Harga SSD naik kata Phison produsen controller SSD karena Chia


Shortstory | 12 May 2021


Bulan lalu sempat kabar mengkhawatirkan, setelah harga harddisk sempat naik di pasar Hong Kong.

Ini berita terbaru, bila ingin membeli SSD dan sudah mendapatkan model yang diinginkan. Pertimbangkan tidak menunda, karena pabrikan Phison sudah menyebut SSD akan lebih banyak digunakan untuk Chia. Tidak terlalu banyak tapi tetap saja harganya akan naik

Chia adalah nama uang digital krito asal Tiongkok, baru baru ini disebutkan lebih hijau karena tidak mengunakan kekuatan VGA. Tetapi komponen lain dibutuhkan adalah storage.

SSD Phison

Phison memperkirakan harga SSD akan naik setidaknya 10% dalam beberapa bulan mendatang karena meningkatnya permintaan oleh penambangan cryptocurrency Chia menyebut pasokan pengontrol SSD yang saat ini terbatas dan hanya tersedia sampai akhir tahun 2022 dan awal 2023.

Phison menawarkan disain controller SSD dan perangkat penyimpanan berbasis flash NAND kepada pemasok drive bermerek dan pembuat PC.
Perusahaan memiliki portofolio produk yang luas ke berbagai produsen, sehingga memiliki hubungan bisnis yang dekat dengan pabrik pembuat chip.
Termasuk pemasok chip NAND, komponen dan OEM.
Microsoft salah satu pelanggan utama produk Phison, mengunakan controller Phison untuk Xbox.

Laporan tidak resmi lain menyebutkan, Phison yang berbasis di Taiwan menaikkan harga chip mereka pada kuartal 1 2021 karena permintaan yang tinggi di tengah kendala kapasitas produksi pembuat chip.

KS Pua, Direktur Phison, sudah menyebut produsen SSD NAND akan menaikkan harga memori lagi, sekitar 10% pada Q3 2021
Karena permintaan yang tinggi didorong pasar PC yang berkembang dan meningkatnya penambangan cryptocurrency Chia.
Karena harga flash chip yang akan naik dan harga controller chip juga naik, tentu akan menaikan harga produk jadi seperti SSD dalam beberapa bulan mendatang.



Kondisi ini menjadi sulit untuk diperkirakan, seberapa besar kenaikan harga SSD nanti.
Secara tradisional, harga SSD pemula paling terkena dampak, seperti model low end untuk kecepatan lebih lambat.
Karena bagian ini memiliki keuntungan paling sedikit dibanding produk SSD high end. Model low end dipastikan untuk PC.

Di model high end kebalikannya, karena harga yang ditawarkan lebih mahal.
Disini akan terkena dampak dengan Chia yang membutuhkan SSD kelas atas dengan daya tahan tinggi.
Faktor lain dari harddisk, bila pasokan terganggu maka pembeli akan mencari model SSD.

Chip controller salah satu komponen seperti buatan Phison. Sudah terkena dampak dari terbatasnya kapasitas produksi TSMC, UMC, dan GlobalFoundries dan pabrik lainnya. Sementara pabrik pembuat chip harus mempersiapkan produksi secara penuh, bahkan melakukan perluasan pabrik mereka untuk menambah pasokan.
Tetapi proses pembuatan pabrik baru membutuhkan waktu.

Itu saja berita dari produsen Phison mengenai kondisi pasar SSD pada Mei 2021.

Berita terkait
Procesor AMD 4700S Desktop Kit ini ditemukan menjadi perangkat PC gaming dengan factor Mini-ITX di Tmall China. Ada dugaan AMD mengeluarkan chip CPU yang cacat di bagian iGPU dari Xbox X, dan dijadikan procesor PC. Paket sudah lengkap dengan 16GB RAM onbooard

Harga GDDR6 diperkirakan akan naik. Karena kebutuhan Graphic Card terbaru mengunakan memory GDDR6 yang lebih cepat. Agustus 2021, harga DRAM untuk PC mulai bergerak turun. Setidaknya data dari toko retail online US



35 tahun lalu, nama laptop Toshiba menjadi panduan industri computer portabel pertama.Tetapi di tahun 2020, Toshiba tidak lagi membuat notebook termasuk computer. Toshiba mengalihkan ke pemlikan perusahaan ke Sharp yang sudah menjadi pemilik divisi computer Toshiba sejak tahun 2018.

Ketika smartphone Android dan Blackberry tampil dengan harga memukau, pembeli antri. Posisi beberapa produsen masih mempertahankan gaya tersebut. Nyatanya dalam beberapa tahun pasar berubah. Penguna smartphone memilih menganti setelah 3 tahun dari sebelumnya 2 tahun. Bila ada yang beranggapan smartphone mahal adalah idola, lihat tren terbaru.

Bagi penguna computer, bila tertarik membeli perangkat tambahan, dapat melihat saran ini. Persediaan DRAM, SSD, baterai dan LCD terkait dengan naiknya harga computer dan notebook. Gionfranco dari Lenovo, kenaikan harga computer tidak bisa dihindari.




No popular articles found.