Stasiun ISS lepas modul Pirs diganti dengan modul baru tapi repot melepasnya


Shortstory | 26 July 2021


Rusia telah melepas modul Pirs untuk menganti modul ruang angkasa baru.
Stasiun ruang angkasa ISS mengunakan sistem modul untuk merakit menjadi unit lebih besar. Rusia, Amerika, Jepang dan Eropa bergabung membangun stasiun ISS yang sebelumnya dimiliki Rusia.

Modul Pirs telah menjadi bagian unit stasiun ruang angkasa selama 20 tahun.
Modul Pirs telah dipasang sejak 14 September 2001, ketika itu dibawah oleh pesawat ruang angkasa Progress
Dengan pesawat ruang angkasa yang di modifikasi untuk dikirim dengan roket Soyuz-U.
Tiga hari setelah dikirim modul Pirs terhubung dengan modul utama Zvezda, menjadi modul bertekanan keenam yang ditambahkan ke stasiun luar angkasa.
Sekarang unit ISS sudah sedemikian besar dan dimiliki 4 badan antariksa dunia.

Unit tersebut difungsikan sebagai docking atau koneksi modul astronot untuk masuk ke ruang ISS. Istilahnya tempat untuk parkir pesawat ruang angkasa yang tiba di ISS. Ada 2 unit pintu masuk yang menghubungkan ISS dengan pesawat ruang angkasa.

Modul Pirs untuk docking di lepas jam 6 pagi WIB 26 Juli 2021. Dan perlahan ditarik kargo Progress yang sedang sebelumnya parkir.

Modul Pirs memiliki panjang 5 meter dengan tinggi 2,5 meter serta bobotnya mencapai 3,8 ton. Dihubungkan ke unit Progress MS-16.
Perlahan modul di lepas dan ditarik menjauh, yang nantinya akan diturunkan memasuki orbit bumi dan terbakar.
Jatuhnya Pirs bersama Progress, sekitar jam 8 malam 26 Juli 2021.
Diperkirakan akan jatuh di Samudra Pacifik

Pelepasan modul dilakukan selama 5 hari. Rocsomos (istilah astronot Rusia) akan mengantinya menjadi ruang sain.
Disebut modul serbaguna / MLM Nauka. Jadwalnya selesai 1 hari tapi penurunan modul sempat ditunda 4 hari sebelum dilepas turun ke Bumi.


Memastikan modul Nauka dipastikan tiba untuk pengantian.

Modul tersebut sebenarya sudah direncanakan sejak 13 tahun lalu.
Modul Nauka tertunda karena masalah teknis dan terbatasnya anggaran.
Nantinya akan difungsikan untuk fasilitas penelitian, juga tempat parkir pesawat ruang angkasa dan ruang udara bertekanan.

Sementara tempat Nauka masih kosong, dan baru dikirim 29 Juli 2021.

Seperti gambar dibawah ini, bagian kiri adalah modul Pirs, yang ditarik di bagian kanan oleh pesawat ruang angkasa Progress

Modul Pirs International Space Station

Berita terkait
Setelah Rusia memutuskan mundur mengurus ISS. Tahun 2021 ini, proyek Tianhe dari stasiun ruang angkasa China dimulai. Bukan prototipe, tapi stasiun yang akan dibangun untuk dihuni astronot. Rencananya stasiun Tianhe selesai pada tahun 2020, setidaknya membutuhkan peluncuran sampai 10x

Mengabadikan galaksi di kota sangat berbeda dibanding daerah bebas cahaya, dimana daerah yang tepat. Foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta 20 Mei 2020 jam 4 pagi dapat mengabadikan galaksi Bima Sakti di atas rumah 18 April 2016, dengan mudah untuk membuat foto galaksi di tempat terang dari tengah kota. Teknik foto galaksi Bima Sakti



Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

5 sinyal misterius dari ruang angkasa tertangkap teleksop radio dalam bentuk sinyal yang disebut Fast Radio Burst. Sejauh ini ada 11 sinyal radio yang pernah di rekam sebelumnya diterima oleh para astronomi. Akhirnya terjawab di tahun 2017. Dari mana asal sinyal radio di ruang angkasa.

Operasi stasiun ruang angkasa internasional kabarnya akan berakhir. Rusia berencana memisahkan diri dari pengunaan modul IIS, dan membuat menjadi stasiun ROS atau Russian Orbital Station. Sejauh ini peralatan Rusia sudah bekerja bertahun tahun di stasiun ISS, menjaga kru atau astronot aman disana.

Dimulai tahun 1998, stasiun ruang angkasa Rusia Zarya berubah namanya menjadi ISS. Dari ukuran satu modul kecil, ISS saat ini memiliki lebar 72 x108 meter atau seluas lapangan bola Softball. Sampai tahun 2010 belum ada penambahan modul baru, tapi tahun 2016 - 2017 Rusia akan menambah modul disana sampai 4 ruang baru. Berapa suhu di stasiun ruang angkasa, dingin atau sejuk.




No popular articles found.