Pesawat ruang angkasa tiba di Mars Februari 2021 Perseverance Tianwen-1 Al-Amal


Shortstory | 1 February 2021


Bulan Juli 2020 lalu adalah waktu terbaik mengambil posisi orbit di planet Mars ke Bumi. 3 misi meninggalkan bumi milik UAE, China dan Nasa.

Nasa mengirim rover baru Perseverance, China mengirim misi Tianweb-1 dan Uni Emirat Arab mengirim Hope / Al Amal.

Ketiganya pada Februari 2021 yang dikirim untuk misi Mars sudah tiba di sekitar orbit Mars.

Nasa mengirim rover ke permukaan planet Mars dengan Rover Perseverance. Sebuah robot penjelajah baru, lebih canggih dari Curiosity.
Akan tiba pada 18 Februari 2021, bahkan rencananya dapat disiarkan secara online ke Bumi.

2 misi lain Tianwen-1 dan Hope / Al Amal, kedua pesawat ruang angkasa akan melakukan manuver orbit di Mars - Mars Orbital Insertion / MOI hampir bersamaan. Antara tanggal 9 Februari dan 10 Februari 2021.

Hope milik UAE akan tetap di atas planet Mars, menganalisa atmofer. planet

Tianwen-1 mencoba menurunkan 1 probe atau 1 pendarat penjelajah yang dijadwalkan diturunkan Mei 2021.

Mars dan Bumi akan berbaris sedemikian rupa setiap 26 bulan, sehingga badan antariksa memanfaatkan waktu tersebut atau dikenal dengan Orbit Tranfer Hohmann sebagai jarak paling tepat pengiriman misi.

Tranfer orbit seperti itu memerlukan bahan bakar lebih sedikit kata James Odonoghue ilmuwan planet Jaxa Jepang yang diucapkan 2020 lalu.
Seperti memberikan bola ke seorang striker, pesawat hanya perlu diarahkan kemana arah pergi.



Tidak heran 3 negara mengirim pesawat ruang angkasa hampir bersamaan di bulan yang sama tahun 2020.
Perseverance berangkat 30 Juli 2020
Tianwen-1 berangkat 22 Juli 2020 dari Wenchang di pulau Hainan
Hope atau Al-Amal dikirim 19 Juli 2020 mengunakan peluncuran Tanegashima Space Center Jepang.

3 misi Mars tiba Februari 2021

Dari 3 misi, hanya misi ruang angkasa Tianwen-1 yang misterius. Karena badan antariksa China tidak memberikan informasi apa yang akan dilakukan di planet Mars. Yang pasti satu probe akan diturunkan yang dibawa oleh modul pendarat.

Perseverance Nasa langsung diturunkan bersama modul pendarat tapi sebelum menyentuh permukaan Mars. Rover langsung mendarat dengan roda. Melakukan penjelajahan seperti rover sebelumnya Curiosity.

Perjalanan ketiga misi tersebut menempuh 480 juta km dari Bumi dan memakan waktu 7 bulan.

Nasa memiliki pengalaman sangat baik untuk mengirim rover ukuran besar di planet Mars.
Bukan berarti misi akan 100% berhasil, mendaratkan apa saja ke permukaan planet Mars adalah hal yang sulit.
Walau Nasa sudah berhasil dengan rover Curiosity atau probe InSight yang masih bekerja di Mars.
Tetapi semua tidak ada jaminan berhasil turun dan mendarat dengan baik.

Pengalaman modul Schiaparelli milik badan antariksa Eropa / ESA di kirim ke planet Mars gagal mendarat, karena sistem parasut terlalu cepat dilepas dan modul jatuh membentur permukaan tanah Mars.

Pesawat yang membawa modul masih berada di ketinggian 3700 meter, tapi sudah mengaktifkan sistem pendarat otomatis.
Masalah salah perhitungan navigasi yang menghasilkan nilai ketinggian negatif akhirnya memicu sistem pendarat sebelum waktunya.

Nasa kali ini mengirim Perseverance, tantangannya adalah bobot robot yang berat mencapai 1 ton, lebih berat dari Curiosity dengan bobot 899kg.
Perseverance adalah penjelajah paling rumit yang pernah dibuat.
Nasa akan merekam proses pendaratan baik kamera dan mikrofon dari posisi orbit, dilepas, turun dan mendarat. Manusia akan mendengarkan pertama kali suara landing di planet itu.
Walau prosesnya nanti tidak mungkin ditonton seluruhnya. Untuk rover Perseverance dapat dilihat via Web Perseverance



Berita terkait
Helikopter Ingenuity diuji coba terbang di planet Mars. Tonggak sejarah antariksa benda melayang di dunia lain. Planet berbeda, atmofer berbeda, aturan berbeda. Kerapatan atmofer planet Mars hanya 1% dari Bumi, suhu sangat dingin, dan partikel energi tinggi dapat menabrak permukaan planet memungkinkan merusak instrumen.

Sekarang kita dapat mengetahui laporan cuaca di planet Mars, termasuk ada 100 gempa lebih disana. Nasa JPL membuat data suhu di planet Mars setiap hari. Nasa mengirim probe Insight ke planet Mars, untuk mencari data di bawah permukaan tanah tapi gagal



Rover Curiosity mengambil foto selfie di planet Mars Oktober 2020. Robot terlihat sudah berdebu terkena material. Bagian roda robot terlihat berlubang. Sejak pertama mendarat 6 Agustus 2012. Masih bekerja untuk misi selanjutnya untuk menjelajah di permukaan gunung Sharp planet Mars

Astronom modern tidak hanya melihat objek dengan pengamatan teleskop optik. Tahun 2020 tepat 75 tahun dari teleskop radio Jodrell Bank. Merubah pengamatan benda di ruang angkasa tidak hanya mengandalkan teleskop optik. Tapi menangkap sinyal radio dari objek yang diamati.

Dimana tempat paling sepi di bumi. Bahkan manusia amat sangat jarang tinggal disana. Masih ada bahkan separuh bumi relatif masih kodong. Hanya saja daerah tersebut ada di wilayah gurun dan tundra serta wilayah iklim dingin. Indonesia hanya tersisa di Kalimantan dan Irian Jaya

Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars, 15 tahun berlalu robot tersebut ada disana. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa mendapat kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. Setelah beberapa bulan tidak mengirim sinyal. Panel surya tertutup debu, membuat robot kehabisan power pada baterai. Kemungkinan tidak dapat bekerja lagi.




No popular articles found.