Camera kepanasan merekam video terlalu lama ada yang memperbaiki


Digital | 22 June 2021


2021 Juni
Masalah overheating Canon EOS R5 banyak dipublikasikan akhirnya telah diselesaikan.
Walau perbaikan dikenakan $400 dan hilangnya garansi karena camera harus di bongkar
Harga tersebut setara camera dSLR pemula. Tapi model Canon EOS R5 ditujukan penguna profesional, seperti merekam video film.

Modifikasi sistem heatsink Canon EOS R5 dirancang Kolari Vision spesialis modding kamera dan filter lensa
Menganti heatsink dapat memperpanjang durasi camera merekam video 8K lebih lama, setidaknya merekam sampai 3x waktu sebelumnya.
Hasil test modifikasi mempertahankan camera merekam 25 menit menjadi 44 menit
Heatsink cooler diganti ke aluminium, tapi solusi tranfer panas terbaik bahan tembaga.

Bagian terpenting, camera dapat merekam kembali setelah suhu camera dapat di dinginkan lebih cepat kata penguna.
Disain heatsink di board di rancang ulang, sementara disain pendingin dari Canon tidak efisien.

Kolari Vision layanan modifikasi camera menyebutkan, panas heatsink dari procesor menjadi penyebab.
Posisi heatsink pendingin procesor terlalu dekat dengan board lain yang terkena dampak.
Layanan tersebut memodifikasi heatsink agar tranfer panas dihantarkan ke bodi camera untuk membantu pendinginan yang lebih efisien.

Solusi camera kepanasan model Canon EOS r5




.
2020 Agustus
Kasus camera kepanasan akhirnya kembali.
Walau teknologi camera ini mampu merekam video 4K dan 8K.

Canon EOS R5 dan R6 bila merekam video dengan 4K 120 frame perdetik. Tidak akan lama camera menjadi panas.
Setelah camera panas, harus menunggu sampai mendingin kembali.
Canon memberikan data, bila merekam camera memerlukan waktu pendinginan setelah merekam video dalam durasi tertentu. Kecuali merekam video 4K 30 frame tidak masalah

    8K RAW 30p – 20 menit
    8K HEVC 30p – 20 menit
    4K 120p – 15 menit
    4K 60p (no crop) – 35 menit (2 video terpisah 29m 59s dan 5m)
    4K 60 (crop, 5.1K oversample) – 25 menit
    4K HQ 30p (8.2K oversample) – 30 menit
    4K 30p – tidak masalah

Kasus Canon berbeda. Mengapa camera kelas profesional terserbut bermasalah untuk merekam video resolusi tinggi.
Satu investigasi menyebut, diam diam pabrik mengunci. Tim menguji bagian sensor yang disebutkan panas
Pertama kali camera dihidupkan dan suhu naik ke 30 deg.C


5 menit tidak digunakan suhu sudah naik 46 deg.C tanpa merekam atau mengambil foto.
Test mengambil gambar dengan durasi 5 menit. Suhu stabil di 46 deg.C
Tetapi setelah menecapai 30 menit, muncul pesan Video Restricted diam diam aktif di camera, dan camera tidak dapat merekam video.
Kelucuan sistem pengaman Canon dibuat unik. Camera yang panas naik ke 62 deg.C lebih cepat dingin. Tapi peringatan tetap mengunci di camera walau suhu camea sudah turun.


2010 Oktober
2 teknologi dijadikan satu, DSLR dan Camcorder. Awalnya banyak keluhan muncul, ketika mengunakan camcorder dengan tambahan kemampuan still gambar. Banyak penguna mengatakan hasil gambar foto kurang bagus bila diambil oleh Camcorder. Sisi sebaliknya, camera digital DSLR memang bagus mengambil gambar diam. Tapi kemampuan autofokusnya melempem bila digunakan merekam video.

Camcorder dirancang untuk tahan berjam jam merekam gambar bergerak, saat ini sudah ada camcorder seharga $350 dengan kualitas HD. Sekarang semua digabung menjadi satu kedalam camera DSLR dengan kemampuan merekam gambar HD Video. Harganya masih melampung diatas $700.

Nyatanya tidak semua camera DSLR mampu merekam gambar video dengan durasi panjang. Konon camera DSLR akan cepat panas. Camera DSLR Nikon misalnya, akan memberikan peringatan mundur dalam 30 detik bila camera mengalami kepanasan. Padahal ada batas dari camera DSLR Nikon, yang rumornya hanya boleh merekam selama 5 menit saja.

Beruntung ada satu lagi teknologi gabungan dari DSLR dan Camcorder, mampu bertahan lebih lama. Solusinya ada pada Sony Alpha SLT-A55V terbaru dan A33. Sony mengatakan camera mereka bisa dipakai merekam selama 29 menit tanpa peringatan terjadi overheating. Tetapi ada prosedur yang harus ditaati. Image Stabilization haris dimatikan. Sony A55 misalnya dapat bertahan selama 9 menit merekam gambar video.

Sony A33 bisa bertahan merekam video sampai 11 menit. Bila camera terjadi overheating, cukup matikan sebentar dan kembali di nyalakan. Apakah penguna perangkat elektronik harus memilih antara DSLR dan Camcorder terpisah. Sepertinya teknologi harus seperti itu, sebelum muncul teknologi baru yang bisa mengabungkan kedua fungsi secara utuh. Untuk saat ini kebutuhan untuk merekam gambar video dengan durasi lama, sebaiknya tetap mengunakan camcorder.

Berita terkait
Nikon Astro D850 aslinya adalah dari bodi Nikon D850. Dirancang untuk foto astronomi, perbintangan dan galaksi. Memiliki internal pendingin dengan heatsink dan fan khusus. Bagian depan ditempatkan unit filter.  Membuat camera lebih besar dari ukuran bisa, karena sensor dipindah ke bagian depan

Computer editing foto, paul memilih Core i7 8700K 6 core seharga $399 sudah cukup. Walau dia sendiri memacu procesornya sampai 5,2Ghz dengan water cooling buatan Corsair.



Khusus bagi penguna camera dSLR, untuk mengabadikan foto dengan Burst Mode. Camera terus mengambil puluhan foto untuk sebuah objek. Kecepatan camera membedakan antara camera kelas pemula dan profesional. Khususnya untuk foto olahraga, aksi dan lainnya yang membutuhkan camera mengambil foto sebanyak munkgin

Astrofotografer Filippo dari Itali ini kreatif. Dia membuat pendingin camera agar tidak kepanasan. Sebuah bodi camera DSLR 5500 dipasangkan cooler yang disebut Primalucelab D5500a dipasangkan pendingin sel Peltier

Membuat teknologi camera di smartphone, akhirnya membuat kebiasaan orang membuat foto dengan terbalik. Salah satunya foto dari kampanye Hillary Clinton. Ketika foto dibuat mungkin kita bingung mereka sedang membuat foto siapa.

Sejak pagi sampai sore hari, beberapa pesawat TNI AU melintas diatas Jakarta 5 April 2016. Pada pagi hari sempat terlihat beberapa pesawat jet tempur untuk berlatih dan pesawat F16. Tetapi di sore hari terlihat parade pesawat paling lengkap, dari F16, Sukhoi dan pesawat jet latih T-50i Golden Eagle melintas bersama.

Camera Nikon memiliki 2 tombol yang tidak tertulis. Fungsinya untuk reset camera ke default Factory. Model high end terdapat 2 tanda hijau pada bodi camera Nikon. Bila di tekan selama 2 detik bersamaan, maka setting camera akan ke default. Tapi di model pemula seperti seri 3000 hanya bisa di set dengan manual dari menu.




No popular articles found.