Pengiriman computer pada tahun 2020 mengalami pertumbuhan tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir

Singkatnya: Laporan dari raksasa riset pasar IDC, Canalys, dan Gartner menunjukkan bahwa pasar computer adalah salah satu dari beberapa industri yang mendapat dampak positif dari pandemi, dengan penjualan meningkat YoY baik di kuartal keempat maupun di 2020 secara keseluruhan.

Ketiga perusahaan analisis sepakat bahwa pasar computer global tumbuh tahun dibandingkan 2019.
Canalys melaporkan 297 juta pengiriman, dengan pertumbuhan tahunan 11,9 persen.
IDC menempatkan angkanya pada 302 juta pengiriman, meningkat 13,1 persen
Gartner menghitung 275 juta pengiriman computer.
Semua angka menunjukan peningkatan pasar tertinggi dalam periode sepuluh tahun

Perbedaan YoY lebih signifikan ketika melihat data di akhir tahun 2020 atau kuartal 4 2020
IDC memiliki 91,5 juta pengiriman (+26,1 persen).
Canalys mengklaim 90,2 juta (+25,4 persen),
Gartner berada pada 79,3 juta (+10,7 persen).

Penutupan bisnis bioskop dikombinasikan dengan pembatasan lockdown dan pekerjaan WFH menyebabkan peningkatan tajam dalam permintaan teknologi selama tahun 2020.

Perangkat hiburan, perangkat keras kantor, sampai penjualan TV, dan layanan streaming mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama 12 bulan terakhir.

Menariknya, Canalys mencatat bahwa hanya laptop mengalami pertumbuhan terbesar di pasar PC tahun ini, sementara pengiriman desktop  atau computer kelas PC besar malah menurun.



Lenovo menempati posisi pertama, disusul rangking lain HP, Dell, Apple, dan Acer . Sedangkan Gartner juga menempati posisi keenam yang ditempati Asus.

Permintaan PC konsumen yang kuat dapat mendorong penjualan, terutama di wilayah di mana pemerintah mempertahankan peringatan tetap di rumah karena pandemi COVID-19 masih berlanjut.
Sebelum tahun 2020, konsumen telah beralih untuk berbelanja ponsel, namun pandemi membalikkan tren ini, ”kata Mikako Kitagawa, direktur riset di Gartner.

Bila anda ingin membeli notebook ditahun 2020 lalu, bahkan pertengahan 2021 nanti. Mungkin tidak semudah yang dibayangkan.

Beberapa komponen computer desktop besar terbaru, VGA seri AMD dan Nvidia terbaru sampai komponen motherboard sebagian besar kekurangan komponen produksi. Termasuk kebutuhan produksi chip GPU dari TSMC yang sebelumnya sudah bermasalah, karena produksinya lebih sedikit dari permintaan.

Computer desktop terkendala dengan perangkat baru. Dari CPU dan GPU baru kekurangan persediaan. Membuat pasar computer seperti kelas gaming tidak banyak menyumbang angka penjualan. Sedangkan computer PC di kantor jelas tidak perkembangan lagi, staf lebih banyak bekerja di rumah dengan notebook mereka.

Yang murah sementara di awal tahun 2021 adalah NAND chip, sebagai komponen SSD. Harga SSD relatif lebih stabil bahkan cenderung terjangkau.



Tren merek notebook paling laku 2020