Smartphone palsu Samsung Huawei mirip tapi berbeda


Shortstory | 16 March 2021

Membeli barang online dari luar negeri hanya mengandalkan gambar visual.

Kasus kemarin smartphone rekondisi yang ramai di Indonesia sudah terungkap.
Sekarang di online, toko online dari luar negeri sedang membanjir smartphone palsu merek ternama dari Huawei, Samsung, Vivo, iPhone

Karena pembeli online hanya melihat gambar sekilas, mungkin sulit mengira bila produk yang mereka anggap si asli ternyata palsu alias mirip

2021 Maret
Data Antutu, beberapa penguna smartphone yang membeli HP palsu terditeksi di catatan benchmark Antutu
Dari periode Maret 2020 - Februar 2021, tercatat 672.303 kali perangkat palsu melakukan pengujian. Jumlahnya mencapai 4,24% dari total data Antutu.

Model smartphone yang dipalsu mulai menempelkan fitur 5G. Kenyataannya tidak mendukung jaringan 5G.
Procesor yang dipakai model lama Helio P23, MT6735, MT6737, dan lainnya yang masih mengunakan jaringan 4G.

Data merek smartphone yang dipalsukan dari merek Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, Honor, dan OPPO paling banyak sebagai merek favorit.

Huawei P10, model smartphone canggih terditeksi dipalsukan mencapai 66 ribu unit. Terbesar dari semua unit model smartphone. Itupun baru cacatan dari database Antutu.
iPhone X hanya mencapai 16.495 unit berada di posisi kedua.
Huawei P40 salah satu smartphone premium, disain awal sudah habis terjual. Membuat pembuat produk palsu ikut menjual smartphone palsu. Jumlahnya mencapai 3113 unit.
Merek lain yang dipalsukan dari Galaxy S9+, Note10+, Note 9, Galasy S9, W2019, Vivo X23, Vivo X27.



2020 Desember
iPhone palsu, bentuknya sangat identik. Seorang karyawan membeli iPhone palsu $1.600.
Ceritanya si Hassan di Ontario Kanada menganti iPhone 6 ke iPhone 12 Pro Max. Pria 39 tahun tersebut lulusan ilmu komputer dan bekerja di IT untuk Shopify.
Dia menemukan iklan akhirnya disepakati seharga itu. Lalu bertemu pada 3 Desember 2020.
Kotak, kemasan sangat bagus. Tapi dia tidak dapat memeriksa iPhone palsu karena baterainya habis. Lalu diperiksa nomor seri di website Apple dan muncul keterangan mendapat dukungan. Lalu di tranfer untuk pembelian tersebut.

Setelah pulang dan dicoba, ada hal kecil yang menurut dia palsu. Ada icon Play Store di layar seperti dibawah ini jelas menjadi standar smartphone Android,  bukan Play Store milik Apple.

iPhone palsu


2020 Nopember
Pemerintah India dan Xiaomi bekerja sama untuk mengungkap pemalsuan produk Xiaomi.
Setidaknya perangkat Xiaomi palsu ditemukan senilai ribuan dollar

Selama Oktober - November 2020, pihak kepolisian juga melakukan pemeriksaan mendadak di pasar.
Termasuk pemeriksaan beberapa produk casing, earphone, powerbank, charger, Mi Band dan lainnya dari produk Xiaomi. Xiaomi mengatakan Charger dan Power Bank yang dipasarkan dapat merusak smartphone, dan Xiaomi tidak akan memberikan garansi perbaikan bila mengunakan produk palsu.
Dari 2 kota ditemukan produk palsu senilai $3.300 dan $1.135.



2020 Februari
Mengunakan nama berbeda seperti Kimtien tampil seperti Note 10+, mirip seperti nama Samsung Galaxy Note10+.

Siapa produsen Kimtien, tidak ada yang tahu. Tapi anda mencari nama Kimtien akan muncul banyak informasi tentang smartphone

Harga yang ditawarkan hanya 1/5 produk asli atau 20% saja dari harga resmi smartphone Samsung dan Huawei.

Mungkin kita mengira barang rekondisi, barang bekas. Pada kenyataannya di smartphone Kimtien mengunakan procesor media. Bukan Snapdragon 855 atau Exynos 9825, melainkan procesor Mediatek.
Dibilang palsu 100% juga tidak, tapi bentuknya dibuat mirip dan pembeli tidak melihat lebih lanjut dengan membandingkan ke produk smartphone asli.

Disain smartphone Huawei sekilas terlihat sama yaitu model Huawei Mate 30.

Terlihat banyak di beli oleh netter Rusia dan Brasil, kabar lain mungkin sedang masuk ke pasar Asia Tenggara.

Smartphone palsu Samsung Huawei ramai di Aliexpress

Berita terkait
Smartphone Xiaomi memberi peringatan bila baterai yang di pakai bukan asli. Prosedur lain, sistem smartphone akan memperlambat pengisian baterai dibanding pengisian baterai lebih cepat dengan baterai asli. Kode muncul di OS Xiaomi Mi Security 5.0 yang baru diberikan. Apa alasannya, sistem tersebut dipasang.

Situs web berbagi video kontroversi LiveLeak selesai, ditutup pada hari Rabu 5 Mei 2021 setelah 15 tahun. Disana menjadi tempat video bebas. LiveLeak sangat terbuka, tidak ada batas disana bahkan video dapat memancing emosi yang menonton.



Nama TV LCD tidak lagi terkait dengan merek Korea dan Jepang. 2-3 tahun lalu beberapa produsen smartphone mulai menawarkan produk baru dari TV, mesin cuci, kulkas, LCD monitor, AC, seperti nama besar produsen KOrea dan Jepang. Mengapa nama smartphone begitu mudah masuk ke pasar perangkat rumah tangga.

Ketika smartphone Android dan Blackberry tampil dengan harga memukau, pembeli antri. Posisi beberapa produsen masih mempertahankan gaya tersebut. Nyatanya dalam beberapa tahun pasar berubah. Penguna smartphone memilih menganti setelah 3 tahun dari sebelumnya 2 tahun. Bila ada yang beranggapan smartphone mahal adalah idola, lihat tren terbaru.

Ini dunia internet, dan semua di akses via online. Bagaimana dengan kompetisi foto kelas dunia. IPOTY- International Photographer of the Year 2017 kelihatannya bergengsi. Bayar untuk ikut kompetisi, dan tidak hanya satu website. Dicurigai ada website lain.

Beberapa layanan internet dan pengembangan produk di tahun 2016 cukup banyak yang gagal. Bukan produk baru, tapi produk ternama juga gagal dipasaran. Dari nama Nexus, Vine, Blackberry, Firefox OS akhirnya ditinggalkan atau ditutup.

Pasien yang sekarat membutuhkan peralatan ECMO, tapi mesin tersebut jaraknya 450km di rumah sakit terdekat. Tanpa mesin pendukung tersebut dipastikan pasien akan meninggal. Bagaimana tim medis mengirim peralatan medis dengan jet tempur, hanya 25 menit sampai




No popular articles found.