Teknologi kabel optik PON Passive Optical Network 100Gbit perdetik


Technology | 3 February 2021


Kecepatan internet modern mengunakan serat optik.
Diawali jaringan kabel serat optik bawah laut untuk mengantikan jaringan satelit.
Masuknya modem dengan teknologi serat optik yang lebih cepat, tidak dipengaruhi cuaca seperti kabel coax.

Kecepatan Passive Optical Network PON atau kita kenal dengan modem GPON tidak secepat yang kita bayangkan.

Rata rata hanya mencapai 1Gbit atau 2Gbit, tetapi teknologi saat ini memungkinkan koneksi 10Gbit/s dengan serat optik.

Perusahaan telekomunikasi Vodafone dan Nokia masih melakukan test generasi terbaru Passive Optical Network.

Nokia sementara menargetkan peningkatan kecepatan sampai 25Gbit/s untuk awal implementasi.
Kedepan diharapkan mencapai 100Gbit/s, setara 10x kecepatan fiber optik tercepat melalui jaringan kabel serat optik.

Test mengunakan fasilitas perusahaan Verizon di Eschborn Hesse. Secara teknik sudah dilakukan uji coba sampai 100Gbit dengan satu serat kabel optik.

Untuk apa kecepatan 100Gbit perdetik. Sementara computer saat ini tidak mampu menampung data secepat itu.
Kecepatan SSD NVMe storage saja baru mencapai 7GB/s atau setara 70Gbit perdetik. Belum lagi kecepatan port yang masuk ke computer melalui modem.
Tentu saja tidak seperti itu, karena teknologi tersebut nanti digunakan secara bersamaan.

PON 100Gbit Nokia Verizon



Banyak rencana untuk koneksi kecepatan tinggi. Salah satunya aplikasi holografik 3D untuk menghubungkan orang ke tempat lain.
Dengan resolusi 8K, memang dibutuhkan kecepatan tranfer sangat besar.
Aplikasi lain seperti medis, edukasi, sampai industri dan usaha retail mungkin membutuhkan teknologi baru dengan kecepatan tranfer data sangat tinggi.

Perusahaan Vodafone telah mengunakan koneksi 10Gbit PON yang disebut Next Generation Network / NGN. Dan beberapa aplikasi sudah mengunakan kecepatan 100Gbit PON.
Kapan teknologi modem fiber optik mendapat teknologi kecepatan tinggi dapat tampil.
Masih jauh, operator jaringan dan Nokia saja baru berencana mengimplementasikan sampai 2030 nanti.

Seperti apa kecepatan 100Gbit perdetik. Kira kira nonton 4000 film 4K atau UHD secara simultan tanpa buffer kata Vodafone.

Berita terkait
Snapdragon 775 model smartphone kelas menengah. Qualcomm Snapdragon 888 mengunakan arsitek Cortex A78 akan tampil bersama beberapa produsen smartphone. Snapdragon 870 5G mengantikan procesor Snapdragon 865 dengan Cortex A77. Procesor Snapdragon 480 kelas budget

Mengunakan roket biasa untuk perjalanan ruang angkasa, sukar dilakukan. Tabung besar untuk tangki bahan bakar, belum tentu cukup untuk perjalanan yang cukup lama. Nasa mengatakan emDrive. Peneliti California mengatakan gas Metana lebih baik



Tahun 2020 disiapkan H.266 VVC dan EVC potensi memperkecl videop 4K dan 8K. Format video saat ini masih mengunakan H.264 sebagai kompresi video paling efisien. Tahun 2018 tampil format codec video AV1. Format AV1 gratis diterukan dengan VIF, dan dapat digunakan siapa saja. Format video H.265 diumukan tahun 2013 tapi baru di tahun 2019 mulai digunakan smartphone.

Kabel ethernet umum digunakan di jaringan LAN. Berkembang teknologi WIFI, kabel Ethernet tetap dibutuhkan. Khususnya untuk jaringan kantor sampai rumah. Kecepatan tranfer dari computer ke HUB atau dari HUB ke HUB WIFI Router dan lainnya lebih stabil dibanding WIFI. Apa yang berbeda dari kabel Ethernet.

LPDDR5 untuk RAM smartphone tampil tahun 2020, mengapa dibutuhkan RAM model baru. Double speed, serta storage UFS 3.1. Saat ini Samsung memproduksi. UFS 3 lanjutan dari UFS 2 untuk storage smartphone. Dikembangkan lebih universal kecepatan tranfer dari 1,2GB/s UFS 2.0 menjadi 1,45GB/s di USF 3.0. Februari 2019, Toshiba telah menyiapkan memory NAND UFS 3.0

Toshiba UFS 2.1 kapasitas 256GB BiCS3 Flash. Membutuhkan waktu cukup lama, Toshiba kembali mengumumkan teknologi memory UFS 2.1. Tahun 2019, Samsung siapkan eUFS 2.1, smartphone memiliki 1TB Storage. Galaxy S10 akan mengunakan storage terbesar dengan kecepatan tranfer 1GB perdetik

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.




No popular articles found.