TV controls Android lebih lengkap volume Google Assistant


Software | 19 May 2021

Pengguna iOS telah lama dapat meremote Apple TV mereka menggunakan layar iPhone.
Tahun 2021 giliran model OS Android atau smartphone Android.

Google hanya menyediakan Remote control Android TV dengan disain yang tertinggal dari iOS untuk perangkat berbasis Android TV.
Terakhir di update pada tahun 2017, ratingnya sudah di keluhkan oleh penguna. Walau disain OS yang didukung sangat ramah, seperti ponsel dengan OS Android 4 dapat digunakan kontrol sebagai remote TV Android anda dari smartphone

Dalam konferensi I/O Google menyiapkan OS Android 12, satu fitur TV controls for Android.
Google mendemonstrasikan remote di layar smartphone Android yang akan datang
Memungkinkan kita melihat tampilan dari TV Android dengan mengetuk dan menggesek.

Remote control Android TV yang sudah tua di Google Play Store akan diganti.
Menjadi remote Android yang terintegrasi sekaligus memiliki tombol untuk mengatur volume, mute, back, dan home, sementara tombol tambahan penting lain dapat memanfaatkan Google Assistant

TV controls Android

Seperti gambar di bagian atas terdapat menu tombol power, sedangkan menu diatur turun naik untuk memiliki model Android TV dirumah. Siapa tahu ada yang memiliki 2 perangkat atau lebih.

Di bagian 3 titik di atas, tapi Google belum mengumumkan lebih lanjut fungsi di menu tersebut.

TV controls for Android memungkinkan kita melihat film, acara TV atau program TV melalui suara serta mengetik mengunakan keyboard di ponsel.


Termasuk untuk mengetik login, pencarian yang sebelumnya hanya harus di atur dari remote TV yang merepotkan, alias bikin kesal karena membuang waktu untuk mengeser joystick di remote control.

Google menyebut, perangkat Chromecast Google TV sudah mencapai lebih dari 80 juta unit

Google rencananya merilis aplikasi TV controls for Android akhir tahun ini.

Fitur baru ?, sebenarnya tidak juga.
Beberapa pengembang sudah melihat fitur tersebut, walau nantinya TV controls Android akan lebih baik ketika resmi dirilis dan tentus aja gratis.

Dibawah ini dari pengembang Cetus Play memiliki disain yang mirip dengan TV controls Android Google.



Android TV sudah umum digunakan di rumah yang memiliki koneksi internet.

Tapi sebagian besar terbatas untuk aplikasi hiburan.

Tidak itu saja sebenarnya fungsi dengan banyak nama dari Android TV, Set Top Box, Box TV, SmartTV box. Seperti fungsi smartphone, bedanya tidak ada layar dan tombol pengaturan menu tentunya. Sebagian di atur dengan remote control.



Berita terkait
Driver chipset AMD memiliki bug dan perlu di update. AMD menyarankan agar pengguna yang terkena dampak memperbarui driver AMD PSP 5.17.0.0 melalui Pembaruan Windows atau ke Driver Chipset AMD 3.08.17.735 (atau yang lebih baru).


Pengembangan OS Android LineageOS mulai membuat OS Android 18.1 untuk Android TV. Walau masih sangat terbatas, bisa menjadi awal pengembangan OS Lineage dapat di install di Android TV. Dari infomrasi LineageOS ada bagian yang tidak boleh hilang ketika merubah OS Android TV



Boomy dan Amper adalah situs membuat musik otomatis. Termasuk bantuan AI dalam proses pembuatannya. Membuat musik sedikit dan AI menyelesaikan semua musik. Tidak dikenakan biaya karena berbasis web dengan AI, dan dapat di download

Android Assistant Driving Mode di Android 12 mengabungkan kontrol suara dengan Google Maps. Tangan tetap di kemudi, perintah mengunakan suara, untuk menerima telepon, panggilan telepon. Android Auto tetap ada, khususnya perangkat yang sudah ditempatkan di kendaraan

Ada perbedaan antara Android TV vs desain baru Google TV. Google merancang ulang Google TV agar lebih mudah di akses dan disatukan dalam satu tampilan serta kontrol di smartphone. Perbandingan dengan Android TV harus memisahkan aplikasi utama dengan aplikasi streaming lain. Tetapi fungsinya hampir sama, perbedaan Google TV dengan kemudahan akses.

Membuka aplikasi di Android TV repot untuk memilih. Aplikasi Button Mapper dapat membantu dengan memprogram tombol di remote TV Android. Menekan tombol 1 langsung membuka aplikasi seperti IPTV. Dan dapat berpindah aplikasi cukup menekan 1 tombol saja. Dan fungsi lain sesuai fungsi yang tersedia di Android dapat di program

ZTE ZXV10 B8655V6-H adalah Android TV atau Set Top Box yang mendukung WIFI 6. Kemampuan WIFI 6 ditambahkan ke seri B8655V6-H untuk kinerja WIFI lebih baik dan rendah latency. Disain Android TV box ZTE ZXV10 B8655V6-H dibuat tipis, dengan bodi Set Top Box berbentuk kotak.



Windows 11 dapat di download versi ISO resmi. Walau bukan versi yang akan dipasarkan. Windows 11 Insider Preview mendapat OOBE, penguna dapat melaporkan bug untuk perbaikan. Hanya member Microsoft Insider yang dapat mendownload file ISO Windows 11 yang dirilis Agustus 2021.

Nonton film di smartphone, Android TV atau Browser. Dari drama Korea, Jepang, Mandarin, film Asia ,  barat, Indonesia. Tidak hanya Netflix, Dari film 380p sampai FHD bisa nonton di internet. Drama Korea terbaru hanya perlu menjadi member, sedangkan konten seri drama lain yang sudah tayang gratis. Tidak semua layanan memberikan judul seri drama yang sama.

Bagaimana membalik semua tampilan gambar dari aplikasi Android tampil Landscape. Hal sederhana yang tidak terjadi di smarthphone Android. Tapi tidak nyaman di Android TV, STB dengan gambar horizontal. Aplikasi ini memutar semua aplikasi menjadi horizontal di TV

Power Schedule untuk mengatur otomatis dengan waktu harian dan mingguan. Menonaktifkan Data, WIFI, telepon secara otomatis sesuai waktu yang kita inginkan. Otomatis Reboot dan shutdown smartphone. Dapat membantu menghemat baterai smartpone, dan pemakaian kuota internet yang tidak penting.

Google Voice Access berfungsi untuk mengaktifkan atau perintah ke smartphone. Penguna dapat berbicara ke smartphone, tanpa menyentuh layar. Seperti perintah dasar dengan Goback (kembali), Go home ( kembali ke halaman awal). Gestur seperti Click next atau Scroll Down (menurunkan halaman kebawah.




No popular articles found.