VGA fan blower menghilang ada apa dengan disain GPU baru


Shortstory | 2 March 2021

Nvidia dan AMD beralih dari sistem fan disain blower ke pendingin kipas atau fan aksial untuk kartu VGA referensi dalam beberapa tahun terakhir.

Desain fan aksial yang berdiri diatas board, menawarkan kinerja pendinginan yang lebih baik serta tingkat kebisingan yang lebih rendah untuk kontrol single GPU.

Tetapi sistem pendingin disain blower tetap populer di workstation GeForce karena dapat menyelesaikan beberapa hal.
VGA dengan fan blower dibuat kompak, satu computer dapat dipasang sampai 4 VGA.
Sistem blower membantu pendingin udara di dalam case, dengan sistem pembuangan udara langsung di belakang port VGA

Nvidia dengan mitranya seperti Asus dan MSI merilis edisi GeForce RTX 3090 disain pendingin blower untuk memenuhi kebutuhan profesional.
Hanya ada satu masalah: semua kartu blower RTX 3090 perlahan menghilang. Yup satu satu model tersebut mulai tidak tampak lagi di daftar VGA.

Beberapa produk VGA kelas high end, setidaknya beberapa model menghilang di daftar website pabrikan VGA.
Emtek GeForce RTX 3090 24GB Blower Edition
Asus GeForce RTX 3090 24GB Turbo
Galax GeForce RTX 3090 24GB Classic
Gigabyte GeForce RTX 3090 24GB Turbo
MSI GeForce RTX 3090 24GB Aero

VGA Fan Blower



Setidaknya 5 model VGA tersebut sudah tidak ditawarkan oleh pabrikan VGA.

Ada kemungkinan, disain heatsink dengan fan blower akan berpindah tempat. Kemana ?
Kabar Nvidia akan memisahkan antara GPU Gaming dengan GPU Mining.
Nvidia merilis GPU Nvidia CMP HX akan mengunakan semua model fan blower.
Dengan ukuran lebih kecil dan praktis, penambang dapat memasang lebih banyak VGA di satu computer.

Seandainya spekulasi tersebut benar, dan pemindahan fan blower tidak lagi digunakan untuk VGA Gaming yang katanya lebih berisik.
Apa manfaat sistem fan blower untuk mining.
Pendingin blower akan membuang panas langsung ke arah belakang VGA. Itu yang disukai oleh computer workstation.
Dibanding sistem fan, hanya mendinginkan heatsink, tapi udara panas akan tetap berada di sekitar VGA. Perlu merancang khusus atau mengunakan case khusus dengan lebih banyak aliran udara masuk dan keluar.

Masalahnya bagi konten kreator dan kelas prosumer yang membutuhkan computer kelas Workstation..
Mereka yang bekerja dengan VGA high end masih membutuhkan sistem pendingin yang kuat.
Seperti editing film, rendering, animasi dimana kemampuan VGA memiliki prioritas tertinggi untuk pengolahan software mereka.
Satu lagi yang penting teknologi AI juga membutuhkan proses GPU yang intens

Bila jumlah VGA hanya diandalkan 1 atau 2 unit, maka proses pengerjaan juga sangat lama, bahkan mencapai waktu beberapa jam untuk menyelesaikan satu proses editing yang besar.

Untuk computer editing hanya mendapatkan VGA sistem fan untuk computer mereka, dan harus merancang ulang sistem pendingin lebih baik.



Gigabyte pernah memberi penjelasan, mengapa sistem fan blower lebih baik walau tetap saja berisik.
Selain sistem fan flower dapat membantu pendingin udara di dalam computer, memudahkan penguna dapat menambah 1 VGA atau lebih untuk computer untuk menambah kekuatan proses computer mereka.

Bayangkan sebuah computer misalnya rancangan dari Puget butik PC.
Harus berurusan dengan 1 VGA dengan kekuatan 350W. Bahkan dapat dipasang 4 atau total kekuatan power 1400W.
Dengan kebutuhan 2 kali power kompresor ukuran AC 1 PK, udara panas di dalam ukuran case kecil harus dikeluarkan secepatnya.

Dengan sistem fan, 2 VGA RTX 3090 di dalam case harus mengirim panas dari GPU sendiri dan berputar di ruangan case computer.

Bila VGA high end dengan pendingin blower benar benar menghilang. Akan membuat masalah baru bagi penguna computer kelas berat diluar PC gaming.

Tentu saja Nvidia masih happy, karena mereka memiliki VGA khusus seperti Quadro untuk pengoperasian computer bisnis.
Berbalik bagi pembeli, harga Quadro tidak murah karena hardware yang dipasangkan lebih tinggi. Satu Quadro RTX A6000 saja yang mirip seperti RTX 3090 ditawarkan $4.650. Dengan RTX3090 jauh lebih murah $1.500.

Urusan GPU mining memang membuat masalah bagi kita semua. GPU kelas menengah dan high end habis digunakan untuk mereka, pengunaan power listrik yang sangat besar. Sekarang urusan fan juga membuat masalah baru.

Berita terkait
Butuh waktu Intel menyelesaikan GPU Intel Alchemist atau sebelumnya disebut Intel Xe. GPU Intel seperti disain GPU AMD dan Nvidia. Termasuk RayTracing dan fitur kalkulasi unit XMX. Intel akan memesan ke pabrik TSMC dengan teknologi 6nm. Perkiraan Intel Arc tampil 3 varian dengan 3 model dari versi pemula sampai high end.

GeForce GTX 1650 Ultra Juni 2020 tampil dari produsen VGA Galax. GTX 1660 Super vs GTX 1660 hanya beda $10 berbeda GDDR5 dan GDDR6 disain board. GTX 1650 Low Profile VGA ukuran kecil tanpa DisplayPort. Termasuk GPU untuk laptop GTX 1660 Ti dan GTX 1660 notebook lebih murah.



April 2020, procesor Intel juga dipalsu, bahkan dijual dengan harga tinggi. VGA Nvidia seri high end GTX masih ramai dijual tapi produknya mungkin palsu. Penjual sepertinya tidak peduli aturan di toko online.Beberapa model VGA GTX 1060 ditawarkan oleh 8 penjual. VGA Palsu GTX 1050 mengunakan disain yang sama, harga sangat murah hanya $56-80 euro, aslinya 200 euro.

Bagi penguna computer, bila tertarik membeli perangkat tambahan, dapat melihat saran ini. Persediaan DRAM, SSD, baterai dan LCD terkait dengan naiknya harga computer dan notebook. Gionfranco dari Lenovo, kenaikan harga computer tidak bisa dihindari.




No popular articles found.