Teknologi Intel 4 procesor proses EUV 7nm


Technology | 13 June 2022


Intel telah bangun dari tidurnya, setelah memperkenalkan proses pembuatan procesor teknologi EUV atau extreme ultra violet.

Procesor yang dibuat nanti dinamai Intel 4 dan arsitek Meteor Lake mengunakan teknologi terbaru.

Walau nama canggih, Intel jauh tertinggal oleh pabrik pengecoran silikon TSMC Taiwan. Yang membuat procesor untuk AMD dan GPU Nvidia.
Yang mengejar proses produksi 5nm untuk tahun 2022, dan berlanjut ke 4nm.

Intel 4, sudah disebut pada tahun 2021.
Sebenarnya proses pembuatan dengan kerapatan 7nm.

Procesor buatan Intel sendiri sampai tahun 2022 masih mengunakan kerapatan 10nm.

Yang berubah dalam proses pembuatan silikon, Intel mulai menempatkan teknologi sistem sinar EUV.

Dengan perubahan proses produksi, kecepatan procesor Intel dapat ditingkatkan 20% dengan konsumsi power yang sama.
Karena procesor dapat mengunakan voltase lebih rendah dibanding kecepatan proses yang di dapata.

Mengunakan lapisan dari 16 + 2 lapis yang dipaparkan cahaya EUV. Memisahkan bahan kobal dan beralih ke tembaga.
Walau teori dapat meningkat sampai 2x, tapi pada prakteknya akan dibawah itu.



Intel memilih bermain aman untuk memproduksi procesor sendiri.
Ketika teknologi 22nm sampai 14nm, disusul 14nm ke 10nm. Transisi terjadi perubahan agresif.

Disini tidak membicarakan teknologi procesor, tapi disain dan pembuatan procesor Intel
Seperti teknologi NAND chip, memiliki transisi dengan kapasitas chip. Dimulai generasi MLC, TLC  dan QLC.

Intel tidak menyebut nm setelah Intel 10nm.
Kedepan menjadi Intel 7, Intel 4, Intel 3, Intel 20A



Transisi Intel 10nm ke Intel7 dan Intel4

Meteor Lake akan menjadi produksi Intel 4. Dan akan lebih banyak produk baru nantinya.
Salah satu teknologi dari keping EMIB digunakan dengan 2 keping silikon yang ditumpuk.

Inti core baru akan dibuat dengan 6 core performa, dan 8 core efisien untuk procesor mobile.
Di ikuti inti untuk GPU, dan I/O di dalam chip.

Bila Intel selesai dan dapat membuat procesor tipe Intel 4. Kemampuan procesor untuk notebook, dapat meningkat antara 20% sampai 25% dibanding seri Intel Gen12 Alder Lake.
Walau nanti banyak faktor yang menentukan, apakah procesor Intel 4 dapat memiliki kinerja lebih tinggi seperti angka 20%.
Intel telah menentukan produksi Intel4 tahun 2022, mengingat tahun 2022 akan tampil disain baru dengan Intel3

Mengingat sejarah Intel cukup lama untuk merilis procesor generasi baru. Tahun 2017 telah menyebut transisi ke 10nm. Tapi produksi procesor Tiger Lake baru di lakukan tahun 2020, dan Alder Lake di tahun 2021.


Pabrikan mobil listrik Tesla memerlukan baterai 4680 kendaraan listrik. Ukuran baterai lebih besar, kapasitas besar, tapi produksi lebih murah. Baterai mobil listrik mungkin mengalami transisi dari ukuran 18650 ke 21700 dan 4680 yang lebih besar di tahun 2019 sampai 2023. Khususnya kendaraan untuk menempuh jarak lebih jauh

Teknologi fusi nuklir terus dikembangkan agar dapat digunakan di dunianya nyata. Masalah utama menjaga plasma tetap bertahan di dalam reaktor. Bagaimana dengan teknologi Machine Learning, dalam pengujian dapat membantu mengkontrol medan magnit dalam reaktor.



Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..

Cara kerja sensor sidik jari Qualcomm 3D Sonic Max Gen 2 lebih cepat. Sensor Capacitive yang umum digunakan di smartphone pemula dan menengah. Teknologi sensor sidik jari optik sebagaimodel kelas menengah ditempatkan di tengah layar. Lebih canggih sensor ultrasonik yang lebih akurat mengenal sidik jari.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3

Teknologi PCIe 5.0 selesai di ratifikasi, PCIe 6 atau Gen 6 menyusul. Masih rencana PCie 7. Seperti kebutuhan storage dan trafik ethernet, dimana computer masa depan membutuhkan kecepatan tranfer data sangat tinggi. PCIe 5.0 semakin cepat, temperatur SSD paling baik di 25-50 deg.C



Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar




No popular articles found.