Rover Zhurong siap turun menjelajah planet Mars


Science | 23 May 2021

Tahun 2021 banyak berubah di Mars, sebelumnya dunia yang pernah didominasi robot dari Amerika Serikat.
Sekarang, Mars adalah rumah penjelajah robot internasional dengan kedatangan penjelajah Zhurong milik badan antariksa China.

Misi pendaratan rover Zhurong pada bulan Mei 2021 berhasil diturunkan di planet Mars.

Dan robot Zhurong baru saja mengirim kembali gambar pertama dari atas modul pendaratannya.

Penjelajah Zhurong diluncurkan pada 23 Juli 2020, selisih beberapa hari sebelum penjelajah Perseverance NASA berangkat dikirim ke Mars.

Itu bukan kebetulan, Nasa dan CNSA mengatur waktu ketika keberangkatan ke Planet Mars dengan jarak paling dekat ke Bumi.
Robot Perseverance yang lebih canggih sudah mendarat dan melakukan uji coba penerbangan helikopter di planet Mars pertama kali.

Mei 2021, Zhurong dan modul pendarat berhasil tiba di permukaan Mars 14 Mei dan sekarang berhasil diturunkan.

Rover Zhurong Mars

Gambar yang diterima menunjukkan penjelajah Zhurong roda enam masih duduk di atas platform pendaratannya.
Gambar tersebut menunjukkan ke stasiun di Bumi, semua sistem pendarat bekerja dengan benar.
Alat untuk menurunkan rover sudah di turunkan, robot turun ke permukaan tanah Mars.
Panel surya dan antena robot juga dipastikan telah dipasang dengan benar.



China menjadi negara kedua setelah AS yang berhasil mendaratkan robot di permukaan Mars dan tetap mengoperasikannya untuk waktu yang lama.
Uni Eropa telah 2 mencoba mengirim robot penjelajah, terakhir pada tahun 2016
Fase pertama dari kerjasama ExoMars dengan Roscosmos Rusia. Sayangnya, pendarat rover Schiaparelli gagal, dan modul yang menurunkan rover menabrak permukaan dan bukannya mendarat dengan baik
Namun Trace Gas Orbiter dari misi yang sama masih aktif dan bekerja dengan baik.

ExoMars rencananya akan mencoba lagi tahun 2023 dengan pendarat Roscosmos baru bernama Kazachok dan penjelajah Rosalind Franklin.

Panel surya dan susunan antena terlihat di foto ini.

Rover Zhurong Mars

Berbeda dengan rover NASA yang jauh lebih canggih, karena sistem tenaga baterai mengunakan pembangkit nuklir mini agar rover tetap memiliki power untuk bekerja. Sebagai sumber tenaga nuklir yang akan berjalan selama bertahun-tahun.

Rover Zhurong membutuhkan sinar matahari untuk menyalakan dirinya sendiri.
Tim ilmuwan Tiongkok berharap dapat mengoperasikan Zhurong sekitar 90 hari dari rover seberat 240 kilogram, tetapi waktu tersebut adalah target.
Bisa saja diluar ekspektasi, rover dapat terus bekerja setelah 90 hari.

Pada cerita lain, 2 rover mini milik Nasa, Spirit dan Oppoertunity juga memiliki disain yang kecil.
Keduanya ternyata bekerja sampai beberapa tahun dari target untuk beberapa bulan pengoperasian.


Dan palign menarik rover Oppoertunity yang akhirnya blep tidak dapat beroperasi setelah 15 tahun di planet Mars.
Masalahnya sederhana, ketika panel surya sebagai sumber power akhirnya tertutup debu planet Mars, dan rover tidak lagi mendapatkan tenaga.

Pendaratan Zhurong berada di wilayah Mars yang disebut Utopia Planitia, sebuah cekungan raksasa yang menutupi sebagian besar belahan utara planet Mars.
Para ilmuwan berspekulasi adanya bentangan ini adalah jejak dari bekas samudra walau sekarang sudah kering. Untuk mempelajari medan ini, Zhurong harus terus jalan dan turun kesana. CNSA segera membawa rover tersebut untuk memulai perjalanan dengan menuruni jalan, lalu melanjutkan studi sain yang dibawah

Dibawah ini rover yang aktif di planet Mars sampai Mei 2021

Curiosity - Mars Science Laboratory (MSL) milik NASA, November 26, 2011 mendarat di area Aeolis Palus  Agustus 6, 2012.
Perseverance, NASA diluncurkan Juli 30, 2020, mendarat February 18, 2021. Percobaan pertama Helikopter dapat terbang di Mars.
Zhurong diluncurkan dengan modul Tianwen-1 milik badan antariksa CNSA. Diluncurkan Juli 23, 2020, mendarat Mei 14, 2021 di area Utopia Planitia, rover Zhurong diturunkan Mie 22, 2021.

Insight bukan tipe rover, tapi jenis lander. Membawa perlatan ilmiah untuk mengukur gempa, gas dan hal lain di planet Mars. Masih beroperasi dan mengirim laporan cuaca di planet Mars.
Tercatat mengirim data ke Bumi sampai waktu terakhir 25 Oktober 2020.
Pemantau laporan cuaca digantikan oleh Curiosity

Laporan dari Curiosity, click ke suhu Celcius.



 

Rover lain yang pernah bekerja, tidak aktif
Mars 3, Prop-M rover, mendarat December 2, 1971. Berat 4.5 kilograms , hilang komunikasi setelah 104,5 detik setelah mendarat, diperkirakan akibat gamgguan debu atau hilangnya komunikasi

Sojourner rover, Mars Pathfinder, mendarat Juli 4, 1997. Hilang komunikasi September 27, 1997. Sojourner berhasil berjalan sejauh 100 meters.

Spirit (MER-A), Mars Exploration Rover (MER), diluncurkan Juni 10, 2003, mendarat Januari 4, 2004. Misi berjalan 6 tahun, melewati target, berjalan 7,7km. Roda terjebak di pasir Mars. Komunikasi terakhir 2 Maret 2010, dan Nasa menyerah untuk pengoperasian 25 Mei 2011.

Opportunity (MER-B), Mars Exploration Rover, diluncurkan Juli 7, 2003, mendarat Januari 25, 2004. Opportunity memecahkan rekor rover yang beroperasi paling lama dalam 15 tahun sebelum gagal bekerja. 5.352 hari waktu Mars tapi rover berhasil menjelajah dengan melalukan perjalanan sejauh 45.16 km. Oppoertunity sempat aktif kembali pada 10 Juni 2018, tetapi badai debu menghentikan kinerja rover yang kekurangan power. Nasa menutup misi dan dianggap selesai 13 Februari 2019.

daftar pendaratan di Mars

Berita terkait
Helikopter Ingenuity berhasil terbang di planet Mars. Tonggak sejarah antariksa benda melayang di dunia lain. Planet berbeda, atmofer berbeda,gravitasi berbeda, aturan tentu berbeda. Kerapatan atmofer planet Mars hanya 1% dari Bumi, suhu dingin, dan partikel energi tinggi dapat menabrak masuk ke planet dan merusak instrumen.

Rover Mars 2020 adalah robot yang akan dikirim ke planet Mars. 3 antena dari rover untuk komunikasi ke Mars. Tugas mengumpulkan sampel batuan dan analisa lingkungan di planet Mars, dan sampel dikirim kembali ke Bumi untuk dipelajari. Dari 7 rover milik Nasa, hanyarover Perseverance yang memiliki kemampuan khusus membawa paling banyak instrumen di planet Mars.



Sekarang kita dapat mengetahui laporan cuaca di planet Mars, termasuk ada 100 gempa lebih disana. Data gempa planet Mars yang tercatat sejak 2019, dapat memperkirakan seperti apa inti planet Mars. Disana hanya terjadi gempa kecil dan sebagian saja mencapai magnitudo 3.

Di atas kutub galaksi Bima Sakti terdapat gelembung raksasa. Seperti kumpulan gas dengan massa sangat besar, yang awalnya disebut gelembung Fermi. Tapi pertanyaan terakhir darimana asal gelembung tersebut. Tim Max Plank menganalisa itu ulah lubang hitam kita.

Pesawat ruang angkasa membuktikan adanya jejak air di planet Mars. Penemuan pesawat Mars Express menemukan es di atas kawah Korolev. Mungkin di planet Mars dahulu memiliki atmofer cukup tebal. Dan planet lebih hangat dibanding saat ini.

Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars, 15 tahun berlalu robot tersebut ada disana. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa mendapat kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. Setelah beberapa bulan tidak mengirim sinyal. Panel surya tertutup debu, membuat robot kehabisan power pada baterai. Kemungkinan tidak dapat bekerja lagi.




No popular articles found.