Galaksi BRI 1335-0417 spiral tertua usia 12 miliar tahun


Science | 22 May 2021


Teleskop ALMA di Chili telah menangkap galaksi spiral BRI 1335-0417 berjarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi.
Ini adalah galaksi spiral tertua yang diketahui sejauh ini, memecahkan rekor satu miliar tahun mundur lebih jauh.

Penemuan ini memberikan petunjuk bagaimana galaksi spiral, seperti Bima Sakti, sudah terbentuk setelah Big Bang.

Galaksi, yang secara resmi diberi nomor BRI 1335- 0417, di dapat mengunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) di Chili.
Menditeksi sinyal radio untuk ion karbon. Galaksi tersebut terlihat memiliki gravitasi yang tidak stabil. Kemungkinan sedang bertabrakan dengan galaksi yang lebih kecil dan memicu pembentukan bintang baru.

Galaksi BRI 1335-0417 spiral tertua

Astronomi dan astrofisika sering mendapatkan hal menarik yang tidak dapat diperkirakan. Setiap teori yang muncul, kembali berubah setelah menemukan hal baru.

Ini menunjukkan munculnya galaksi spiral sudah terbentuk 1,4 miliar tahun setelah terjadinya Big Bang. Big Bang dianggap sebagai tahun 0 ketika alam semesta mulai terbentuk. Memiliki tingkat pergeseran z4,4

Gambar BRI 1335- 0417 membuat kita melihat kembali ke masa lalu ketika galaksi modern sekitar 1 miliar tahun dapat terbentuk," kata Dr. Kai Noeske, petugas komunikasi untuk Badan Antariksa Eropa dan peneliti galaksi jauh kepada Insider.

Galaksi spiral dianggap sebagai bentuk galaksi yang lebih dewasa. Sementara banyak penemuan galaksi yang sangat jauh, terlihat masih belum terbentuk seperti galaksi spiral atau elips. Kebanyakan galaksi yang begitu jauh, hanya berbentuk gumpalan gas dan debu.

Pada fase awal pembentukan, materi gelap / dark matter menyatukan gas panas dalam gumpalan kecil yang nantinya akan membentuk bintang.



Tetapi gambar ini seakan alam semesta sudah mulai bergabung membuat galaksi yang lebih besar, yang diawali materi yang menggumpal dan tidak berbentuk.
Perlahan galaksi-galaksi tersebut bisa mulai berputar, menciptakan bentuk galaksi yang tampak seperti cakram, kata Noeske.

Galaksi spiral dapat terjadi ketika piringan itu mulai terganggu gravitasinya, kata Noeske.
Hal yang menarik tentang galaksi BRI 1335-0417, selain terlihat sangat indah, dapat dilihat terdapat lengan spiral.
Gas yang sedang dikompresi mulai memadatkan. Dalam arti lengan sprial sebenarnya sebagai katalisator yang memicu pembentukan bintang baru, kata Noeske.

Alam semesta tidak bisa membentuk bintang dan atau planet di suatu tempat di luar angkasa, kata Noeske.
Tanpa galaksi, tidak akan ada manusia. Itu bagian dari cerita kita.

Paradigma yang diterima saat ini adalah pembentukan galaksi baru dimulai pada masa puncaknya sekitar 3,3 miliar tahun setelah Big Bang, ketika sebagian besar bintang di alam semesta terbentuk.

"Yang sangat mengejutkan galaksi BRI 1335-0417 sudah memiliki struktur (struktur kompak seperti tonjolan, cakram, spiral) yang mirip dengan galaksi, jauh sebelum fase aktif pembentukan galaksi," Takafumi Tsukui, mahasiswa pascasarjana SOKENDAI Universitas di Jepang dan penulis utama studi Sains



Galaksi spiral tertua yang pernah ditemukan dengan teleskop radio ALMA pada tahun 2019. Dan sudah terlihat 2,5 miliar tahun setelah Big Bang, atau sekitar satu miliar tahun kemudian dari BRI 1335-0417.

Sekarang peneliti harus memperbarui pengetahuan mereka. Kapan galaksi sudah terbentuk, apakah 2,5 miliar tahun atau 1,4 miliar tahun setelah Big Bang galaksi sudah dapat terbentuk. Dan nantinya galaksi galaksi tersebut dapat berevolusi menjadi galaksi dewasa yang lebih besar seperti galaksi Bima Sakti.



Galaksi BRI 1335-0417 bukan sebuah galaksi tertua yang pernah ditemukan. Tapi sebagai galaksi sprial tertua yang pernah ditemukan.
Sedangkan galaksi paling tua yang dilihat manusia adalah GNz11. Ketika diamati pada, berdasarkan pergeseran gelombang baru berusia 400 juta tahun setelah waktu Big Bang.

Berita terkait
Pergerakan orbit bintang di galaksi yang berbeda antara bintang kuning dan biru. Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru.

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA



Sebuah galaksi MACS 1423-z7p64 diumumkan10 April 2017. Menjadi galaksi terjauh dan terlihat seperti galaksi purba di awal pembentukan alam semesta. Galaksi MACS 1423-z7p64 ditemukan bukan melihat langsung dengan teleskop. Seperti terlihat pembesaran gravitasi lensa.

Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka terang di bagian inti galaksi. Galaksi dari sudut miring, dapat dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya. Bagaimana bila galaksi terlihat tepat dari sisi samping.

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan



Peneliti dari pusat International Centre Radio Astronomy menemukan sebuah galaksi yang luar biasa. Dinamakan NGC 4569 terlihat bergerak begitu cepat sampai meninggalkan gas di belakang galaksi sendiri sejauh 300.000 tahun cahaya. Bahkan gas yang tertinggal memanjang seukuran 5x dari ukuran galaksi NGC 4569.

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.




No popular articles found.