AMD Zen4 Raphael dan AMD Rembrandt socket 5 CPU atau APU Gen4 dan chipset 600


Hardware | 31 August 2021

AMD menyiapkan procesor Zen4 setelah generasi Zen3. Perubahan di teknologi kerapatan silikon procesor. Zen 2 dan Zen 3 mengunakan teknologi 7nm.
Sedangkan Zen4 procesor diproduksi dengan kerapatan silikon lebih rapat 5nm.
Walau berita ini masih sebatas dokumen internal.

Boleh dibaca baca, mengingat Windows 11 mendatang hanya bekerja di computer model baru.
Siapa tahu ada wacana untuk menganti computer yang sudah usang.

Bocoran dari data Gigabyte menunjukan
AMD Raphael seri CPU Desktop PC mengunakan socket AM5
Socket AM5 memiliki jumlah pin LGA 1178

AMD Rembrandt adalah tipe CPU APU
Juga mendukung lebih banyak PCIe 4.0 dan membutuhkan chipset AMD 600.

AM5 chipset dan socket AM5 procesor.

Bagian hijau adalah blok dari CPU yang mengkontrol sebagian komponen untuk kecepatan tertinggi.
DRAM DDR5 tipe dual channel
1 USB Secure
SPI/QUAD SPI



Di blok ke arah kanan, sebagian ditangani oleh chipset AM5
Melalui jalur PCie x4, chipset hanya mengatur PCIe NVme, LAN, WIFI, Card Reader
Perangkat USB 3.2 sampai USB 2, dan perangkat SATA untuk storage SSD

Pada bagian CPU mengkontrol langsung unit
PCIe x8 Gen4 untuk VGA
PCIe x4 Gen4 untuk slot M2, dapat mengkontrol 4 NVMe storage kecepatan tinggi.

PCIe x4 Gen4, serta 2 jalur untuk DisplayPort 2.0 dan 2x USB.
2x USB 2. di kontrol langsung melalui CPU.
PCIe x4 untuk DDI seperti output display
Terakhir 1x USB 3.2 Gen2 via upgrade BIOS, memiliki perbedaan dibanding jalur dari chipset, karena mengunakan koneksis langsung ke controll erid CPU.


AMD Zen4 blok diagram chipset

Data dari Gigabyte menunjukan disain terbaru revisi 0.7 tertanggal Agustus 2021.

Tidak semua model menawarkan fitur 28 PCIe lane, yang lain hanya mendapat 20 Lane untuk pengunaan berbeda dibanding model antusias PC.



Model procesor AMD Zen4 kabarnya tidak menawarkan PCIe 4.0 untuk VGA.
Terrlihat tampilan DDI menunjukan jalur yang dipakai adalah X4 tapi hanya untuk procesor tipe APU dengan internal graphic.

Disain arsitek AMD Raphael yang membawa nama Ryzen tidak terlihat lebih besar dibanding CPU dengan APU sebelumnya.

Spesifikasi diatas adalah data bocoran dari pabrikan motherboard Gigabyte. Spesifikasi procesor AMD seri 4 nantinya diumumkan langsung AMD Socket5.
Kapan keluar AMD Socket5, baru tampil tahun 2022.


 

Berita terkait
Intel memilih TSMC memproduksi chip Arc yang akan diluncurkan tahun 2022 mendatang. CPU tetap diproduksi di pabrik internal Intel. Apa pertimbangan yang Intel dapatkan, dan mengapa hal tersebut sangat baik untuk Intel sendiri. Intel meminta produksi GPU Arc dari TSMC dengan 6NM, yang lebih rapat dibanding AMD dan Nvidia.

Gamer mendominasi pengunaan procesor Intel dibanding AMD. AMD masih bermasalah dengan persediaan CPU di pasar. Teratas VGA lawas masih rangking teratas dari Nvidia. Kondisi kurangnya suplai VGA, seri VGA RTX 2060 dan 1060 masih bertahan bahkan meningkat.



AMD menyiapkan procesor baru seri Ryzen 5000 untuk computer desktop. 2 varian Ryzen 5 dan Ryzen 3 akan lebih hemat power, tapi tidak mengunakan akhiran X. Ryzen 7 dan Ryzen 9 tersedia sampai 16 core dan kecepatan boost 4,9Ghz.

AMD akan mengumumkan seri VGA Radeon Radeon RX 6800, 6800 XT dan 6900 XT. Spekulasi VGA tercepat membutuhkan power 300W, serta kecepatan diatas 2Ghz. Ada rahasia AMD dengan seri Radeon dengan Infinity Cache. Fungsi untuk mempercepat distribusi data melalui cache buffer dari interface memory.

AMD telah mengkonfirmasi VGA AMD Radeon RX Vega. Informasi terbaru memiliki 3 tipe. Update 2 spek Radeon RX Vega 56 dan RX Vega 64 test Real World. AMD Radeon Vega mungkin mengisi kelas menengah. Feb 2019 AMD turunkan harga Vega 56, setelah muncul GTX dari Nvidia

MD siapkan procesor Ryzen, dan produsen heatsink premium menyiapkan konverter kit untuk socket AM4. Beberapa produsen memberikan gratis, dan lainnya dijual terpisah sebagai unit Converter Kit AM4. Cryorig dan Thermaltake masuk daftar untuk cooler AMD Ryzen

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.



Terlihat sama tetapi ada beberapa perbedaan penting. Ukuran lubang pin, beban pada procesor dan disain pendingin sedikit berbeda. Socket AM4 berbeda karena rancangan procesor baru seri Zen. AMD mungkin kembali ke socket LGA




No popular articles found.