Planet HD 260655 b dan c tipe Super Earth hanya 33 tahun cahaya dari Bumi


Science | 20 June 2022

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan dua planet ekstrasurya berbatu lagi

Letak kedua planet 33 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang HD 260655 ditemukan 2 planet yang mengorbit, dan disebut Super Earth dengan permukaan berbatu.

Karena ukuran planet HD 260655 b dan planet HD 260655 c diperkirakan memiliki ukuran 1,2x dan 1,5x lebih besar dari Bumi

Sayangnya kedua planet bukan untuk kita atau mahluk hidup.

Karena kedua planet mengorbit terlalu dekat ke bintang induk HD 260655.

Tim astronom mengatakan suhu disana diperkirakan sangat panas.
Planet HD 260655 b memiliki suhu 435 derajat Celcius.
Sedangkan planet HD 260655 c yang letaknya lebih jauh ke bintang sekitar 284 deg.C.

Ilustrasi planet

Planet HD 260655 b dan c



Walau tim ahli agak rumit memperkirakan berapa suhu kedua planet tersebut, karena tergantung dari atmosfer planet itu sendiri.
Misal Venus yang lebih dekat ke matahari memang panas, tapi Merkurius yang lebih jauh memiliki atmofer yang tebal malah sama panas akibat panas terperangkap di dalam planet.

Panas 435 derajat dan 284 derajat adalah perkiraan.
Tim setidaknya harus mengukur atmofer planet, bila memungkinkan.
Sementara angka tersebut hanya kesimpulan sementara.
Mendatang harus di teliti ulang dengan teleskop luar angkasa James Webb untuk memperkirakan langsung berapa tepatnya suhu kedua planet.

Panas kedua planet disebabkan bintang HD 260655 memiliki cahaya sangat cerah walau ukuran bintang lebih kecil.



“Kedua planet dalam sistem ini masing-masing dianggap sebagai target terbaik untuk studi atmosfer karena kecerahan bintangnya,” kata peneliti, Michelle Kunimoto dari MIT, dalam sebuah pernyataan. “Apakah ada atmosfer yang kaya akan volatilitas di sekitar planet-planet ini? Dan apakah ada tanda-tanda spesies berbasis air atau karbon? Planet-planet ini adalah tempat uji yang fantastis untuk eksplorasi tersebut.”

Tinggal menunggu waktu, kapan teleskop James Web yang baru diluncurkan dan siap bekerja untuk sain melihat kembali planet HD 260655 b dan c
Secara teknik JWT memiliki perangkat untuk membagi spektrum. Dan peneliti dapat melihat panjang gelombang mana yang diserap oleh molekul tertentu.
Dari sana baru dapat disimpulkan bagaimana kondisi atmofer planet HD 260655 b dan c tersebut.
Atau mungkin kedua planet tidak memiliki atmofer


Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2020 ada 2 bintang lain juga bergerak lebih cepat lagi, bintang S6 dan 4714 lolos dari lubang hitam. Tahun 2022 bintang S4716 orbit tercepat mengitari Black Hole

Bintang Ross 508 ditemukan ada sebuah planet yang berada di tepi zona layak huni. Disebut Planet Ross 508 b ditemukan dengan teknik doppler, ditemukan dengan gerakan cahaya bintang yang diamati dari teleskop Subaru. Orbit planet Ross 508 b hanya 10 hari mengitari bintang induknya.



Di area nebula NGC1333 adalah kumpulan gas yang sangat besar, dan sudah terlihat lahir lusian bintang baru. Yang menarik peneliti bintang yang diberi nama SVS 13. Disana tidak 1 tapi 2 bintang biner. Bahkan proto bintang tersebut memungkinkan membentuk banyak planet berbatu seperti Bumi.

Ahli mengatakan membuat mars layak huni masih mungkin. Dibuat perisai planet agar angin matahari tidak menerpa atmofer planet yang tipis. Ide baru ini mulai terlihat, bagaimana membuat suhu planet lebih hangat. Khususnya memanfaatkan kandungan gas CO2 yang sangat besar dari atmofer.

Bintang AB Aurigae hanya berjarak 560 tahun cahaya dari Bumi. Kita dapat mempelajari bagaimana sebuah planet di awal pembentukan tata surya. Bintang yang masih berusia 2-4 juta tahun ini terlihat sedang membentuk planet, tapi ukurannya masif.



20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet Exoplanet adalah planet di luar tata surya. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat. Tahun 2020 tembus 5000 planet telah di konfirmasi Nasa

5000 ribu planet di luar tata surya telah ditemukan, dan 2000 lebih planet telah di konfirmasi ada. Tetapi tim MIT mengatakan 3 planet sebenarnya bukan planet. Karena ukuran planet tidak wajar, kemungkinan bintang katai coklat

Astronom sebelumnya menyebut sebagian besar tata surya sama, dengan planet berbatu di depan. Dalam 20 tahun penemuan planet, dan semakin banyak tata surya lain ditemukan, sering ditemukan planet Hot Jupiter. Apa yang terjadi bila tata surya kita memiliki sususnan planet seperti itu.

Sebuah planet yatim dapat terjadi ketika dimulai pembentukan tata surya. Dan planet tersebut terlempar keluar dari orbit tata suryanya sendiri. Berapa banyak planet tersebut ada, peneliti mengatakan jumlahnya mencapai miliaran. Data diumumkan Desember 2021, sudah 70 planet

Planet TIC 172900988b ditemukan 2021, ternyata mengorbit ke bintang biner yang ukurannya hampir sama seperti matahari. Tinggal disana akan melihat 2 cahaya matahari. Diawali pagi akan muncul satu bintang, dan selanjutnya muncul cahaya bintang kedua.




No popular articles found.