Merek Anker dari Asia kualitas pasar dunia dengan inovasi bukan lagi Powerbank


News | 21 February 2021


Steven mantan insinyur perangkat lunak Google, dia berhasil mencapai penjualan aksesori digital mulai dari powerbank, kabel, dan berbagai gadget teknologi lainnya.
Steven mendirikan Anker tahun 2011, nama baru di pasar internasional.

Tapi telah mencapai nama kelas dunia, dan terus berkembang di luar negeri. Walau ketika awal perusahaan, nama Anker bukan nama besar di pasar China sendiri.

Produk Anker masih kalah populer di negaranya sendiri. Karena pendapatan mereka ternyata dihasilkan dari penjualan ke luar neger.
Sekitar 90% penjualan ada di kelas dunia, bukan di China.

Anker menjadi merek paling terkenal untuk produk powerbank di toko online Amazon.

Sebagai nama yang baru genap 10 tahun, Anker tercatat menduduki rangking 11, dari 50 merek asal China pada tahun 2020 lalu.
Melewati kekuatan nama Tencent, DJI bahkan Oppo untuk nama pasar global.

Steven awalnya membuat produk aksesoris dengan harga terjangkau tahun 2011.
Setelah di berhenti dari Google, lalu mencari pengalaman baru untuk membuka usaha.

Nama Anker sebenarnya tidak sengaja dibuat. Ketika dia membeli baterai notebook untuk istrinya.
Dia mencari barang di Amazon, tapi tidak menemukan baterai baru dari pihak ketiga (OEM battery) yang layak atau dapat dipercaya.
Yang membuat dirinya kesal, ketika harus membayar biaya ekstra untuk barang yang tidak perlu ketika membeli baterai notebook.



Steven mulai mencari pemasok dari China yang memproduksi barang berkualitas baik.
Lalu dia mulai menjual di Alibaba store dengan harga $40-50.

Steven mencari beberapa rekan lamanya, dan mengungkap keinginan membuat powerbank berkualitas.
Termasuk beberapa model kabel USB dan dijual ke pasar global Amazon. Bersama rekan rekannya, mereka mengumpulkan tabungan lalu membuat usaha baru.

Mengapa dia ingin menawarkan produk lebih baik di pasar global.
Ketika kabel original Apple ternyata tidak sesuai dengan harga premium yang ditawarkan.
Baterai smartphone Apple juga sering habis walau disebut sebagai produk dengan baterai tahan seharian.
Membuat Anker melihat peluang menawarkan tambahan perangkat untuk kebutuhan gadget.

Kesempatan terbesar datang di tahun 2015.
Apple tidak lagi mengunakan jack port headphone 3,5mm di smartphone iPhone 7.
Anker dengan cepat membuat kabel adaptor kecil untuk membantu konsumen menyesuaikan kebutuhan mereka sekaligus dapat berhemat.
Karena adaptor dari Apple sendiri dijual sangat mahal.

Powerbank juga menjadi masalah. Penguna smartphone sering mendapatkan pengisian baterai yang lambat, dan kabel USB yang putus /  rusak.
Disana Anker menawarkan produk berkualitas tapi harga lebih murah. Bahkan disebut sangat kuat.

Ketika Steve kembali ke China setelah melihat beberapa peluang.
Ketika dia memulai, tantangan adalah pabrik di dalam negeri sendiri.
Banyak pabrik di China, tidak tertarik meningkatkan kualitas produk karena ingin menjual barang murah.
Dia membangun pusat penelitian produk pertama di Shenzhen, tidak hanya membuat disain yang baik tapi menjaga kualitas untuk produk Anker.

1 tahun berdiri, usahanya sudah untung. Terpenting namanya diakui oleh pelanggan di Amazon " harga wajar - kualitas baik "

Puncak yang pernah dicapai tahun 2014, Anker menciptakan powerbank stik (seperti lipstik).
Produk dengan satu baterai yang kecil tersebut juga mencapai tingkat popularitas di kalangan wanita. Bahkan mengalahkan beberapa nama produk Powerbank lain selama 3 tahun berturut-turut.

Produk semakin banyak dibuat oleh Anker, dari headphone, speaker, dan perangkat untuk rumah pintar. Dan bukan powerbank yang mendominasi produk utama.



Gagasan dibalik perluasan beberapa model produk, Anker tidak hanya fokus di powerbank seperti diawal nama mereka berdiri.
Karena kecepatan pesaing, teknologi juga mempengaruhi. Sementara smartphone sudah tampil dengan kapasitas baterai besar, yang mungkin tidak membutuhkan powerbank lagi.

Produk Anker

Anker sekarang tidak dikenal sebagai kabel USB dan powerbank.
Merek Eufy yang menjual robot penyedot debu, lampu meja, timbangan di rumah.
Merek Nebula untuk proyektor portabel kapsul.
Roav perangkat kendaran Dashcam, kabel jumper dan lainnya.

Daftar nama dari anak perusahaan Anker
    Soundcore
    Eufy
    Nebula
    Roav
    Bolder

Tahun 2019 lalu, penjualan Anker mulai bergeser.
Sekitar 30% pendapatan dari penjualan perangkat powerbank dan aksesoris smartphone, tapi yang lain dari produk diluar smartphone seperti perangkat rumah tangga.
Hanya 10% saja dari penjualan unit Powerbank sebagai bisnis awal Anker.

Nama Anker hanya untuk perangkat elektronik bagi smartphone. Tapi pertumbuhan kedepan, Steven berharap Anker bukan dikenal sebagai produsen powerbank saja.

Steven ingin mengembangkan banyak produk lain. Seperti Xiaomi yang mengandalkan penelitian dan pengembangan produknya sendiri. Dan menawarkan banyak produk lain selain smartphone.

Seperti Xiaomi mengambil produksi perusahaan lain, dan mengambil beberapa pengusaha / pabrik yang ingin memiliki kebebasan untuk berinovasi.
Tentu saja mereka akan di dukung nama Xiaomi.

Sementara Anker berhasil mendapatkan penjualan dari pembeli dari luar negeri.
Tujuan utama Anker bukan mencari keuntungan dari penjualan di pasar global, tapi menjadi perusahaan di pasar global yang inovatif.

Ketika nama Made In China tidak harus dibuat di China.
Tapi dikembangkan dengan banyak inovasi dan talenta dari seluruh dunia.
Itulah cara membuat produk kelas dunia kata Steven.

Mereka yang mengunakan produk Anker dan bekerja dengan baik bertahun tahun. Mungkin mereka telah membeli sebuah produk dengan kualitas yang baik.

+ Anker
+ Anker Indonesia
+ Anker Online Toped

Berita terkait
Amazon mengoperasikan 82 pesawat sampai tahun 2021 untuk kargo sendiri. Memangkas biaya pengiriman dari perusahaan kurir nasional di Amerika.Tahun 2016, Amazon memiliki 40 pesawat untuk layanan Prime Air. Layanan tersebut untuk pesanan sampai 2 hari ke seluruh Amerika. Apa yang baik dan hilang dari pengiriman pesawat Amazon

Beberapa teknologi, layanan akhirnya mundur di tahun 2015. Termasuk smartphone Amazon, Windows media center, sampai baterai penganti yang tidak lagi dilirik oleh penguna. Siapa yang membutuhkan baterai backup. Jaringan 4G tidak lama pindah lagi akan ke 5G. Plasma TV yang boros power sudah lenyap.



Radio FM, siapa yang tidak suka. Ketika jayanya menjadi frekuensi dengan musik stereo. Frekuensi AM tidak dapat mengirim suara stereo, hanya FM yang paling diandalkan. Tapi ketenaran frekuensi FM akhirnya memudar. orwegia menjadi negara pertama yang menghapus siaran radio FM

Mungkin sedang tren headphone, salah satu produsen barang fashion Chanel mengeluarkan headphone yang dipatok seharga separuh kendaraan. Yang ini harganya $8644 satu unit, apa canggihnya.

Sebuah produk yang dibuat di dalam negeri akan lebih murah sampai separuh

Kecepatan, dan fleksibel menjadi pilihan Apple memproduksi diluar Amerika. Apple mempekerjakan sekitar 43 ribu karyawan di Amerika, 20 ribu diluar negeri. Angka tersebut lebih kecil dibanding karyawan General Motor dengan 400 ribu orang pada tahun 1980an.




No popular articles found.