Rumah dengan cat putih atau tanaman menahan panas


Green | 16 April 2021

Apa yang anda pilih agar rumah lebih sejuk dan dingin. Gunakan atap dengan warna putih, karena lebih efisien untuk memantulkan panas cahaya matahari. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau, maksudnya ditanam dengan rumput di atap.

Membuat cahaya putih di atap rumah atau gedung lebih efisien dibanding melapis cat warna gelap. Peneliti dari laboratorium Lawrence Berkeley National di California mempelajari bagaimana membuat suhu kota lebih dingin. Pendapat mereka, atap putih lebih unggul menolak panas. Suhu di bawah lapisan cat menjadi lebih dingin, dan tidak memboroskan listrik seperti pemakaian alat pendingin ruangan.

Sedangkan atap hijau dengan tanaman membuat pemilik rumah bisa menghemat tagihan listrik. Karena penguapan dari tanaman membuat pendinginan di sekitar atap bangunan. Sebaliknya ketika musim dingin, dapat membantu penyerapan panas karena warna tanaman lebih gelap. Masalah dengan nenanam pohon di atap gedung terkendala dengan biaya. Kecuali pemilik gedung atau rumah memang rajin menyiram tanaman mereka.

Kesimpulannya, hindari pengunaan atap dengan warna gelap seluruhnya untuk warna atap rumah. Agar ruang kamar dibawahnya lebih sejuk.

Dibawah ini perhitungan biaya membuat atap, kombinasi warna hitam dan lebih banyak putih dapat menurunkan biaya tagihan listrik dan atap gedung lebih dingin.



Analisa diatas dapat berbeda beda, tergantung iklim setempat.
Warna hijau lebih baik untuk daerah musim dingin. Tetapi lebih baik memasang solar cell untuk menghasilkan listrik di atap rumah. Pilihan ketiga adalah mencat dengan warna putih. Mengapa cat putih kurang menguntungkan di daerah dingin. Ketika musim dingin cat putih diatap gedung akan meningkatkan kebutuhan pemanas ruangan.

Penemuan dari Australia dengan atap putih
Dr Angus tim UTS dari Australia mengunakan teknik yang sama tapi dengan bahan berbeda. Mereka menyebut atap putih yang Super Cool atau dapat menolak panas di atap rumah paling baik.

Walau dengan cahaya matahari penuh, dapat membuat rumah lebih sejuk. Teknik ini dapat digunakan untuk rumah di kota, dimana pengunaan AC terlalu besar untuk pendingin ruangan seperti di Australia, khususnya ketika musim panas dimana sebagian area Australia adalah gurun.



Dr Angus dan Prof Emeritus Geoff Smith dari universitas Sydney Technology mencoba membuat atap yang dilapisi polimer tumpuk. Kombinasi dari poliester khusus dengan bahan pelapis perak.
Atap rumah di sisi gelap akan menyerap lebih besar. Bahkan cahaya putih masih menyerap sinar matahari yang cukup meningkatkan suhu.

Dengan penemuan mereka, atap dapat lebih dingin sampai 11 derajat, karena atap rumah hanya menyerap 3% dari cahaya matahari.
Pada percobaan diperlihatkan sisi atap yang dilapisi dan atap biasa. Menunjukan sisi gelap ditengah adalah suhu lebih dingin dan di bagian luar terkena panas lebih tinggi.

Pada grafik dibawah. Menunjukan pada jam 12 PM (siang hari), walau suhu disekitar hanya 26 deg.C. Suhu atap naik mencapai 35 deg.C. Dengan pelindung cat buatan dua ilmuwan tersebut dapat diturunkan bahkan suhu panas pada bagian atap dapat lebih rendah dari suhu udara disekitar

atau rumah dengan pelapis perak agar lebih sejuk

Nantinya penemuan dari bahan percobaan tersebut akan dijual untuk pasar komersil. Khusus untuk melindungi bagian atap rumah. Prof. Smith mengatakan cat pelindung di bagian atap dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan kondisi. Banyak penduduk dunia mengalami udara panas. Dengan pelindung di atap rumah, maka masyarakat dapat berhemat biaya listrik.

Cat paling putih universitas Perdue April 2021
Cat paling putih yang pernah dibuat dapat memiliki efek pendinginan seperti pendingin udara

Bahan yang digunakan untuk melapisi atap bangunan kita dapat memiliki pengaruh besar pada kemampuannya untuk memantulkan panas dari Matahari dan pemakaian efisiensi energi secara keseluruhan. Insinyur di Purdue University menghasilkan cat paling putih yang pernah dibuat, yang menurut mereka memantulkan 98,1% sinar matahari dan dapat menghasilkan efek pendinginan yang setara dengan AC pada umumnya.

Meningkatkan kinerja cat putih hingga memantulkan jumlah radiasi matahari yang lebih tinggi adalah tujuan umum para peneliti yang ingin menjaga ruangan lebih sejuk dan mengurangi ketergantungan rumah tangga dengan AC atau sistem pendingin intensif energi lainnya.
Satu studi NASA di tahun 2021 menemukan bila lapisan putih di setiap atap kota New York dapat mengurangi suhu puncaknya rata-rata 43 ° F (24 ° C).
Kami telah melihat para ilmuwan memproses cat yang sangat reflektif yang terbuat dari kaca, dan lainnya yang menggunakan Teflon untuk memantulkan hingga 98 persen radiasi yang masuk.



Ilmuwan Universitas Purdue baru-baru ini memamerkan cat ultra-putih yang mampu memantulkan 95,5 persen sinar matahari. Memiliki tingkat reflektor lebih tinggi tentu saja lebih baik. Bahan ini sudah jauh melebihi cat pemantul panas yang tersedia secara komersial yang memantulkan 80 hingga 90 persen sinar matahari.

Cat paling putih memantulkan panas

Cat ultra-putih baru mereka memiliki performa yang luar biasa berkat campuran partikel barium sulfat, merupakan senyawa kimia yang digunakan dalam kertas foto atau kosmetik. Partikel-partikel ini dapat membuat cat menjadi sangat putih dan sangat reflektif.
Tetapi ada garis yang harus ditarik untuk mengurangi kinerjanya, konsentrasi yang terlalu tinggi menyebabkan cat pecah atau terkelupas.

Para ilmuwan dapat mengubah kemampuan masing-masing untuk menyebarkan cahaya, dengan ukuran partikel yang lebih luas sehingga menghasilkan cat yang dapat menyebarkan lebih banyak spektrum cahaya dari Matahari. Tim tersebut sekarang telah mendapatkan resep yang tepat untuk menghasilkan cat paling putih yang pernah dibuat.

“Partikel dengan konsentrasi tinggi yang juga memiliki ukuran berbeda memberikan hamburan spektrum terluas pada cat, yang berkontribusi pada reflektansi tertinggi,” kata Joseph Peoples,Purdue Ph.D. mahasiswa di bidang teknik mesin.

Cat paling putih memantulkan panas

Cat diuji di luar ruangan di mana dapat menjaga permukaan 10,5 ° C lebih dingin daripada panas lingkungan sekitarnya pada malam hari, dan 4,5 ° C lebih dingin di bawah sinar matahari yang kuat selama tengah hari.

"Jika menggunakan cat ini untuk menutupi luas atap gedung atau rumah dengan luas 93 meter persegi, kami memperkirakan bahwa rumah bisa menghemat pendinginan 10 kilowatt," kata Xiulin Ruan, seorang profesor teknik mesin Purdue. " Itu lebih kuat daripada AC sentral yang digunakan oleh kebanyakan rumah. "

Berita terkait
Perubahan musim ditandai dengan Equinox, antara tanggal 21 Maret dan 21 September. Posisi Bumi ke Matahari akan tegak lurus, sebelum bergeser ke arah Utara atau Selatan. Di negara dengan 4 musim akan mengalami waktu musim transisi. Pada waktu Ekuinok, di seluruh dunia akan mengalami waktu yang sama antara waktu siang dan malam. Karena cahaya matahari menyinari ke arah yang sama.

Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas.MIT membuat jendela transparan dan berubah menjadi buram bila terkena panas menolak cahaya matahari.



Sangat banyak energi di bidang hidrokinetik, cukup menempatkan turbin di air. Walau gerakan aliran air yang lambat dapat menghasilkan power dari turbin mini. Idenya untuk pembangkit mini di tempat kemah, atau komunitas kecil dimana tidak memiliki aliran listrik

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.

Mengapa orang memilih tinggal di ruang lebih kecil dan lebih bahagia disana. Disain membuat perbedaan besar bagi mereka yang tinggal di kamar ukuran kecil. Alasan lain tempat tinggal dengan ukuran ruangan lebih kecil akan lebih hemat.

Mungkin jarang yang memikirkan membuat solar heater ini. Soltech perusahaan Swedia membuat solusi energi bersih dengan penamas rumah yang unik. Mengunakan genteng. Kali ini langsung ditempatkan dibawah genteng rumah

Disainer Andrew Maynard mendisain sebuah rumah tapi tidak merubah bagian depan rumah. Depan rumah tetap dipertahankan dengan gaya klasik, terlihat seperti rumah disebelah. Tapi di belakang dirubah ala rumah modern.



Satu cara membuat rumah lebih sejuk dengan menambahkan tanaman seperti rumput diatasnya. Ada disebuah rumah di Brazil

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari




No popular articles found.