Kereta Maglev China dan Jepang dengan 500km perjam lebih


Technology | 15 January 2021


2021 Maglev China
China masih merancang kereta kecepatan tinggi yang mencapai 620km perjam.
Disebut Super Bullet Maglev Train, mengunakan bahan high temp superconduting (HTS).

Rancangan kereta prototipe Super Bullet Maglev tersebut sudah menghabiskan dana sekitar 9,3 miliar.
Rancangan universitas Jiaotong bekerja sama dengan 2 perusahaan komersil dari China Railway dan CRRC.
Disain prototipe hanya mencapai 21 meter, dengan konstruksi bodi berbahan karbon yang ringan.
Sedangkan teknologi pengerak HTS berbeda dari sistem kereta Jepang dan Jerman.

Kereta dibuat lebih ringan, bahkan produksi lebih murah.
Insinyur perancang mengatakan disain HTS juga lebih cocok untuk sistem tube vakum atau transportasi melalui terowongan.
HTS membuat kereta seperti mengambang tanpa power elektrik, bahkan dapat didorong dengan satu tangan kata Deng Zigang profesor yang merancang HTS.
Pengujian sepanjang 165 meter dalam tahap konstruksi di universitas untuk pengujian prototipe.

Kapan kereta Maglev kecepatan tinggi tersebut dapat dibangun, seperti masih jauh.

Kereta Maglev China 635km perjam


2014 Maglev Jepang 500km perjam.


Kereta super cepat di Jepang hanya menargetkan kecepatan 500km perjam pada perkenalan ke publik. Kereta melewati rute Tokyo dan Nagoya ini baru selesai tahun 2027 mendatang. Rencanannya akan melewati 4 stasion di sepanjang 286m untuk rute Shinagawa dan Nogoya.
Rekor tercepat dicapai 600km perjam pada tahun 2015.

Jalur lain dari Tokyo ke Osaka diperkirakan selesai tahun 2045.

Beberapa masyarakat dan media mendapatkan kesempatan dalam uji coba kereta ini. Tapi test hanya dilakukan sepanjang 42.8km dan kereta mencapai kecepatan 500km perjam. Dibanding layanan kereta super cepat yang ada di Jepang masih dipegang hayabusa Shinkansen dengan kecepatan 320km perjam.
Jepang sudah melakukan penelitian sejak 2007 untuk kereta CJCR super cepat ini. Sudah ditampilkan resmi ke publik pada tahun 2013. Tapi baru dicoba bagi tamu undangan tahun ini. Seperti pesawat Jumbo Jet yang terbang dengan dua pertiga kecepatan normal tapi diatas rel



Kereta Maglev Jerman
Rencana dibangun sepanjang 40km, untuk menghubungkan stasiun kereta ke bandara.
Tapi dibatalkan oleh pemerintah Jerman pada tahun 2008. Karena biaya Transrapid membengkak, untuk kebutuhan membuat terowongan.
Fasilitas test di Emsland untuk Tranrapid tidak diaktifkan lagi.

Berita terkait
Bugatti Chiron menjadi mobil tercepat saat ini. Sebagian terjual tanpa demo unit dari dealer Bugatti. Bugatti hanya mampu memproduksi 70 kendaran pertahun untuk edisi terbatas Chiron. 2 Agustus 2019, menembus kecepatan 490 km perjam

Bagaimana perusahaan penerbangan murah mampu melawan maskapai besar. Bukan tiket murah, tapi sudah dihitung sejak pembelian pesawat. Mengambil rute banyak kota, karyawan yang merangkap, pelatihan untuk satu model pesawat menjadi salah satu mereka dapat menjual tiket murah



Beberapa tempat di Jepang sudah mendapat larangan untuk foto dengan stick foto selfie. Di stasiun kereta bagian barat Jepang melarang pengunaan tongkat untuk foto selfie karena dianggap berbahaya bagi penumpang dan si foto selfie sendiri

Qatar masuk sebagai negara terkaya di dunia. Tapi urusan olahraga jadi lucu. Banyak pekerja migran disana untuk membangun gedung baru. Tapi Emir Qatar yang berkuasan disana suka dengan olahraga. Pekerja mendapatkan tambahan uang sebagai fan palsu.

Remaja asal Belanda ini ngerjain teman dan keluarganya. Dia bilang sedang keliling ke Asia Tengara, jalan jalan. Posting foto dan video tapi dia ada dirumah sendiri. Sampai bisa memposting video sedang skorling di sebuah pantai.

Macetnya jalan raya tidak membuat pengemudi di Jepang seenaknya saja saling potong lajur. Pengemudi di Jepang malah memiliki kebiasaan dengan mengucapkan terima kasih bila diberikan jalan. Kalau di Indonesia lebih memilih adu nyali.




No popular articles found.