Robot Rookies Naver koneksi 5G kontrol robot di gedung


Technology | 26 May 2022

Pada hari kerja, kantor pusat perusahaan teknologi Korea Selatan Naver Corp di dekat Seoul seperti adegan film fiksi.

Sekitar 40 robot berkeliaran di lantai kantor, mengantarkan parsel sampai kopi Starbucks kepada beberapa orang.

Rookies, begitu robot dipanggil, berjalan di antara orang-orang disana, bahkan dapat berjalan untuk naik lift yang disediakan bagi robot dan pergi sampai ke 28 lantai gedung itu.

Bagi perusahaan Naver, otak dari sistem robot Rookies disimpan di cloud dan terhubung ke robot melalui jaringan 5G supercepat internal.

Sementara robot tampaknya melakukan pekerjaan mereka dengan baik, eksekutif senior Naver melihat dengan hati-hati melihat masa depan pengembangan komersial dari bisnis robot seperti Rookies.
Perusahaan menginvestasikan $550 juta, dengan teknologi 5G menghadirkan tantangan.

Ini akan menjadi tugas jangka panjang," kata Seok Sang-ok, CEO R&D arm Naver Labs, yang memimpin proyek robot.
Tapi masih menolak membuat perkiraan berapa nilai untuk bisnis ini.

Robot 5G Naver Korea

Naver adalah operator situs pencarian besar di Korea Selatan dan salah satu dari 10 perusahaan paling berharga dengan kapitalisasi pasar sebesar $35 miliar.

Mengunakan teknologi 5G, menjadi perusahaan non-telekomunikasi pertama di negara itu yang diizinkan untuk memiliki jaringan 5G berlisensi sendiri.



Pandangan Naver hati-hati terhadap bisnis robot menggarisbawahi tantangan yang dihadapi perusahaan untuk mengubah ide-ide inovatif yang dimiliki dalam teknologi 5G menjadi komersial.

Tantangan peraturan yang melibatkan layanan baru seperti kendaraan otonom, peluncuran jaringan yang tidak merata, dan peningkatan teknologi secara bertahap.

Bahkan di negara berteknologi maju Korea Selatan, jaringan 5G untuk jaringan seluler dimulai tahun 2019.
Permintaan layanan tersebut tetap tidak terdengar untuk bidang lain, dan perusahaan telekomunikasi enggan menginvestasikan jumlah besar yang diperlukan untuk meningkatkan kecepatan koneksi ke layanan pendukung seperti mengemudi otonom.

Sementara robot Naver saat ini melakukan fungsi dasar dan keandalannya sedang diuji dalam sistem kontrol, eksekutif Naver mengandalkan keterjangkauannya sebagai pengiriman saat ini untuk penggunaan yang lebih luas.



Naver juga menolak mengungkapkan harga kontrol robot generasi pertama tersebut, hanya mengatakan unit pemrosesan pusat dan unit pemrosesan grafis robot dan menjaga "otaknya" di cloud dapat mengurangi biaya satu unit sekitar $ 1.500.

Apa yang dibayangkan dalam teknologi di masa mendatang. Dengan kelambatan rendah 5G adalah kunci menghapus computer di dalam robot, dan memindahkan dengan akses daya komputasi besar dan tidak terbatas untuk robot," kata Seok.

Naver berencana untuk menambah jumlah robot menjadi 100 tahun 2022. Memungkinkan Rookies melakukan pekerjaan set-up dan pemeliharaan di data center besarnya yang selesai pada tahun 2023.

Pusat data center barau akan memiliki luas 300.000 meter persegi dan dapat beroperasi setidaknya 100.000 server, seperti kapasitas data center terbesar milik Microsoft atau Apple

5G adalah jaringan dengan banyak kelebihan, tetapi harus dioptimalkan untuk robot dibanding pemakaian ponsel saja.
Belum banyak yang bisa melakukannya, tapi kami melakukannya," kata Won Choong-lyol dari Naver Labs dalam wawancara.


Robot Cleaner Samsung Jet Bot AI Plus jauh lebih canggih dibanding robot pembersih lainnya. Mengunakan teknologi LIDAR untuk memetakan peta 3 dimensi. Sekaligus dapat mengenal objek yang sedang dibersihkan, dan robot mengenal objek sehingga tidak membentur.

LG kembangkan robot untuk disinfektan, dengan sensor AI untuk mengetahui gerakan disekitar. Robot membawa lampu UVC untuk membersihkan area yang sering disentuh. Bukan untuk pribadi, tapi ruangan dari kantor, sekolah atau restoran.



Cermin Lucy bekerja dengan sistem robot. Mengunakan sensor matahari, power dari cahaya matahari, dan memantulkan cahaya matahari ke dalam rumah. Cukup ditaruh di jendela dan bekerja nonstop tanpa memerlukan power ekternal.




No popular articles found.