Pendingin computer cairan 2 fase Microsoft


Technology | 7 April 2021

Microsoft mulai membenamkan servernya dalam cairan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi energinya

Rak server sekarang digunakan untuk ruang seperti cairan yang mengalir.
Proses teknologi imersi atau mencelupkan computer ke dalam cairan sudah lama ada.
Microsoft menyebut sebagai layanan Cloud pertama yang mengunakan sistem pendingin 2 fase.

Server microsoft dicelukan kedalam cairan yang tidak memiliki sifat konduktif atau tidak dapat menghantar listrik.
Cairan tersebut berbasis fluorokarbon berguna sehingga kontak ke komponen yang panas, cairan tersebut memiliki titik didih pada 50 deg.C.
Cairan yang panas dapat mengembun tapi kembali turun sebagai cairain kembali.
Sama seperti pendingin oli kendaraan, oli masuk ke dalam mesin, dan kembali di dinginkan keluar blok mesin. Perbedaan pada sistem pendingin ketika cairan menguap dan di dinginkan diatas atap bak server dan kembali mencair lalu kembali turun.

Disain rak pendingin cairan yang turun, seperti turunnya air hujan atau embun yang jatuh kembali dan mendingin.
Rak pendingin harus ditutup agar embun yang di dinginkan dapat membantu proses pendinginan cairan dibawahnya.

Untuk menciptakan pendingin sistem berputar diantara bak rak server, tidak diperlukan cairan untuk memindahkan dari satu bak ke bak lain atau ke tangki pendingin.
Jadi tidak perlu sebuah unit chiller yang berfungsi sebagai kondensor. Microsoft bekerja sama dengan perusahaan Wiwynn

Disain dasarnya sederhana, rak dijadikan seperti bak mandi kata Christian Belady, wakil pengembangan produk pusat data Microsoft

Rak server computer akan dimasukan ke dalam bak cairan, dan cairan akan terkena panas seperti dipanaskan dalam sebuah panci.


Sementara titik didih air mencapai 100 derajat, tapi cairan untuk pendingin CPU sudah menguap pada suhu 50 deg.C.

Srver blade from a two-phase immersion cooling tank

Sistem pendingin dengan bak cairan juga digunakan penambang Cyrptominer dalam beberapa tahun terakhir.
Metode tersebut juga menginspirasi Microsoft mencoba lebih dahulu, dalam beberapa tahun terakhir.
Ketika lonjakan permintaan sistem Cloud computer untuk storage dan beban kinerja server yang intensif seperti kebutuhan Machine Learning dan AI.
Setiap 2 tahun rancangan computer naik lebih cepat, tanpa menambah pemakaian power.
Teknologi kerapatan CPU sudah mencapai batas atom.
Tetapi kebutuhan kinerja CPU terus meningkat. Satu CPU di data center naik dari 150W ke 300W perchip. Bahkan satu computer dengan high end GPU dapa mencapai 700W.
Semakin besar kemampuan CPU atau GPU, semakin panas chip tersebut bekerja. Panas harus di dinginkan, dan diperlukan cooler atau pendingin lebih besar.
Sistem pendingin udara tidak akan cukup

Sebagian besar pendingin pusat data center saat ini yang dimiliki Microsoft masih mengunakan pendingin udara. Mengunakan udara luar memasok udara lebih dingin ke server dan menurunkan tingkat panas dibawah 35 deg.C.
Suhu dingin diambil dari pendingin kolam air, tapi prosesnya memerlukan banyak air.

, inspect the inside of a two-phase immersion cooling tank

Teknik cairan baru ini dapat mengurangi pengunaan air di pusat data center Microsoft.

Dengan cairan pendingin, tidak memerlukan ruang kosong antara computer server seperti sistem pendingin konvensional yang memerlukan aliran udara melintas di sistem pendingin angin.
Jadi perangkat server dapat dikemas lebih rapat atau dipadatkan.

Dalam uji coba masih akan ditingkatkan agar dapat digunakan di beberapa tempat data center.
Butuh waktu untuk penerapan sistem pendingin cairan di seluruh computer milik Microsoft

 a two-phase immersion cooling tank

Sebelumnya Microsoft mengunakan teknik dengan tabung, memasukan tabung server ke dalam air.
Dalam proyek Natick, server dimasukan ke air dan dibiarkan terus bekerja dengan bantuan pendingin air di luar tabung.



Project Natick adalah program Microsoft menenggelamkan seluruh pusat data ke dasar laut Skotlandia, memasukkan 864 server dan 27,6 petabyte storage ke dalam air. Eksperimen itu berhasil, dan Microsoft menyebut kerusakan hardware yang dipasang di bawah air memiliki 1/8 tingkat kegagalan dibanding perangkat di pusat data berbasis darat. Mengapa masih terjadi kerusakan.
Belady mengatakan, apa yang diperkirakan dengan pencelupan adalah tren yang sama, karena cairan menggantikan oksigen dan kelembapan, dan keduanya menciptakan korosi… itu adalah hal-hal yang menyebabkan kegagalan dalam sistem computer.

Sebagian dari pekerjaan ini juga terkait dengan janji lingkungan Microsoft dalam mengatasi kelangkaan air.
Perusahaan telah berkomitmen untuk mengisi lebih banyak air daripada yang digunakan untuk operasi globalnya Microsoft pada tahun 2030.
Termasuk menggunakan sistem pengumpulan air hujan di tempat di kantornya dan mengumpulkan kondensasi dari AC ke pabrik air.
Sementara Microsoft mengunakan hampir 8 juta meter kubik air dari sistem kota dan sumber lokal lainnya pada tahun 2019, angka sebelumnya lebih rendah di atas 7 juta pada tahun 2018.

Upaya Microsoft untuk mengatasi penggunaan airnya akan sangat menantang mengingat tren penggunaan air yang lebih banyak, tetapi proyek seperti perendaman dua fase pasti akan membantu jika diluncurkan secara lebih luas.
Tujuan kami adalah mencapai nol penggunaan air, kata Belady.

Berita terkait
Untuk pertama kali, para arkeolog telah memetakan sebuah kota Romawi kuno tanpa menggali menggunakan teknologi ground-penetrating radar (GPR). Teknik ini tidak akan merusak peninggalan yang diteliti, tetapi mengungkapkan detail 2D dan 3D. Lengkap sebuah kota kuno 241 sebelum Masehi

Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..



Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis

Brockmaan konsultan menjadi bagian dari tim proyek ESA Climate Change Initiative Land Cover. Tim ini mengumpulkan peta terbaru dari benua Afrika, tapi benar benar bersih dari awan. Dikumpulan dari 7000 foto, benua Afrika dibuat bersih terlihat jelas dari satelit ruang angkasa.

Computer termahal yang pernah dijual dalam sejarah. Dari computer untuk menghitung pendaratan Apollo, computer untuk kalkulator, sampai computer desktop performa pertama untuk konsumen dirumah. Tidak ada LCD, tidak ada Gigabyte Storage, walau masih ada teknologi terbaru dengan Harddisk kapasitas MB saja.

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron

Generasi baru procesor Intel seri Knights Landing adalah jenis procesor Xeon Phi untuk supercomputing chip. Procesor tersebut memiliki kemampuan 3TeraFlops dan menjadi procesor paling cepat nantinya.



McLaren mengembangkan kendaraan tanpa perlu windshield wiper untuk membersihkan kaca dari air hujan. McLaren mengunakan teknologi kaca pesawat jet tempur, dengan kaca yang tidak perlu dibersihkan dari air walau dalam kondisi hujan deras.

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar




No popular articles found.