Motor Mahle SCT kinerja 90 persen nonstop pendingin khusus ini rahasia motor listrik


Green | 13 July 2022

Disain motor Mahle membuat rancangan motor Superior Continuous Torque (SCT), kinerja motor listrik untuk pengerak kendaraan EV.
Memungkinkan perancang kendaraan mengunakan motor lebih kecil, ringan tapi bekerja hampir kekuatan penuh tanpa masalah.

Mahle adalah pemasok suku cadang kendaraan kelas satu.
Baru saja mengumumkan disain motor SCT bekerja terus menerus hampir mencapai tenaga puncak 90% tanpa panas berlebih.

Motor SCT dirancang tanpa mengunakan magnet.

Kendaraan listrik mengunakan motor seperti dinamo pengerak. Umumnya ditentukan dengan daya tahan motor yang bekerja pada beban puncak serta kinerja terus menerus secara terpisah.

Ketika motor pengerak roda yang bekerja terus menerus dalam waktu lama, akan menghasilkan panas.
Dampaknya panas berlebihan dapat merusak komponen.

Mahle SCT

Produsen membuat pembatsan pada suhu tertentu, dengan mengurangi daya output motor pada tingkat kontinu ketika panas motor meningkat.

Perbedaan pada daya output motor dan angka kontinu tersebut dapat mencerminkan kinerja dari sistem pendingin motor elektrik.

Sebagai contoh pada skala sepeda motor


Mesin motor elektrik Ox Patagonia memiliki daya dorong sampai 11kW.
Tapi kinerja motor dnegan sistem pendingin kurang baik, untuk bekerja terus menerus hanya mencapai 6kW / tenaga 55%

Mesin motor Energica buatan EMCE, memiliki daya puncak 126kW
Tapi kinerja nonstop mencapai 110kW atau 87% dari beban puncak.
Karena disain motor ditempatkan sistem pendingin efektif.

Mahle pabrikan dari Jerman mengatakan daya dorong motor buatan mereka mencapai 90% tanpa masalah.
Ada yang dirubah pada sistem pendingin oli dialirkan dalam sistem sentral, lalu mengunakan gaya sentrifugal ke bagian rotor dalam unit kumparan.


Panas dapat diserap dan digunakan di tempat lain, atau di dinginkan kembali ke sistem radiator.

Dengan sistem pendingin inovasi baru tersebut, disain motor SCT menjadi lebih kecil, dan ringan.
Sekaligus memberikan kemampuan daya dorong lebih maksimal terus menerus.

Dibanding produk perusahaan lain, lebih memilih memperbesar ukuran motor untuk mendapatkan daya dorong kontinu.
Tapi berdampak dengan ukuran pengerak motor listrik lebih besar.

Rancangan awal atau prototipe motor SCT mengunakan magnet neodymium.
Tapi disain yang dibuat dapat bekerja dengan teknologi motor tanpa magnet buatan Mahle.

Dengan ukuran motor lebih kecil, Mahle lebih hemat mengunakan bahan, menurunkan harga dan bonot motor.
Mahle mengatakan konsep SCT cocok untuk kendaraan listrik berpenumpang, kendaraan komersil sampai traktor dan mesin konstruksi.

Mahle tidak mengunakan bahan magnet logam langka, sebagai gantinya mengunakan induksi tanpa kontak sebagai medan elektromagnetik yang diatur tepat ke  kumparan rotor.
Disain motor SCT juga tidak tergantung dengan pemasok lain, dan ukuran pabrik dapat dirakit lebih kecil tanpa magnet neodymium.

Pabrik Mahle berada di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Hal menarik dari disain motor pengerak dengan energi listrik
Motor listrik untuk pengerak kendaraan listrik, baik sepeda sampai mobil.
Standar motor listrik akan terjadi panas bila digunakan secara kontinu, membuat daya pengerak turun dari kekuatan maksimum
Inovasi disain motor listrik seperti SCT, mempertahankan daya putar motor sampai 90%
Salah satu rancangan motor dengan pendingin cairan oli, dapat mempertahankan kinerja motor mendekati beban puncak secara kontinu
Kemampuan beban puncak motor ternyata dipengaruhi sistem pendingin pada motor listrik ketika digunakan terus menerus.


Niu SQi kendaran resmi tanpa ijin dan legal di jalan. Tapi tampilannya seperti motor listrik, dan tidak memiliki pedal. Harga cukup terjangkau, kekuatan daya motor 400W, dan dapat menempuh jarak 65km dengan power baterai.

Eco One sebuah gedung besar di Uni Emirat Arab, terletak di negara dengan gurun timur tengah. Lahan skala besar pasti menguntungkan, karena UEA mengimpor 90 persen pangan dari luar negeri. Dengan perkebunan vertikal, sayur dapat diproduksi lokal, tidak perlu mengirim ribuan km.



Karet digunakan untuk campuran beton, membuat struktur lebih tahan terhadap radiasi cahaya matahari. Sekarang peneliti RMIT telah melakukan penelitian, bila aspal di campur dengan bahan karet, akan lebih tahan 2x jalan bertahan dari keretakan. Tapi formulanya harus tepat, tidak  boleh berlebih

Lightyear, sebuah perusahaan rintisan mengembangkan mobil tenaga surya. Generasi kedua akan dibuat dengan jarak tempuh lebih jauh. November 2022 akan dikirim ke pembeli, tapi produksi hanya 946 unit mobil Lightyear 0

Film tentang plastik penemuan inovasi dalam industri, setelah 50 tahun plastik menjadi bencana. Semua negara mengalami masalah dengan plastik. Plastik dari industri minyak menjadi produk, sampah, lalu kemana plastik pergi. Film ini adalah akhir cerita, tetapi masalah baru saja dimulai.

Dahulu seseorang yang berpergian harus memesan tikat jauh hari. Hari ini tinggal tekan dan tiket akan muncul. Salah satu kecepatan teknologi ternyata membuat efek negatif dengan perasaan kesal. Sisi buruknya hampir terjadi di sebuah aktivitas masyarakat. Untuk itu dapat kita pelajari, mengapa orang menjadi tidak sabaran.

Ketika orang tua atau engkong mereka membanggakan sebuah kendaraan. Generasi sekarang malah tidak mau repot dengan nama kendaraan. Memiliki kendaraan sama saja membawa satu tas kerepotan dalam hidup mereka. Beberapa alasan 2 generasi tersebut tidak memprioritaskan untuk memiliki kendaraan pribadi.



Tesla dapat dirancang untuk baterai backup di rumah atau kalangan bisnis. Bisa saja baterai backup Tesla dijadikan penyuplai power mobil listrik. Dan kelebihan power digunakan untuk lampu rumah pada malam hari atau digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik




No popular articles found.