Lubang hitam GSN 069 menelan bintang tapi bintang tetap bertahan


Science | 28 January 2021


Saat lubang hitam menelan materi dalam jumlah besar dari ruang di sekitarnya, bentuknya tidak terlalu terlihat langsung.
Umumnya aktivitas lubang hitam yang menelan materi akan mengeluarkan semburan sinar-X yang luar biasa, yang dihasilkan material yang memanas hingga suhu intens ketika tersedot ke lubang hitam, begitu terang barulah peneliti dapat mendeteksinya dari Bumi.

Itu perilaku lubang hitam yang normal. Apa yang tidak normal ketika semburan sinar-X itu dimuntahkan berdasarkan durasiwaktu.
Perilaku tersebut awalnya membingungkan para peneliti, yang dilaporkan pada 2019 ketika sebuah lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang berjarak 250 juta tahun cahaya dari Bumi terlihat aktif tapi memiliki jedah waktu.

Jedah aktivitas muncul setiap sembilan jam dengan kemunculan suar sinar-X disana.

Blackhole GSN 069

Setelah dipelajari lebih lanjut, astronom Andrew King dari University of Leicester di Inggris mengidentifikasi penyebabnya - sebuah bintang mati diperkirakan bertahan di sekitar lubang hitam, bintang tersebut terperangkap di orbit elips dengan satu putaran orbit selama sembilan jam.
Tahulu setiap kali bintang melintas sangat dekat, atau periastron, lubang hitam menyedot lebih banyak material bintang.

Peneliti menyebut sekarang bintang katai putih tesrebut terkunci dan tidak dapat lepas dari lubang hitam, ketika diumumkan April 2020.

Walau jaraknya masih sekitar 15x radius cakrawala, gas dari bintang tersebut tertarik ke dalam cakram dan muncul terditeksi radiasi X-ray dari 2 teleskop ruang angkasa Nasa Chandra dan NewTon.
Jarak tersebut membuat bintang dapat bertahan untuk tidak terlalu dekat. Bila bintang melintas di garis cakrawala dimana kekuatan gravitasi lubang hitam sangat kuat dan apapun yang melewati radius cakrawala tidak akan kembali keluar. Maka bintang dengan cepat akan hancur tertelan.

"Katai putih ini terkunci di orbit elips dekat lubang hitam, mengorbit setiap sembilan jam," jelas Andrew pada April 2020.



Lubang hitam dengan nama GSN 069, memiliki ukuran supermasif. Tapi memiliki massa lebih ringan dengan bobot 400.000 massa matahari.
Walau disebut lebih kecil sebagai inti galaksi, lubang hitam tersebut terlihat aktif.
Karena masih di kelilingi piring cakram panas dari materi akresi yang mengelilingi lubang hitam.
Jangan lupa, setiap materi yang berada di sekitar lubang hitam dapat ditelan dan membentuk sebuah lubang hitam semakin besar.

Peneliti mengatakan dahulu, bintang yang hampir ditelan tersebut adalah sebuah bintang raksasa merah atau Red Giant Star.
Entah dari mana, bintang tersebut berkelana atau bergeser dan mendekat bahkan terlalu dekat di area lubang hitam.

Perlahan gas dari bintang tertarik masuk ke lubang hitam, dan ketika terlihat bentuk bintang tersebut habis lalu berubah menjadi tipe bintang katai putih.

Bintang katai putih yang tertarik lubang hitam tidak dapat pergi lagi, dan perlahan akan tertarik masuk.

Melihat besaranya semburan X-Ray, kita dapat memahami apa yang terjadi disana.
Suar yang tampak dihasilkan adanya tranfer massa ke lubang hitam.
Dengan asumsi disana memang ada sebuah bintang yang terus dilucuti oleh lubang hitam. Ukuran bintang katai putih tersebut diperkirakan sudah susut menjadi 21% dari massa matahari. Tetapi masih menyisakan gas helium sebagai pembentuk bintang, gas hidrogen yang dahulunya membentuk bintang sangat besar sudah habis tertarik.

Bagaimana nasib bintang katai putih tersebut, apakah akan dihancurkan dan ditelan oleh lubang hitam selamanya.
Peneliti banyak menemukan bintang yang dihancurkan oleh Black Hole, dan mereka tidak pernah kembali lagi.
Tapi hanya sedikit kasus yang ditemukan, bila bintang mampu bertahan dari kekuatan gravitasi Black Hole.

Peneliti mengatakan, bintang katai putih tersebut sementara tetap berada di tempatnya.
Tapi terus menerus akan dikupas isinya oleh lubang hitam selama miliaran tahun kedepan.
Karena keseimbangan yang tepat, kepadatan bintang tersebut akan berkurang. Lalu mengecil seukuran bumi, dan terus mengecil seperti massa planet.
Ketika massa bintang menjadi lebih ringan, orbit bintang akan lebih melingkar dan bintang tersebut mungkin akan selamat.
Kapan, sekitar 1 triliun lagi setelah massa bintang sudah turun seukuran massa planet Jupiter.

Data Nasa
Data Chandra X-Ray
Data ESA




Berita terkait
Quasar J0313-1806 memecahkan rekor lubang hitam tertua dan terjauh. Mengalahkan rekor sebelumnya yang 20 juta tahun lebih mudah. Para astronom tidak tahu mengapa lubang hitam tersebut dapat terbentuk. Hipotesa sementara akibat gas hidrogen yang super masif sudah terbentuk dan membuat lubang hitam raksasa hadir lebih dulu.

Galaksi XMM-2599 disebut sebagai monster galaksi. Ketika alam semesta baru kurang dari 1 miliar tahun. Disana terus membentuk bintang baru yang sangat cepat. Mencapai 1000 bintang pertahun. Masalahnya kemana galaksi tersebut sekarang, terhintung waktu saat ini adalah 13,8 miliar tahun setelah big bang



Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.

Sebuah galaksi yang bergabung, terditeksi ada 2 inti dari galaksi SDSS J1010 + 1413 yaitu 2 lubang hitam supermasif. Kedua lubang hitam yang sudah masuk menjadi satu dan perlahan saling mendekat. Terditeksi oleh teleskop Hubble dan memperlihatkan ada 2 cahaya biru. Peneliti mengatakan kedua lubang hitam akan saling mengitari. Kapan tabarakan akan terjadi, tidak tahu. Apa yang akan terjadi, disana akan terjadi riak gelombang gravitasi sangat kuat.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole




No popular articles found.