Galaksi NGC 2336 dengan lengan biru tapi di tengah berwarna kemerahan


Science | 27 March 2021

Gambar Hubble yang menakjubkan menunjukkan galaksi besar yang penuh dengan bintang biru. Galaksi NGC 2336 adalah the quintessential galaxy atau galaksi klasik.

Bayangkan sebuah galaksi yang terlintas dalam pikiran kita, galaksi yang besar terlihat seperti NGC 2336, dimana pusaran bintang yang berkilauan di lengan spiral. Tapi berwarna kuning atau kemerahan dibagian dalam.

Foto galaksi NGC 2336 diabadikan beberapa hari sebelum terjadi masalah di teleskop Hubble walau kembali bekerja setelah itu.
Galaksi NGC 2336 terletak 100 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Camelopardalis atau Jerapah.

Galaksi NGC 2336 adalah galaksi dengan pusat yang padat dengan bintang.
Tapi dibagian lengan yang keluar dari sisi pusaran galaksi di dominasi cahaya bintang berwana biru.

Galaksi NGC 2336 juga sangat besar, diperkirakan memiliki lebar 200 ribu tahun cahaya. Dibanding galaksi Bima Sakti sekitar 100 ribu tahun cahaya.

Cahaya bintang berwarna biru seperti berkedip di sepanjang lengan, membuat tampak indah.
Tetapi cahaya tersebut berasal dari bintang yang berusia muda, dengan ciri cahaya berwarna biru, ukuran bintang yang besar dan panas.
Di bagian tengah terdapat area lebih gelap atau cahaya lebih merah, diartikan disana lebih di dominasi bintang dengan usia lebih tua.

Galaksi NGC 2336 ditemukan oleh astronom Jerman Wilhelm Tempel pada tahun 1876. Mengunakan teleskop lebih kecil dengan ukuran cermin hanya 1/10 dibanding teleskop Hubble. + Nasa

Foto dari Nasa

Galaksi NGC 2336

Berita terkait
Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.



Supernova disebabkan dari ledakan bintang, antara ledakan dari bintang mati. Kedua dari gaya tarik bintang mati ke bintang yang masih menyala. Terjadinya supernova SN2017cbv disebabkan dengan teori kedua, tapi ledakan bintang lebih kecil yang menganggu bintang ukuran lebih besar

Dengan pembesaran alami, sebuah galaksi SGAS J111020.0+645950.8 dapat terlihat akibat lensa gravitasi. Cahaya yang ditangkap ini adalah cahaya 11 miliar tahun lalu. Galaksi tersebut terlihat baru melahirkan bintang baru.

Sebuah galaksi MACS 1423-z7p64 diumumkan10 April 2017. Menjadi galaksi terjauh dan terlihat seperti galaksi purba di awal pembentukan alam semesta. Galaksi MACS 1423-z7p64 ditemukan bukan melihat langsung dengan teleskop. Seperti terlihat pembesaran gravitasi lensa.

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.




No popular articles found.