Kripto mining Malaysia computer mereka digiling karena mencuri listrik


Stuff | 18 July 2021

Tidak hanya di China yang gerah dengan penambang mengunakan listrik dan mencari biaya listrik termurah.
Sampai usaha tersebut di usir dari negara China.

Iran juga mengalami masalah yang sama. Setelah listrik sempat byar pet akibat kurangnya pasokan listrik. Karena sebagian besar power listrik ternyata digunakan oleh penambang uang kripto.
Mengapa di Iran, salah satunya harga listrik yang hampir paling murah

Negara dengan harga listrik per kWh paling murah, dalam US Dollar
Venezuela – 0.00
Sudan – 0.00
Ethiopia – 0.01
Iran – 0.01
Cuba – 0.01
Zimbabwe – 0.01
Libya – 0.01
Angola – 0.02
Bhutan – 0.02
Malaysia – 0.06
Indonesia – 0.10

Otoritas Malaysia menghancurkan 1.069 rig / computer penambangkripto dengan mesin giling.



Operator penambangan kripto dituduh mencuri listrik senilai US$2 juta.

Kejadian tersebut dilakukan di sebuah kota di Sarawak Malaysia.

Mereka menyita 1069 perangkat khusus dan dihancurkan dengan mesin giling.

Menurut pemerintah setempat, computer yang disita berasal dari 6 penggerebakan antara bulan Februari sampai April 2021.
Perusahaan listrik Sarawak Energy Berhad menuduh pemilik penambang atau operator penambang mencuri listrik ilegal untuk usaha mereka.

Nilainya tidak kepalang tanggung, 8,4 juta ringgit Malaysia. Bila di konversi senilai 2 juta dollar untuk kerugian perusahaan listrik.

Masalahnya memang sama, penambang ingin mendapat keuntungan untuk mendapatkan uang kripto.
Dan mereka membangun perangkat computer dengan kemampuan kelas performa. Masalah lain muncul  karena computer tersebut bekerja 24 jam dan menghabiskan listrik sangat besar.

Mereka serius melakukan usaha dari Bitcoin atau Ethereum dengan computer khusus.

Dampaknya tentu saja mulai melirik hal ilegal, mencuri listrik. Kalau bisa gratis mengapa tidak, tentu saja itu merugikan perusahaan negara.

Kepala polisi kota Malaysia Hakemal Hawari mengatakan kepada harian Dayak Daily bahwa pencurian energi operasi pertambangan telah merajalela tahun 2021.


Setidaknya tiga rumah terbakar akibat sambungan listrik ilegal.

Kira kira berapa nilai computer yang dihancurkan tersebut. Hampir sebanding dengan nilai yang dicuri, sekitar 1,2 juta dollar.



Apakah sudah selesai, ada data terbaru kemana penambang membangun ladang baru.
Data dari universitas Cambridge menunjukan arahnya ke Amerika Serikat.

Amerika menjadi ladang penambang uang kripto nomor dua, tercatat 17%.
Dalam 1 tahun kedepan, di US akan dibangun infrastruktur oleh investor penambang.
Tetapi bukan penambang yang keluar dari China sebagai pusat terbesar. Pangsa pasar di US kemungkinan akan lebih besar lagi.

500 ribu rig penambang China sebelumnya sedang mencari rumah baru di Amerika. Jika mereka pindah kesana, di US sendiri akan mencapai 40% hashrate global pada tahun 2022.
Di Amerika terdapat beberapa perusahaan hosting besar meliputi data center
Perusahaan investasi penambang mungkin tidak lagi mencari listrik murah, melainkan geografis, politik dan yurisdiksi yang stabil.
Setidaknya perangkat yang nilainya miliaran dollar mendapatkan perlindungan.
Amerika juga menjadi negara energi termurah, karena listrik sudah dihasilkan dari energi terbarukan.


Berita terkait
Sebuah film BBC menceritakan apa yang luput dari perhatian kita selama 1 tahun pandemi. Menceritakan alam kembali ke kota besar di luar Indonesia. Bila menonton film ini, kita dapat menebak, jangan jangan kesempatan seperti ini tidak akan terulang sepanjang hidup.

Manusia melihat planet Mars dari dekat dengan gambar hitam putih. Foto pesawat ruang angkasa Mariner 4 tahun 1974 membuat foto permukaan Mars. Puluhan tahun berlalu film Mars One Day On The Red Planet telah lengkap. Sekarang Mars sudah dipetakan secara lengkap dan detil, walau disana jauh berbeda dengan Bumi. Sampai misi misi terakhir Curiosity dan kemungkinan manusia tinggal di Mars sebagai koloni planet kedua..



Ini teknologi yang diterapkan langsung di perangkat rumah. Kwikset Halo Touch smart lock adalah kunci dengan sensor sidik jari. Bukan kunci biasa, tapi langsung di pasang pada pintu. Dapat menyimpan 100 sidik jari untuk 50 user. Jadi 1 orang memiliki 2 sidik jari untuk membuka pintu.

Dahulu tempat yang berada di dekat Florida, Cuba dan sebuah pulau Bermuda menjadi tempat misteri, ketika beberapa pesawat dan kapal hilang tanpa jejak. Peneliti mengungkap adanya pertemuan angin membuat hilangnya kapal dan pesawat. Tapi kondisi yang terjadi sangat ekstrim.

Konstruksi jalan diatas direkam di Tverskaya Street. Segerombolan kendaraan konstruksi melapis luas jalan 32 ribu meter persegi dengan 8 ribu ton campuran aspal. Puluhan truk pengangkut aspal panas, 6 kendaraan untuk meratakan aspal, dan entah berapa  banyak kendaraan untuk mengiling aspal hingga rata.

Video ini direkam di pabrik KPZ yang mengkhususkan untuk memproduksi baut ukuran besar. Satu video ini memperlihatkan teknologi membuat baut tanpa perlu waktu lama untuk menjadi sebuah sekrup seberat 2,6 ton. Proses awal dimulai dengan pembakaran besi menjadi lunak, dan tekniknya sama seperti menempa.




No popular articles found.