi produk tidak dapat ditunda.

Harga VGA Maret 2021 via lelang online dan terjual

Model, harga rata rata, jumlah terjual

GeForce RTX 3090    $3,016    374
GeForce RTX 3080    $2,177    437
GeForce RTX 3070    $1,357    818
GeForce RTX 3060 Ti    $1,298    254
GeForce RTX 3060 12GB    $931    395
Radeon RX 6900 XT    $1,874    96
Radeon RX 6800 XT    $1,588    103
Radeon RX 6800    $1,324    61
Radeon RX 6700 XT    $984    301

Catatan Februari 2021
Harga seri RTX 3000 dipasar mengalami kenaikan 300% dari harga semula sampai Februari 2021.
Bahkan unit RTX 3080 di lelang via eBay.


Tapi kembali menurun di awal Maret 2021, tren dibawah ini adalah grafik rata rata harga VGA.
GeForce GTX 3090 mencapai kenaikan 200%
GeForce GTX 3080 paling tinggi mencapai 340%, harga retail 699 - 869. Terbang ke $1300-1500
GeForce GTX 3070 relatif tinggi hanya 250%
GeForce GTX 3060 Ti mencapai 310%
GeForce GTX 3060 yang baru dirilis akhir Februari 2021, harga langsung dipatok 250% dari harga ketentuan Nvidia, walau perlahan kembali turun.
Sejak Oktober 2020 sampai Februari 2021, harga VGA baru tidak ada yang dijual dengan harga normal. Rata rata sudah mencapai kenaikan 20-30% diatas harga yang ditentukan Nvidia.

Tren grafik VGA Nvidia GeForce 2021
Nvidia RTX 3080 Maret 2021
Harga resmi $699, tapi hanya cetakan harga dari Nvidia dan tidak ada barang bulan Maret 2021 dijual. Bila dijual, akan selalu bersih dalam sekejab.
Pada bulan September 2020 sudah mencapai $1.170 - 1.300.
Maret 2021 di online, mencapai $1.377 untuk toko resmi dan pembeli menunggu sampai datang persediaan awal April 2021.
Yang tersedia di lelang via eBay jauh lebih mahal, mencapai 20 juta lebih untuk RTX 3080 atau sekitar $1.600.

Tren grafik VGA RTX 3080 Maret 2021

 
Yang lebih lucu, pabrik TSMC sebagai pabrik utama pembuat chip procesor smartphone, desktop sampai chip otomotif
Kabarnya bulan Maret 2021 melelang kapasitas produk yang tidak terpakai karena satu pesanan tidak jadi mengambil slot produksi, dan diberikan ke penawar tertinggi.
Walau kapasitas produksi pabrik TSMC masih antri dengan pesanan perusahaan lain.
TSMC memilih memberikan kuota sisa jalur produksinya dengan harga diatas rata rata 15-20% lebih mahal asalkan ada perusahaan yang berani membayar lebih

Bulan Maret 2021. Ketika kapal laut untuk layanan kargo atau peti kemas di tahun 2020 memiliki nasib yang sama seperti pesawat udara. Banyak kapal laut berhenti berlayar, sebagian besar pabrik tutup dan tidak ada pengiriman barang untuk ekspor.

Tetapi setelah dunia mulai berpindah dengan pekerjaan, sekolah lebih banyak di rumah dengan sistem online.
Kondisi berbalik, kapal dan angkutan udara kembali berlayar walau pesawat tidak lagi membawa penumpang tapi barang kargo saja.

Masalahnya ketika warga mulai berbelanja untuk perlengkapan bekerja di rumah. Produk yang mereka cari berada di Asia.
Smartphone, mengunakan chip Korea, sedangkan bahan baku silikon ada di Jepang, perakitan berakhir di China sampai menjadi barang jadi.
Sepeda juga menjadi komoditi yang meloncak diawal pandemi, sebagian besar dibuat di China, termasuk pabrik rangka dan ban sepeda di Indonesia.

Kapal laut membawa barang ke Amerika dalam jumlah sangat besar, dan meninggalkan kotak kosong kontainer untuk mengejar jadwal pelayaran ke benua lain.

Karena kapal laut sangat sibuk untuk memenuhi permintaan pengiriman barang. Dikutip dari harian Amerika, dampaknya biaya angkutan naik, kekosongan kontainer peti kemas terjadi akibat tidak dibawa kembali, dan kenaikan biaya angkutan masuk ke dalam harga barang.

Waktu untuk menunggu dan mengambil kembali kontainer yang di kosongkan hanya menambah biaya bagi operator pelayaran. Operator pelayaran lebih memilih mengenakan biaya tinggi dan membebankan ke eksportir untuk biaya pengadaan peti kemas.
Banyak barang tidak dapat diangkut karena kurangnya peti kemas. Memproduksi peti kemas baru juga  membutuhkan waktu, berdampak banyak penundaan pengiriman. Sementara kapal laut harus mengatur barang yang akan diturunkan lebih dahulu sesuai rute kapal.
Tanpa kontainer kosong, eksportir tidak dapat mengirim barang. Jadi mereka akan dikenakan biaya tambahan untuk kontainer / peti kemas.
Salah satu penyumbang biaya kenaikan barang adalah angkutan barang, ketika ekspedisi harus mengenakan biaya lebih mahal untuk kontainer.

13 Februari 2021 Nvidia kembali produksi GTX 1050 Ti dan RTX 2060
Dari Nvidia secara tidak langsung telah mengonfirmasi bahwa GeForce GTX 1050 Ti dan GeForce RTX 2060 GPU akan tersedia kembali.
Walau disebut VGA lawas, harganya jangan dikira lebih murah atau sama ketika di rilis ke pasar. Harga sudah naik.
Sekarang Chip GPU lebih banyak dikirim ke produsen untuk dirakit menjadi VGA.

Nvidia mencoba mengisi kekosongan VGA akibat permintaan yang tinggi saat pasokan chip dan komponen langka.
Nvidia ingin menawarkan GeForce RTX 2060 (2019) dan GeForce GTX 1050 Ti yang lebih tua (Oktober 2016).
Juru bicara Nvidia mengkonfirmasi hal ini ketika ditanya oleh PC World. "Kami hanya memenuhi permintaan pasar,  seperti yang kita  perhatikan, permintaan terus meningkat"

Masalah komponen terjadi dalam produksi chip dan memory model baru.
Mengapa model RTX 2060 dan GTX 1050 Ti saja yang di produksi ?
Sementara chip GPU RTX 2060 masih di produksi dengan teknologi 12nm dari pabrik silikon TSMC dimana tersedia kapasitas produksi.
Sedangkan pabrik yang lebih canggih telah beroperasi kapasitas penuh untuk chip produsen lain seperti smartphone di 5nm atau procesor computer 7nm.
Menariknya lagi chip GPU GeForce GTX 1050 Ti masih mengunakan teknologi 14nm. Chip diproduksi dari pabrik Samsung.

Masalah lain VRAM GDDR6 untuk VGA menjadi langka, karena kekurangan komponen maka Nvidia melihat GDDR5 masih memungkinkan untuk VRAM GTX 1050 Ti. Masuk akal, sementara komponen masih tersedia dan dapat dibuat menjadi unit VGA.

Berapa harga GTX 1050 Ti dan RTX 2060.
Harga terendah yang pernah dicapai GTX 1050 Ti hanya $140, sedangkan RTX 2060 $350. Tetapi itu harga ketika dipasarkan
Tapi di online sudah mencapai $400 dan $700. Apakah Nvidia nantinya dapat menurunkan harga kedua VGA tersebut, sepertinya tidak.
Nvidia hanya mengisi kekosongan persediaan VGA model high end dengan VGA lawas ke toko retail yang ditunjuk dan selalu Sold Out.

Kasus yang sama ketika harddisk kosong, pabrik Thailand dimana sebagian besar produksi harddisk dunia ada disana.
Pabrik kebanjiran, seluruh pabrik berhenti berproduksi dan harga harddisk melonjak tajam. Butuh waktu 1 tahun menurunkan harga harddisk setelah banjir besar melanda Thailand..

Untuk GeForce RTX 3000, sejak di publikasi sudah kurangnya persediaan.
Diperkirakan masih tetap berlanjut selama tahun 2021
Kondisi yang sama dengan AMD dengan VGA baru RX6000 dengan arsitek RDNA-2. Praktis VGA tersebut seperti hilang dari pasar.

Kondisi lain masalah permintaan dari Kriptomining, membuat harga VGA baru terus meroket.
Tidak hanya VGA baru, tapi VGA lama juga dicari.

12 Februari 2021
Procesor Intel turun harga, untuk seri Intel Core 10000 Gen 10 arsitek Comet Lake. Bukan tidak laku.
Alasannya Intel menyiapkan procesor Gen 11 Core 11000 arsitek Rocket Lake antara Maret 2021.

10 Februari 2021
Sekarang rebutan antara grup Mining BitCon, Ethereum dan gamer yang membeli VGA. Bahkan grup Ethereum disebutkan di China memborong berapapun  persediaan notebook gaming dengan internal GPU GTX seri 3000.
Untuk VGA gaming paling ramah kantong dengan resolusi pas di 1080 FHD, seri GeForce GTX 1650 Super saja dari harga 2,6 juta di akhir tahun 2020, sekarang naik melewati harga Rp.3 juta. Harga normal GeForce GTX 1650 Super mungkin hanya cetakannya saja, alias stock habis untuk harga normal.



04 Februari 2021
Lenovo produsen terbesar perangkat computer dan notebook. Tahun 2020 mengirim 87 juta unit notebook.
Terakhir hanya mengatakan persediaan part mereka di bulan Februari 2021 turun ke tingkat amat rendah.
Dalam arti produksi akan sangat menurun tajam karena kurangnya komponen.
Distributor komponen hanya memiliki cadangan komponen untuk berproduksi selama 6 minggu.
Dan tidak berubah selama musim semi (periode 3 bulan pertama 2021), tidak ada tanda-tanda permintaan perangkat elektronik melambat sejak akhir tahun 2020
HP di bulan Agustus 2020, menyebutkan pabrik pembuat telah kekurangan IC dan panel LCD, membuat produksi menurun.
Pihak distributor PC / Notebook membersihkan rak persediaan notebook pada pertengahan tahun 2020. Bahkan persediaan yang tidak terjual selama 1 tahun sebelumnya ikut bersih.

15 Januari 2021
Produsen lain seperti EVGA ikut menyesuaikan harga GeForce RTX 30.
Perubahan harga sudah diumumkan 11 Januari 2021 lalu.
Zotac diam diam menaikan harga VGA, tidak hanya 1 kali tapi 2 kali. Bahkan menambah harga VGA mencapai $90-100.
VGA Zotac Trinity RTX 3090 bahkan naik sampai $300, sekarang dipasaran sudah dijual $1900.

Masalah dari pengiriman, tarif dan kesulitan suku cadang / komponen sebelumnya
Asus pertama mengumumkan dari Facebook DIY. Asus akan menaikan semua produk dan model untuk VGA dan motherboard.
Masalah pengenaan tarif yang cukup besar tersebut hanya terkena di negara tertentu.

Harga VGA dan Motherboard Asus naik

Mengapa Asus sudah merasakan masalah pengiriman dan perlu menaikan harga produk mereka.
Ada kenaikan biaya komponen, di akhir tahun 2020, memang sudah terdengar giliran komponen untuk computer menipis atau kekurangan persediaan.
Hal lain biaya operasi dari kegiatan logistik, dan terakhir biaya tarif impor atau tarif hal utama yang mendongkrak harga.
Awalnya rentang kenaikan tarif antara 7,5 - 25% bahkan lebih dan yang terkena dampak adalah GPU atau unit VGA.

Memang tidak mengejutkan, ketika Nvidia merilis VGA seri RTX 3000 saja. Mendadak power supply power besar tiba tiba kosong dan kekurangan persediaan.
Tetapi dari semua kenaikan, yang terbesar ada persediaan dari chip GPU untuk VGA itu sendiri.
Biaya pengiriman internasional juga meningkat signifikan.
Karena kekurangan penumpang pesawat artinya kurang ruang untuk akomodasi angkutan udara.
Mengirim dengan kapal laut, akan tertinggal 1 bulan kemudian bila pengiriman dari China, Taiwan ke US.

Asus mengatakan sudah meminimalkan harga terbaik. Baik dengan mitra pemasok komponen serta divisi logistik untuk pengiriman.
Tetapi pembicaraan tersebut kelihatannya kurang berhasil dan tidak mampu membawa harga produk jadi dijual dengan harga biasa.

Apakah harga sudah naik, kelihatannya demikian
Bicara di toko online Amerika.
VGA Asus 3090 pertama dirilis $1.799 sekarang naik $1.979
VGA Strix Radeon RX 6800 XT LC $1.080, walau harga ketika dipasarkan $900 oleh Newegg.
VGA Asus TUF Radeon RX 6800 XT $970, naik dari $810.
VGA Asus ROG Strix RTX 3080 juga naik $930 (web Asus, B&H dan Newegg, walau harga sebelumnya $850.
VGA Asus TUF RTX 3060 Ti menjadi $530, dari harga sebelumnya $460. Sudah melewati harga GeForce RTX 3070 Founder

Dampak lain melanda System Integrator, ketika produsen butik PC harus mendapatkan komponen lebih mahal dari harga sebelumnya.
Dibawah ini pengumuman Asus
Update regarding MSRP pricing for ASUS components in 2021.

This update applies to graphics cards and motherboards*
We have an announcement in regards to MSRP price changes that are effective in early 2021 for our award-winning series of graphic cards and motherboards. Our new MSRP reflects increases in cost for components. operating costs, and logistical activities plus a continuation of import tariffs. We worked closely with our supply and logistic partners to minimize price increases. ASUS greatly appreciates your continued business and support as we navigate through this time of unprecedented market change.

*additional models may see an increase as we moved further into Q1."

Masih ingat ketika pesawat cargo raksasa Rusia AN-225 Mriya yang di sewa beberapa negara dan badan kesehatan dunia.
Harus mundar mandir mengirim peralatan kesehatan ke seluruh dunia untuk perlatan medis darurat secepatnya.
Membawa barang kargo yang paling mendesak dengan jumlah sangat besar di bulan Maret - Agustus 2020.
Karena tidak banyak pesawat yang terbang membawa penumpang atau membawa cargo udara.
Seorang pilot pesawat juga mengatakan, dia merasakan seperti sedang terbang sendirian. Karena tidak banyak pesawat lagi terlihat "di radar".

Berita terkait
Qualcomm mengatakan dampak tersedianya procesor untuk smartphone. Awalnya berita baik ketika Huawei mengurangi produksi dampak ketegangan dengan US vs China. Tapi rantai pasokan belum siap, kekurangan persediaan chip smartphone mungkin sampai akhir 2021

Internet fiber murah seratus ribuan atau yang paling mahal yang lebih baik. Mengapa provider internet rumah menawarkan paket berbeda. Bagaimana pasang internet murah, bisa dikenali kabel fiber optik yang lewat di depan rumah. Bagaimana menghitung biaya internet bulanan, internet promo, tarif internet, biaya sewa modem, set-top box harus diperhitungkan.



Teknologi pembayaran belanja online, kali ini belanja di luar negeri tidak memerlukan kartu kredit. Fitur International Shopping ini mendukung 25 mata uang dunia, termasuk Rupiah. Tidak perlu akun bank cukup datang ke kantor pos dan membawa bukti belanja atau Amazon PayCode. Belanja dapat dibayar total tanpa biaya terselubung, salah satu layanan pembayaran dapat melalui Bank atau PT Pos.

Beli paket data internet atau isi pulsa untuk nomor orang lain atau nomor sendiri. Sekarang tidak ribet, beberapa toko online resmi menjual paket data internet Telkomsel, Indosat, Smartfren, Axis, Tri, XL dan lainnya. Kadang harga sedikit lebih murah dari harga resmi. Beli paket data internet dan telepon dari aplikasi operator juga tersedia

Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas




No popular articles found.