Stasiun ruang angkasa Tianhe selesai akhir 2022


Science | 1 May 2021


Tianhe pertama dikirim 28 April 2021
Setelah Rusia menetapkan tidak akan mengurus lagi stasiun ruang angkasa. Karena usianya sudah tua.
Rusia mengatakan ISS atau International Space Station sangat beresiko digunakan.
Rusia akan membangun ROSS stasiun ruang angkasa baru. Tapi mundur dari jadwal yang ditentukan, seharusnya sudah disiapkan di tahun 2020

Rusia mengajukan penawaran bagi negara yang ingin memakai modul yang dibangun sejak pertama. Tapi resiko ditanggung penguna.

Rusia memilih untuk membangun stasiun ruang angkasa baru.

China telah melakukan eksperimen dengan 2 modul ruang angkasa. Tapi masih disain prototipe.

Tahun 2021 ini, proyek Tianhe dari stasiun ruang angkasa China telah mulai. Bukan prototipe, tapi stasiun yang akan dibangun untuk dihuni astronot.

Disain Tianhe

Rencananya stasiun Tianhe selesai pada tahun 2020, setidaknya membutuhkan peluncuran sampai 10x untuk mengirim setiap rangkai modul ke ruang angkasa.
UNtuk merakut

Model pertama telah dikirim 28 April 2021 dengan roket pembaw Long March-B5 Y2 dari situs peluncuran di Wenchang provinsi Hainan.



Modul Tianhe pertama memiliki panjang 16,6 x 44,2 meter dengan berat 22,5 ton.

Modul Tianhe

Berita terkait
Rusia telah melepas modul Pirs yang berusia 20 tahun diganti dengan modul ruang angkasa baru. Stasiun ruang angkasa ISS mengunakan sistem modul untuk merakit menjadi unit lebih besar. Setelah tertunda selama 13 tahun, Pirs diganti dengan Nauka

Tim astronom menangkap beberapa sinyal pada frekuensi 983Mhz, diperkirakan bukan sinyal alam melainkan buatan. Berasal dari 4 juta tahun cahaya dari Bumi, bintang terdekat Proxima. Apakah kebetulan sinyal alien tertangkap teleskop di Bumi. Alien sepertinya sudah umum bagi tim astronom, bukan lagi kemungkinan seperti sebelumnya.



China membangun roket Long March 5, awalnya prototipe di tahun 2015. Sekarang roket tersebut sudah digunakan sebagai roket dengan daya angkut terbesar. Masuk di kelas roket Saturn milik Amerika dalam misi Apollo, atau roket Proton M milik Rusia. Mampu membawa barang puluhan ton ke ruang angkasa

Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

5 sinyal misterius dari ruang angkasa tertangkap teleksop radio dalam bentuk sinyal yang disebut Fast Radio Burst. Sejauh ini ada 11 sinyal radio yang pernah di rekam sebelumnya diterima oleh para astronomi. Akhirnya terjawab di tahun 2017. Dari mana asal sinyal radio di ruang angkasa.

StarChip dan Starshot, pesawat berukuran sangat kecil tersebut memiliki instrumen lengkap. Bila pesawat berangkat 20 tahun nanti, berita tata surya disana baru sampai ke Bumi setelah tahun 2060. Hawking mengatakan, Bumi adalah tempat terindah, tetapi mungkin tidak selamanya ada

Operasi stasiun ruang angkasa internasional kabarnya akan berakhir. Rusia berencana memisahkan diri dari pengunaan modul IIS, dan membuat menjadi stasiun ROS atau Russian Orbital Station. Sejauh ini peralatan Rusia sudah bekerja bertahun tahun di stasiun ISS, menjaga kru atau astronot aman disana.




No popular articles found.