Layar Android TV horizontal permanen dengan Rotation App


Software | 30 April 2021



Memiliki Android TV, seperti Set Top Box. Lalu ingin menginstall aplikasi berbasis Android Smartphone.

Setelah di instll layar tampil vertikal, tentu saja di smartphone Android tidak masalah.
Karena kita memang melihat layar berdiri keatas. Atau memutar layar smartphone agar terkunci, dapat di atur via Setting - Display.

Kadang aplikasi di Android TV, tampilan gambar akan terbalik di TV LCD
Kita tidak dapat membalik posisi layar TV atau monitor seperti membalik layar smartphone dengan tangan.

Membalik layar Android TV jadi Landscape dari Vertikal

Ketika aplikasi yang di install diperuntukan bagi Android smartphone, kebetulan kita membutuhkan untuk di install ke Android TV.
Aplikasi yang dirancang untuk smartphone kadang terkunci vertikal ke atas di layar TV, walau aplikasi dapat diputar di smartphone mengikuti arah layar.

Aplikasi Android TV rata rata menampilkan gambar horizontal.
Sedangkan kita tidak dapat membalik begitu saja bila mengunakan aplikasi Android Smartphone.
Karena Android TV atau STB (Set Top Box) tidak memiliki Gyroscope seperti layar smartphone dapat mengikuti orientasi tangan kita.

Tentu tampilan layar tidak nyaman dilihat , kecuali kita membalik layar TV / monitor vertikal.



Beberapa aplikasi Android menawarkan sistem memutar layar, baik untuk setting tersendiri bagi setiap aplikasi atau untuk seluruh aplikasi. Tetapi bukan untuk aplikasi Android TV.

Membalik layar Android TV sebenarnya sederhana

Aplikasi yang di install di perangkat Android TV, tampilan layar aplikasi seharusnya menampilkan gambar horizontal atau landscape mode.

Aplikasi Rotation - Orientation Manager
Dapat dijadikan sebagai contoh untuk mengunci semua tampilan layar di Android TV ke posisi mendarat seperti kita melihat layar TV.

Aplikasi tersebut terdaftar di XDA, tapi komersil menjadi versi Pro.
Beberapa aplikasi untuk memutar layar smartphone permanen tersedia di Play Store. App ini hanya sebagai contoh, dan sudah dilakukan tes

Untuk percobaan, aplikasi Viu streaming film dan drama yang dirancang untuk smartphone dan TV.
Aplikasi Viu Smartphone (bukan versi TV) ketika di install dengan ZTE B860H V5, layar akan terbalik vertikal seperti tampilan di smartphone.

Dengan bantuan aplikasi Rotation Orientation Manager, gambar dapat dibalik lagi ke arah horizontal.

Membalik layar 
Android TV jadi Landscape permanen

Install aplikasi Rotation - Orientation Manager
Bila ingin mencoba di Android TV Box, ada tip agar aplikasi dapat aktif dengan benar.



Aplikasi akan ijin access 2 Permission (ijin khusus).
1. Display over other apps
2. Modify system settings
Tanpa memberi ijin tersebut, aplikasi tidak dapat bekerja.

Menu setting Modify System Display Over

Di Android TV versi OS Android 9, setting tersebut berada di bagian
- App
- Special app access

Akan terdapat beberapa pilihan, di antaranya
Display over other apps, agar aplikasi berada lebih tingi dari aplikasi yang diaktifkan.
Modifiy system settings, agar aplikasi dapat mengatur yang kita tentukan.

Menu setting Special App Access Android TV

Anda dapat mencari nama aplikasi yang mendapat kedua akses Permission dan di Enable.
Kedua Permission dibutuhkan / harus di enable agar aplikasi dapat bekerja.

Selesai diaktifkan, buka kembali aplikasi Rotation - Orientation Manager.
Periksa di bagian Access, maka aplikasi sudah dapat mengambil alih sistem layar.

Kita tinggal mengatur apakah dibuat permanen untuk Landscape atau Portrait.
Aplikasi Rotation - Orientation Manager akan meminta aplikasi lain atau semuanya, untuk mengikuti setting yang kita atur sebelumnya

Jangan lupa bila aplikasi sudah bekerja dan ingin di set permanen. Aplikasi dapat di aktifkan untuk di load setiap kali Android TV dengan Enable - Start Up.

Dibawah ini tip untuk setting, hanya membutuhkan waktu 2 menit. Membalik layar Viu untuk layar TV.



Tidak semua memerlukan aplikasi memutar layar.
Aplikasi memutar layar sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan bagi smartphone.
Karena dari setting OS Android internal dapat mengatur posisi layar yang kita inginkan, dan dibantu dengan Gyroscope internal.

Dan aplikasi untuk Android TV tersedia di layanan Aptoide.com
Aplikasi berbasis Android TV, dipastikan tampil Landscape. Karena dirancang untuk layar TV.

Tetapi setting Android TV tidak tersedia untuk memutar layar.
Seandainya ada aplikasi yang kita butuhkan seperti aplikasi Game Mobile, Streaming video dan lainnya berbasis Android mobile atau aplikasi untuk smartphone saja.
Kita ingin menginstall di perangkat STB / Android TV Box, dan memutar layar dari App Android yang seharusnya tampil vertikal menjadi horizontal.
Bagaimana dengan gambar apakah akan tertarik, kemungkinan yah.
Hasil tes dengan aplikasi Viu Streaming video, gambar yang tampil memang sedikit tertarik. Beruntung video yang ditayangkan tidak masalah alias gambar normal.

Itu saja yang perlu kami sampaikan. Siapa tahu ada memiliki masalah ketika menginstall aplikasi Android untuk smartphone di Android TV. Ternyata layarnya ikut diputar oleh aplikasi.

Berita terkait
Driver chipset AMD memiliki bug dan perlu di update. AMD menyarankan agar pengguna yang terkena dampak memperbarui driver AMD PSP 5.17.0.0 melalui Pembaruan Windows atau ke Driver Chipset AMD 3.08.17.735 (atau yang lebih baru).


Android Assistant Driving Mode di Android 12 mengabungkan kontrol suara dengan Google Maps. Tangan tetap di kemudi, perintah mengunakan suara, untuk menerima telepon, panggilan telepon. Android Auto tetap ada, khususnya perangkat yang sudah ditempatkan di kendaraan



Ada perbedaan antara Android TV vs desain baru Google TV. Google merancang ulang Google TV agar lebih mudah di akses dan disatukan dalam satu tampilan serta kontrol di smartphone. Perbandingan dengan Android TV harus memisahkan aplikasi utama dengan aplikasi streaming lain. Tetapi fungsinya hampir sama, perbedaan Google TV dengan kemudahan akses.

Pengembangan OS Android LineageOS mulai membuat OS Android 18.1 untuk Android TV. Walau masih sangat terbatas, bisa menjadi awal pengembangan OS Lineage dapat di install di Android TV. Dari infomrasi LineageOS ada bagian yang tidak boleh hilang ketika merubah OS Android TV

Membuka aplikasi di Android TV repot untuk memilih. Aplikasi Button Mapper dapat membantu dengan memprogram tombol di remote TV Android. Menekan tombol 1 langsung membuka aplikasi seperti IPTV. Dan dapat berpindah aplikasi cukup menekan 1 tombol saja. Dan fungsi lain sesuai fungsi yang tersedia di Android dapat di program

Virtual Desktop sebagai software untuk membantu tampilan program tampil di monitor dan terbagi tepat tanpa perlu resize. Beberapa software virtual desktop diberikan gratis, yang berbayar dibuat lebih lengkap. Dengan disain layar yang fleksibel. Membagi tampilan satu layar untuk 2 program, sampai 16 program secara otomatis dapat tampil terpisah di layar.

Memeriksa malware dari layanan Google dengan Google Play Protect dapat diaktifkan dari smartphone. Sekarang dapat diperiksa apakah ada aplikasi berbahaya di smartphone. Cara setting Google Play Protect. Antivirus tidak sepenuhnya aktif, karena dapat memboroskan power baterai.



Android TV umumnya hanya memiliki internal storage kecil. Karena dirancang untuk streaming video/gambar tanpa menyimpan. Bagaimana menambah kapasitas storage Android TV, agar bisa mendownload langsung ke memory microSD. Tekniknya seperti smartphone Android Internal Shared Storage

Aplikasi Remote control Android TV sudah tua di Google Play Store dan disain ketinggalan tersebut akan diganti. Menjadi remote Android yang terintegrasi sekaligus memiliki tombol untuk mengatur volume, mute, back, dan home, sementara tombol tambahan lain dapat memanfaatkan Google Assistant

Seperti perangkat Apple  iPad, satu aplikasi untuk TV, Buku, dan App Store untuk menelusuri konten. Terlihat Google akan menyatukan layanan terintegrasi dari Google Play Game, Google Play Buku, Google TV dalam satu aplikasi Entertainment Space

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.

Siaran TV luar negeri dapat ditonton dengan mencari kanal IPTV dari M3U file. Nonton TV siaran langsung dari smartphone. Dapat mengunakan browser tanpa perlu menginstall aplikasi. Atau mengunakan aplikasi TV, termasuk VLC Player dapat nonton siaran dalam dan luar negeri

Aplikasi Android smartpone Avast Cleanup untuk membersihkan storage dan RAM smartphone.Seperti file temporary, cache, sampai menghentikan aplikasi yang memakai sumber di smartphone. 20% file di storage hanya file yang tidak perlu tapi tetap disimpan karena user tidak tahu file tersebut ada.

Hotspot Control aplikasi Android, memiliki fitur mengaktifkan Portable Hotspot di smartphone. Lebih praktis untuk berbagi akses internet dari smartphone ke notebook atau smartphone lain. Cocok untuk mereka yang ingin berbagi akses internet, nebeng internet selama di perjalanan.



Google Street View dibuka tersedia untuk foto jalan di Indonesia. Peta di Google Maps terintegrasi dengan foto jalan di beberapa kota di Indonesia sudah bisa di akses. Melihat foto Google Street View dari tahun 2013 sampai foto jalan terbaru.

Membersihkan, tetapi tidak semua peralatan baik dengan WD40. Apa manfaat WD40 untuk kita. Berapa harga WD40 untuk membersihkan karat. Produk baru WD-40 EZ Reach dengan pipa flexibel. Dapat mencapai area yang sulit dijangkau.

Melacak ponsel Android bila lupa ditaruh dimana, atau melacak smartphone hilang. Dengan Find My Phone kita dapat mencari keberadaan smartphone mengunakan browser. FItur untuk mengaktifkan nada atau berbunyi, dapat mengunci smartphone yang hilang, menghapus data smartphone anda. Pilihan dari Browser atau App Find My Device




No popular articles found.