Teknologi AMD FidelityFX Super Resolution meningkatkan FPS GPU


Technology | 6 June 2021

AMD menyiapkan FidelityFX Super Resolution FSR atau FSR.

Teknologi AMD dalam grafik akan mengejar ketinggalan performa dari Nvidia yang menempatkan DSLL sejak September 2018.

Ketika GPU diberikan beban seperti kualitas gambar, ada sisi yang menurun yaitu frame rate akan drop.
Karena GPU mendapatkan beban maksimum  peningkatan kualitas gambar, detil gambar naik berdampak dengan kecepatan tampilan gambar 3D.

Baik FSR dan DSLL bertujuan memperbaiki tampilan grafik agar optimal seperti melalui driver, membuat performa frame rate meningkat dengan GPU yang sama. Tapi di sisi lain Frame rate tidak menurun drastis dan kualitas gambar yang ditayangkan dapat dipertahankan.

AMD FidelityFX Super Resolution

Apa DLSS dan FidelityFX
Teknik skala pintar untuk mengurangi kinerja GPU untuk mencapai tingkat frame rate pada grafik video seperti game.

Nvidia DLSS menyediakan beberapa dukungan pada judul game.
Mampu meningkatkan kecepatan gambar di GPU VGA GeForce RTX dan meninggalkan kecepatan AMD Radeon sebelumnya.

AMD membuat FidelityFX Super Resolution. Memberikan performa GPU meningkat dari 49 frame perdetik tanpa FSR menjadi 78 perdetik dengan kualitas gambar yang sama dengan FSR
AMD diharapkan dapat mengejar ketinggalan dan merubah strategi persaingan antara AMD dan Nvidia.



perbandingan AMD FidelityFX

Menarik dari teknologi FSR, AMD tidak menempatkan pada perangkat keras serta diberikan OpenSource bagi pengembang game.

Artinya FSR dapat bekerja di GPU apapun, baik GPU Intel, AMD dan pesaing terbesar Nvidia

GPU AMD mendukung FidelityFX Super Resolution - Radeon RX 6000, RX 5000, RX 500, RX Vega dan semua Ryzen APU
GPU AMD Radeon RX 480 dan RX 470 sudah di konfirmasi juga mendukung FSR.
Penjelasan awal disebutkan dapat bekerja di semua GPU AMD Radeon, sejauh ini generasi GPU AMD terendah yang sudah dikonfirmasi sampai generasi Polaris.

Notebook umumnya menempatkan GPU lebih rendah dibanding GPU PC yang kuat, setidaknya dapat meningkatkan performa frame rate dengan FSR

Apakah AMD rugi dengan FSR karena termuka.
Sebenarnya FSR yang diberikan bebas menjadi langkah pintar bagi AMD.
Tanpa disadari dapat mengagalkan teknologi Nvidia DLSS dalam satu tepukan.

Dengan FSR OpenSource, pembuat game atau pengembang game mendapatkan insentif lebih besar.
Pengembang game dapat fokus dalam waktu dan sumber daya mereka untuk satu teknologi GPU dibanding hanya fokus ke satu produsen.

Manfaat FSR


Setidaknya meningkat 2x lebih cepat.
Pilihan 4 kualitas gambar
10 pengembangkan siap mendukung
100 GPU setidaknya dapat didukung oleh AMD  FSR

perbandingan AMD FidelityFX

Tidak jelas untuk FSR apakah akan masuk ke konsol seperti PS dan Xbox. Tampaknya teknologi FSR akan hadir disana.
Sejauh ini konsol game mencapai 28% perangkat gaming.
Bila FSR meyakinkan pembuat game, maka produsen game dapat memprioritaskan AMD FSR dibanding DLSS Nvidia.
Microsoft ingin menempatkan FSR untuk Xbox S dan X, agar tayangan 4K di game tidak banyak terbeban ke GPU

Ketika Nvidia DLSS dibangun, didukung pengembang game seperti Cyberpunk 2077, Outriders atau the Medium. Tapi pemakaiannya DLSS tidak terlalu besar.

Sisis berbeda AMD FSR masih tahap perkenalan, dan perlu diuji walau kemampuan FSR perlu dilihat lebih jauh.
Nvidia DLSS saja membutuhkan perbaikan beberapa tahun sampai kemampuannya diterima penguna.
AMD FSR adalah awal, kemungkinan membutuhkan waktu untuk penyempurnaan lebih lanjut.
Keuntungan dengan FSR, kedepan kinerja FSR akan tepat bagi VGA AMD Radeon sendiri dibanding GeForce.

Melihat teknologi Nvidia, AMD dan Intel. Dapat melihat histori teknologi OpenCL dan CUDA.
CUDA dibuat eksklusif untuk GPU Nvidia, tetapi waktu berlalu. OpenCL sebagai proses yang dibandung dari graphic GPU berhasil dimanfaatkan oleh pembuat software. Termasuk sebagai akselerasi video, audio editing, dan bidang lainnyak
Produsen dapat menempatkan 2 akselerasi GPU dengan CUDA atau OpenCL, termasuk Intel Sync.

Demikian juga teknologi monitor G-Sync vs FreeSync.
Awal G-Sync ditempatkan harware pada perangkat monitor. Gamer harus membeli sebuah monitor G-Sync, untuk mendapatkan fitur dari GPU Nvidia.
Waktu berlalu malah lebih banyak monitor di buat dengan dukungan FreeSync yang dijual tanpa internal hardware.



+ Amd.com

Berita terkait
Butuh waktu Intel menyelesaikan GPU Intel Alchemist atau sebelumnya disebut Intel Xe. GPU Intel seperti disain GPU AMD dan Nvidia. Termasuk RayTracing dan fitur kalkulasi unit XMX. Intel akan memesan ke pabrik TSMC dengan teknologi 6nm. Perkiraan Intel Arc tampil 3 varian dengan 3 model dari versi pemula sampai high end.

DirectStorage dirancang untuk DirectX 12 akan tampil bersama Windows 11. Teknologi DirectStorage dapat memangkas kelambatan pada game dengan CPU dan GPU. Mengapa DirectStorage menjadi penting, dan apa yang berubah. Salah satunya proses input dan output ke storage, akan dipercepat tanpa banyak penanganan dari CPU



Intel Rocket Lake CPU Binning di jual 60 persen lebih mahal (April 2021). Chip Binning adalah istilah dalam menyeleksi sebuah procesor terbaik. Pabrik chip tidak dapat menghasilkan sebuah wafer 100 persen sempurna untuk diproses menjadi produk akhir. Pasti ada saja yang cacat dan harus dibuang atau di sisikan.

Teknologi PCIe 5.0 selesah di ratifikasi, PCIe 6 atau Gen 6 menyusul. Seperti kebutuhan storage dan trafik ethernet, dimana computer masa depan membutuhkan kecepatan tranfer data sangat tinggi. PCIe 4.0 dapat bekerja dengan board AMD Socket Am4, dan storage M.2  tetap kompatibel dengan sinyal PCIe 3.0




No popular articles found.