Industri pertanian vertikal dan sistem otomatis produk sepanjang tahun


Green | 26 January 2022

Industri pertanian paling terkena dampak dari perubahan iklim.
Suhu panas, curah hujan, gangguan hama yang menganggu produksi pertanian.

Amerika mulai tampil beberapa perusahaan pertanian berteknologi tinggi.
Memproduksi sayuran di dalam ruangan, dengan kebun vertikal, tanpa terganggu oleh iklim.
Disebut produksi organik, sayuran di tanam dalam ruang dengan sistem vertikal.

Satu perusahaan di Singapura dengan lahan yang terbatas, berhasil membangun kebun vertikal dan menghasilkan sayuran di dalam negeri.
Tren di Amerika khususnya wilayah California muncul beberapa perusahaan pertanian sayuran dalam ruangan.

Skala pertanian tentu memiliki skala tertentu, dari petani kecil atau menanam sayuran di rumah dengan lahan yang tersedia. Skala industri seperti perkebunan, dan tren baru dari industri pertanian vertikal.
Industri ini sudah setidaknya telah tampil di era tahun 2013 lalu. Awalnya sebagai pemasok skala kecil dan menengah.
Perubahan di era saat ini adalah teknologi, robot, dan kebun vertikal yang semakin tinggi. Meminimalkan luas lahan dan cukup dibuat dalam satu gedung.

Bila sayuran di tanam dengan 10 baris sepanjang 4 meter mendatar dengan jarak 50 cm, setidaknya membutuhkan lahan tanah 20 meter persegi
Dengan kebun vertikal, cukup 10 baris dan naik 4 meter ke atas dengan jarak 50cm. Lahan yang dibutuhkan sekitar 5 meter, karena luas mendatar digantikan dengan kebun bertingkat.

Beberapa catatan dari industri besar berbasis teknologi mendapatkan dana untuk memperluas produksi makanan.
Industri pertanian skala teknologi tersebut tidak hanya memproduksi pangan bersih dan aman. Termasuk penyediaan sayuran segar sepanjang tahun.



Raksasa retail Walmart Amerika baru baru ini memasok dana ke perusahaan pertanian vertikal. Membawa sayuran segar ke semua toko di California tahun 2022.

Sekitar $400 juta untuk Plenty dari Madison Group dan JS Capital, dengan SoftBank Vision Fund.

Dengan langkah tersebut, toko Walmart masuk ke bidang teknologi makanan yang trendi untuk membawa produk pertanian lebih dekat ke meja dapur pelanggan mereka, sekaligus meningkatkan kesegaran produksi pertanian, membatasi limbah, dan mempromosikan sumber daya keberlanjutan di sektor makanan.

Perusahaan yang baru berdiri untuk industri makanan dan pertanian membuat area panas bagi perusahaan modal ventura selama pandemi.
Terutama karena konsumen lebih sering makan di rumah dan pengecer menghadapi tantangan dengan jalur distribusi penyuplai.



Pertanian di dalam ruangan menjadi solusi potensial ketika menghadapi pola cuaca yang tidak terduga dan bencana alam, seperti kebakaran hutan di California, yang dipicu oleh perubahan iklim.
Wilayah California cukup terganggu dengan kondisi alam yang tidak terduga dalam beberapa tahun terakhir.

Keputusan Walmart tidak diambil dalam satu malam, tapimelakukan riset bertahun tahun.
Walmart berkeliling dunia, bertemu dengan perusahaan pertanian vertikal dan belajar bagaimana mode pertanian yang baru selama empat tahun terakhir, kata Martin Mundo, produk merchandising di AS.

Walmart melihat pendekatan tersebut sebagai solusi yang ramah lingkungan, dan memastikan pasokan produk berkualitas tinggi serta tersedia sepanjang tahun, katanya.

Pertanian vertikal skala industri

Pertanian vertikal hadir dengan beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pertanian tradisional, menurut laporan Morgan Stanley
Penelitian tentang masa depan pangan khususnya dapat tetap tersedia dibandingkan teknologi pertanian konvesional di lahan terbuka.

Tanaman dapat tumbuh lebih cepat dan menghasilkan produksi yang lebih besar karena mengandalkan sumber cahaya sintetis yang diatur, dibanding mengandalkan sinar matahari dan tidak banyak terganggu akibat perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat berubah.

Tanaman tumbuh tanpa pestisida, menghilangkan limpasan yang dapat merusak satwa liar dan merusak kualitas tanah.
Konsumen biasanya melihat waktu simpan yang lebih lama untuk membeli.
Karena tanaman tidak dibiarkan berjam-jam di belakang truk atau layu karena menahan perubahan suhu selama transportasi.

Banyak varietas selada, termasuk meliputi kangkung, arugula dan campuran produksi dari musim semi dapat ditanam tanpa pestisida.
Merek tersebut dijual oleh beberapa toko Albertsons dan gerai Whole Foods milik Amazon dan dikirimkan ke perusahaan grosir Instacart dan Good Eggs.
Perusahaan Plenty telah mengumpulkan lebih dari $900 juta, termasuk investasi terbaru dalam pengembangan usaha.

CEO Arama Kukutai mengatakan kesepakatan Walmart adalah langkah menuju produksi sayuran segar, produk bersih yang lebih mudah diakses dan terjangkau ke masyarakat.

Produk Plenty menghasilkan sayuran yang lebih terjangkau. Mengingat kesan produk hijau dikaitkan produksi premium dengan harga yang mahal.


Plenty mengatakan, ini bukan produk sayuran dengan daun organik berkualitas tinggi.
Tetapi produk mereka dapat menjangkau ke konsumen secara demokratis yang lebih luas.

Beberapa perusahaan lain bergerak di bidang [ertanian vertikal yang sama seperti Bowery Farming, AeroFarms, PlantLab dan BrightFarms.
Sejauh ini, selada dan rempah-rempah menjadi tanaman utama yang ditanam di dalam ruangan. Tetapi perusahaan Plenty mengejar untuk menanam lebih banyak produk bernilai tinggi.

Untuk tahun 2022, 250 toko Walmart di California akan mendapatkan sayuran hijau di pertanian vertikal di kota Compton di Los Angeles selatan. Beberapa sayuran akan dijual dengan merek Plenty dan yang lainnya akan dijual di bawah label pribadi Walmart.

Semua lahan pertanian Plenty berada di California, tetapi Plenty berencana segera memperluas ke area Pantai Timur dan mulai menanam jenis tanaman lain, kata Kukutai. Dia mengatakan Plenty berharap untuk menjual stroberi dan tomat kepada pelanggan tahun 2023.

Pemimpin perusahaan Plenty, Kukutai mengambil kendali sebagai CEO tahun 2022, setelah membawa dana segar bagi perusahaan tersebut melalui dana teknologi pangan dan pertaniannya, Finistere Ventures.

Investor sebelumnya lainnya termasuk, antara lain: Innovation Endeavours Eric Schmidt, milik Jeff Bezos Bezos Expeditions dan Driscoll's, penanam utama buah beri segar. Perusahaan yang berbasis di California ini juga memiliki kesepakatan dengan Plenty untuk menanam stroberi di dalam ruangan.

Mengapa industri pertanian vertikal menarik.
Perubahan suhu, kondisi iklim yang berubah. Membuat pertanian dengan lahan di dalam ruangan, mampu menghadapi gangguan produksi.
Bagi perusahaan besar, harus menghemat pemakaian tenaga kerja dan menganti dengan kecerdasan buatan dan sistem otomatisasi.
Banyak perusahaan industri pertanian melihat gangguan iklim dan suhu yang merugikan.

Beberapa jenis sayuran sensitif terhadap suhu, misalnya selada, sayuran hijau dan buah beri.
Perubahan suhu membuat produksi menurun bahkan gagal panen.
Tahun 2017, suhu di California mencapai 41 degC selama 4 hari. Diperkirakan wilayah tersebut dapat mencapai 22 hari mendapatkan suhu panas tidak biasa pada tahun 2050 mendatang.

Di tahun 1950an, negara bagian California menghasilkan kapas. Tapi kekeringan dan hama membuat produksi merosot.
Banyak petani meninggalkan produksi tersebut.

Di lembah Salinas, para petani beralih dengan sistem otomatis yang terkomputerisasi. Agar pengunaan air lebih sedikit untuk mengairi pertanian mereka.
Karena curah hujan di sana, membuat petani menambahkan sistem irigasi mikro dengan sistem otomatis.

Dari gangguan perubahan iklim tersebut, solusinya membawa lahan pertanian ke dalam ruangan.
Perusahaan Plenty mengandalkan lampu LED penganti cahaya matahari, dan pengunaan air yang lebih sedikit untuk di kontrol.
Memberi pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan rasa sayuran mereka kata staf Shirren bagian strategis Plenty.

Pertanian Vertikal dengan sistem otomatisasi

Prosesnya tidak banyak mengunakan pekerja. SIstem manufaktur berteknologi tinggi mengunakan robot.
Dari meja besar dimana bibit tumbuh, dan dipindah ke menara vertikal.
Panen dilakukan hanya 10 hari sepanjang tahun.

Luas lahan menjadi lebih kecil, cukup 1% lahan dibanding lahan konvensional.
Energi yang dipakai mengunakan energi terbarukan.

Perusahaan FarmWise mengunakan traktor robot untuk memetik sayuran kembang kol dan selada. Tetapi ada sebuah sensor camera dibawah robot yang mengenal sayuran, serta mengangkat rumput liar di sekitar sayuran.
Traktor otomatis tersebut dapat bekerja dengan luas 5-6 hektar setiap hari.
Sementara lahan konvensional membutuhkan 10-15 pekerja dan prosesnya membutuhkan 2 hari.
Teknisi dapat memantau traktor robot dan menyesuaikan kerja robot dari kantor pusat di San Francisco.

Perusahaan mengatakan untuk staf dibantu dengan teknologi, dalam menganalisa kesehatan tanaman dan menentukan berapa banyak pupuk dan air yang dibutuhkan.

Apakah industri ini hanya sekedar promosi sesaat. Contoh perusahaan Plenty sudah terlihat jelas, bagaimana raksasa retail disana tertarik membawa makanan organik ke estalase toko retail. Produk pertanian organik disana tidak lagi berkesan produk premium, tapi menjadi produk umum.



Eco One sebuah gedung besar di Uni Emirat Arab, terletak di negara dengan gurun timur tengah. Lahan skala besar pasti menguntungkan, karena UEA mengimpor 90 persen pangan dari luar negeri. Dengan perkebunan vertikal, sayur dapat diproduksi lokal, tidak perlu mengirim ribuan km.

Kebun sayur atau pertanian vertikal mencapai 86 luas lapangan tenis. Dalam 10 tahun perusahaan JFC dapat mengirim sayur, buah ke toko retail serta mengurangi impor dari luar negeri. Memangkas perjalanan pengiriman, membuat sayur datang lebih segar ke toko retail dan piring konsumen.



Islandia membangun mesin untuk menangkap gas CO2 dari udara. Kemampuan 4 ribu ton pertahun dan gas CO2 di padatkan lalu dijadikan gas pertanian. Karena tumbuhan memerlukan gas CO2 untuk tumbuh. Tapi manusia mengeluarkan miliaran ton gas CO2  ke atmofer. Apakah mampu, atau ada solusi lain.

Tidak perlu repot memerangi pemanasan global, suhu panas dan perubahan iklim. Yang tersedia saat ini, cukup menanam pohon di permukaan bumi. Tidak perlu seluruhnya di tanam pohon, karena Bumi cukup mendukung untuk menanam 1 miliar pohon baru. Tidak menganggu kota atau lahan pertanian, hanya menanam pohon baru saja.

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.



Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Cabai merah besar, dapat tumbuh dalam 3 bulan saja. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.




No popular articles found.