AMD chipset 500 USB Disconnect membuat mouse keyboard storage terputus


Shortstory | 22 February 2021


Chipset motherboard AMD memiliki masalah dengan USB. Port atau perangkat yang terhubung ke USB port mendadak Disconnect.

Kadang USB sering berhenti dan tersambung kembali. Durasi dalam 5-10 detik kadang lebih.

Masalah tersebut membuat koneksi mouse keyboard sampai ekternal drive mendadak berhenti sesaat.

Board dengan chipset AMD B550 dan X570, keduanya dilaporkan penguna dengan masalah koneksi USB port.

Misalnya USB port terhubung ke perangkat dengan load besar.
Sebagai contoh port USB mulai bermasalah ketika terjadi Load di CPU atau GPU.
Ada yang mengatakan , turunkan PCIe 4 ke 3.
Tip lain, setting BIOS. Disable C-State
Masalah dengan VR Oculus

AMD chipset 500 USB Disconnect

AMD meminta dukungan dari penguna melaporkan detil masalah dari kedua chipset.

Produk yang terkena dampak mungkin saja bukan dari produsen motherboard, tapi terjadi di model motherboard chipset AMD sendiri. Atau dari disain pabrikan motherboard tertentu.



User Reddit membuat solusi dengan menonaktifkan USB power saving di OS Windows, atau tetap mempertahankan sistem OS Windows bekerja dengan High Performance Mode.

AMD is aware of reports that a small number of users are experiencing intermittent USB connectivity issues reported on 500 Series chipsets. We have been analyzing the root cause and at this time, we would like to request the community’s assistance with a small selection of additional hardware configurations. Over the next few days, some r/Amd users may be contacted directly by an AMD representative (u/AMDOfficial) via Reddit’s PM system with a request for more information.

This request may include detailed hardware configurations, steps to reproduce the issue, specific logs, and other system information pertinent to verifying our development efforts. We will provide an update when we have more details to share. Customers facing issues are always encouraged to raise an Online Service Request with AMD customer support; this enables us to find correlations and compare notes across support claims.

AMD dikabarkan akan memperbaiki BIOS AGESA untuk koreksi dari sistem USB yang sering putus sambung tersebut.

Laporan yang diterima terlihat berdampak di sebagian kecil user penguna procesor dan motherboard AMD.
Laporan muncul sejak Desember 2020 lalu.
Perangkat USB mendadak Unplug. Berita muncul dari penguna motherboard Gigabyte B550 dan X570.

Penguna yang terkena masalah USB Unplug dapat menghubungi AMD

Berita terkait
AMD menyiapkan procesor baru seri Ryzen 5000 untuk computer desktop. 2 varian Ryzen 5 dan Ryzen 3 akan lebih hemat power, tapi tidak mengunakan akhiran X. Ryzen 7 dan Ryzen 9 tersedia sampai 16 core dan kecepatan boost 4,9Ghz.

AMD memberikan data Chipset AMD X570 dan Chipset AMD B550. Untuk motherboard procesor Ryzen 5000 dan kompatibel dengan Ryzen 3000. Memanfaatkan PCIe 4.0 dari procesor tapi bukan dari chipset AMD. Chipset AMD X470 dan B450 tetap kompatibel dengan Ryzen 4000 via upgrade BIOS



Entah siapa yang membutuhkan kalkulasi dari kekuatan procesor. AMD Threadripper memiliki kemampuan dari 24 core sampai 64 core. Ryzen Threadripper 3990x 64c 3970X 32c 3960x 24c seluruhnya tidak murah. Model pertama tampil November 2019, tahun 2020 siap tampil 2 dengan core terbanyak

Siapa yang membutuhkan M.2 adaptor. Mereka yang memiliki motherboard baru, tapi hanya menyediakan 1 slot M.2 slot. Dapat menambah dengan card untuk memasang M.2 modul lain. Atau penguna computer model lama yang tidak ingin mengupgrade ke motherboard baru. Dapat memiliki slot M.2 modul.

Cougar Glass Clad Panzer-G case mid tower mengunakan panel kaca transparan. Selain sisi depan, dari samping terdapat jendela case transparan untuk melihat komponen. 6 storage, VGA maksimum 40cm, dan radiator watercooler dapat masuk di dalamnya.

Berapa lama anda menganti computer baru. 3 tahun, 5 tahun atau 10 tahun. Yang ini lebih dari 15 atau 25 tahun dan ada yang masih berjalan sampai hari ini. Satu computer Stratus Server masih jalan, walau pabriknya sudah tamat




No popular articles found.