Baterai Xiaomi beri peringatan baterai tidak original dan ponsel gray market di blok


Stuff | 27 August 2021



Penguna Xiaomi di luar regional mungkin di blok September 2021
Sering disebut smartphone Gray Market, model smartphone di jual untuk negara /  regional tertentu dapat dikirim ke regional atau negara lain yang belum mendapatkan. Atau Xiaomi tidak menjual model tertentu ke negara lain.

1-2 bulan lalu penguna Reddit dan Facebook melaporkan beberapa kali pemblokiran Xiaomi di wilayah tertentu. Dan terus meningkat signifikan pada September 2021

Keterangan di smartphone muncul
Xiaomi policy does not permit sale or provision of the product to the territory in which you have attempted to activate it. Please contact the retailers directly for additional information

Pemilik ponsel Xiaomi tidak menjual, menyediakan produk di tempat anda. Silakan hubungi penjual.

Walau peringatan tersebut muncul, tidak dijelaskan di area mana saja yang terkena aturan tersebut.
Yang sudah melaporkan dari pemilik di Kuba, Suriah, Iran, Korea Utara dan Sudan, serta di Krimea.
Indonesia tidak terkena dampak penjualan ponsel gray market.

Peringatan pengunasan baterai Xiaomi 27 Agustus 2021
Produsen konsumer kadang memasukan sesuatu di perangkat mereka. Kasus printer berwarna yang dikeluhkan penguna, tinta dibilang habis. Tetapi terungkap isi tinta masih tersisa di catrdige.

Smartphone memasukan bloatware, program yang seharusnya tidak perlu ada di perangkat.
Apple menanam chip controller untuk mengetahui baterai di iPhone adalah baterai asli atau non Apple.



Kasus menarik dari temuan tim XDA. Mereka menemukan kode di aplikasi Mi security 5.0 edisi 2021 terkait peringatan di bagian baterai.

Disana ditemukan kode untuk indikasi baterai baru dan berpengaruh dengan pengaturan pengisian / charging.

Prosedur sistem Xiaomi akan memunculkan peringatan, dan sistem smartphone akan menurunkan kecepatan pengisian baterai.
Ketika sistem OS MIUI menditeksi smartphone telah dipasang baterai tidak sah alias bukan baterai asli Xiaomi. Peringatan dapat muncul di sistem smartphone.

Baterai Xiaomi tidak resmi atau bukan asli muncul peringatan

Peringatan tersebut seperti meminta penguna mengubungi dealer resmi yang dapat menganti baterai asli.
Ada juga peringatan lain menyebut baterai tidak resmi dapat mengakibatkan kerusakan di perangkat dan membahayakan penguna.
Dari gambar diatas, keterangan diberikan dalam bahasa Inggris.

Hanya Mi 9, Mi 10, dan Mi 10 Pro sementara
Code ditemukan untuk 3 model smartphone Xiaomi dan di jual untuk pasar China.
Tentu ada pertanyaan, mengapa screen diatas menampilkan dalam bahasa Inggris. Bisa saja smartphone sudah di pindah ke bahasa lain diluar Mandarin.

Apakah pengaman tersebut akan diperluas untuk smartphone model lain.
Sementara Belum diketahui ada model smartphone lain yang di jual di China mendapat peringatan yang sama.


Produk lainnya sementara belum berpengaruh., bahkan produk yang di pasarkan di China sendiri.

Apakah akan berdampak bagi konsumen, bisa di jawab ya dan tidak
Tidak berarti Xiaomi ingin mengendalikan penjualan After Sales sepert baterai original.
Mungkin tujuan lebih penting agar penguna tetap aman, dengan baterai resmi.

Bila baterai versi KW atau baterai third party, maka pengisian baterai kemungkinan diperlambat, karena disain baterai tidak dirancang untuk pengisian cepat seperti baterai asli Xiaomi.
Tentu saja kita harus mengerti peringatan tersebut untuk keamanan.

Bila baterai standar yang tidak mampu diberikan arus besar seperti baterai asli.
Baterai dapat mengalami masalah lain seperti membengkak, terjadi panas, bila bocor akan berbahaya dan merusak smartphone.

Dari XDA sendiri masih mempertanyakan, bagi user yang mendapatkan peringatan ketika baterai yang dipakai adalah baterai kw atau non original bisa di mengerti.
Tetapi memperlambat pengisian baterai, hal berbeda.

Pembeli mungkin tidak tahu apakah kualitas baterai yang dipakai memang buruk.
Mungkin baterai pihak ketiga belum tentu kualitasnya jelek. Khususnya di China sendiri, produk aksesori smartphone cukup diminati.

Tidak dijelaskan bagaimana Xiaomi dapat menditeksi pengisian baterai versi KW.
Untuk Apple memiliki sistem chip dimana dipicu sebuah mikro controller yang hanya dapat di konfigurasi oleh servis resmi ketika baterai iPhone diganti dengan baterai pihak ketiga.
Mungkin Xiaomi mulai menerapkan cara yang sama. Atau ada tujuan lain agar penguna tidak menempatkan smartphone mereka ke bahaya lain.

Berita terkait
Membeli barang online dari luar negeri jangan sampai tertipu. Kasus smartphone rekondisi di Indoesia terjadi di Indonesia. Sekarang di online, menjual produk palsu. Huawei P10, iPhone X, Samsung Galaxy S9, Note10, Vivo X23, X27 sampai Huawei P40 yang persediaannya kosong juga dipalsu

MicroSD palsu 1TB dan 2TB, tidak peduli merek apa. Dari Sandisk, Samsung, Huawei juga dipalsu. 1TB microSD $300 paling murah, dijual $3 di Indonesia. MicroSD 4GB dan 8GB dirubah menjadi 64GB, 128GB, 256GB, 512GB. Kabar baik dan kabar buruk bagi penguna gadget. Chip di dalam memory card sebenarnya bisa di rubah dari program. Memeriksa memory card dengan software khusus.



Anda penguna camera Nikon hati hati terlalu banyak produk palsu. Bila ditanya baterai Nikon asli dan palsu, Hanya dapat dikenal dari informasi website Nikon. Karena bentuk disain label hologram sangat identik. Nikon memberikan informasi dari gambar baterai asli dan palsu. Setidaknya dapat dibedakan dengan melihat beberapa foto baterai palsu yang didapat.

Lepas dari kata jujur dari marketing memang berada di garis abu abu. Pemasaran smartphone Huawei Nova 3 dan P30 Pro ketahuan netter. Desember 2018 fotografer melihat hasil karyanya muncul di website Samsung. Foto memang dijual tapi tidak disangka diakui sebagai hasil foto camera smartphone

Foto palsu memang menjengkelkan. Tapi yang ini berbeda dan menghibur. Bila anda ingin ngerjain teman anda, seperti memposting video atau foto sedang jalan jalan di pesawat. Tip membuat foto dan video palsu ini menjadi tantangan di Tik Tok. Caranya sangat mudah, mungkin orang lain akan percaya, tapi jangan keterlauan. Nanti yang melihat jengkel sendiri melihat foto palsu anda.

Penguna computer sudah mengetahui bahwa harga tinta dan nilai yang dijual hanya tipuan. Tapi satu toko cetak di Seattle ini telah mengungkap betapa buruknya cara kerja printer berwarna dari salah satu merek. Mungkin kita banyak mencetak, apakah seluruh tinta habis digunakan untuk mencetak




No popular articles found.