Paus biru di lindungi sampai ubah arah kapal kontainer MSC


Green | 13 September 2022

Ikan paus biru mencapai bobot 330.000 pon dan panjang 30 meteri, paus biru dengan nama Balaenoptera musculus memiliki ukuran lebih besar dari dinosaurus terbesar sekalipun.

Meskipun hidup dari organisme kecil yang disebut krill (dalam jumlah besar).
Mereka adalah hewan terbesar di Bumi saat ini, dan salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di planet kita sepanjang sejarah.

Namun, paus birul yang uar biasa telah masuk dalam daftar spesies terancam punah sejak tahun 1970.

Mereka berisiko karena serangan kapal, risiko terjerat, dan penurunan tajam dalam sumber makanan utama krill, yang dapat dikaitkan dengan meningkatnya pengasaman laut dan iklim.

Paus Biru di Sri Lanka

Upaya melindungi populasi paus biru si raksasa lembut yang terancam punah ini dari serangan kapal laut.

Perusahaan cargo raksasa Mediterranean Shipping Company (MSC), mengubah rute pelayaran di dekat pantai Sri Lanka Samudera Hindia.

Alasannya paus biru di sana tidak bermigrasi dan memiliki vokalisasi yang berbeda.
Kapal MSC akan melakukan perjalanan dan bergeser sekitar 25 km ke arah lebih ke selatan dari rute pelayaran sebelumnya.

“MSC Mediterranean Shipping Company telah mengambil langkah besar untuk membantu melindungi paus biru dan cetacea lain yang hidup dan mencari makan di perairan lepas pantai Sri Lanka dengan memodifikasi panduan navigasi sesuai saran para ilmuwan dan aktor kunci lainnya di sektor maritim, ” kata MSC dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Insider.



Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas permintaan dari Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) dan OceanCare. Menurut IFAW.
Paus biru Sri Lanka berada di perairan ini sepanjang tahun.

Jalur pelayaran internasional di lepas Dondra Head membawa kapal melewati area dengan aktivitas paus terbanyak.

Rute kapal laut

“Dengan memastikan perubahan kecil ini, MSC membuat perbedaan signifikan bagi paus yang terancam punah ini. Paus sering mati akibat tabrakan dan populasi ini terancam. Penghentikan arah kapal adalah masalah konservasi dan kesejahteraan, bahkan satu kematian paus terlalu banyak bagi kita, ”kata Sharon Livermore, Direktur Konservasi Laut di IFAW



Pengalihan rute kapal kontainer MSC ini tidak berdampak pada operator pelayaran lain di daerah tersebut seperti Hapag-Lloyd atau Maersk.
Pendukung lingkungan berharap langkah MSC dapat membantu reaksi berantai dari perubahan permanen pada jalur pelayaran resmi yang akan berdampak pada semua kapal kontainer.

Menurut IFWA, penelitian menunjukkan dengan menyesuaikan jalur pelayaran akan mengurangi risiko kapal menabrak paus hingga 95 persen.

“Perutean ulang adalah harapan utama untuk mengubah gelombang paus biru dari Sri Lanka. Juga menunjukkan kepada pemerintah Sri Lanka bahwa sekaranglah saatnya untuk mengambil tindakan yang tepat dan memindahkan jalur pelayaran keluar dari habitat paus biru untuk semua kapal dagang,” kata Nicolas Entrup, Direktur Hubungan Internasional di OceanCare,

Sementara perburuan paus komersial dilarang di seluruh dunia, paus biru berada di ambang kepunahan baru-baru ini pada 1960-an.

Larangan perburuan paus membantu populasi pulih, tetapi populasinya masih lebih rendah dari jumlah sebelum perburuan paus.
Diperkirakan ada sekitar 200.000 hingga 300.000 paus di Belahan Bumi Selatan sebelum penangkapan ikan paus komersial, dibandingkan dengan 2.300 pada tahun 1998. Populasi hanya meningkat sekitar 7 persen per tahun.

Rute kapal adalah masalah utama bagi sejumlah spesies paus, dan bukan hanya paus biru
Paus di Atlantik Utara yang terancam punah (Eubalaena glacialis) juga sangat menderita.
NOAA Fisheries telah mendokumentasikan empat peristiwa tertabraknya paus yang mematikan (kematian dan cedera serius) di perairan AS selama dua setengah tahun terakhir.

Paus di alam liar tetapi populasinya tidak bereproduksi cukup cepat untuk mempertahankan jumlah mereka.

Pada bulan Juli, NOAA Fisheries mengumumkan perubahan yang diusulkan pada aturan kecepatan kapal untuk,
Agar mengurangi kemungkinan kematian dan cedera serius pada paus yang terancam punah akibat tabrakan kapal.
Perubahan yang diusulkan untuk memperluas batas spasial dan waktu area pembatasan kecepatan pada waktu tertentu seperti musiman di sepanjang pantai timur Amerika Serikat dan memperluas pembatasan kecepatan hanya 10 knot atau kurang.


Cahaya UV dari matahari dapat mencapai permukaan bumi. 95% radiasi ultra-violet adalah tipe UV-A dimana dapat merusak lensa mata. UV_B yang beresiko menganggu mata. UV-C lebih berbahaya tapi tidak menembus permukaan Bumi. Kulit juga terkena dampak radiasi sinar UV, membuat keriput tapi bagaimana terjadinya.

Mungkin diet lemak dengan mengkonsumsi susu skim disebutkan lebih sehat mungkin salah. Profesor Marcia Otto universitas Texas yang memimpin penelitian mengatakan. Temuan kami tidak hanya mendukung, tapi adanya bukti menunjukan susu lemak bertentangan dari kepercayaan populer sasat ini.



Layanan kapal pesiar menawarkan tarif yang mahal, layanan kelas satu, makanan dan minuman tentu harganya sangat mahal. Jeff baru membuat video Timelapse luar biasa selama 30 hari, dari Laut Merah melintas ke Singapura dan berakhir di Hong Kong

JP Goodridge seorang fotografer sedang menonton ikan paus di Sydney Australia. Dia berhasil mengabadikan seekor paus bungkuk melompat tepat disamping sebuah perahu wisata, tapi tidak ada yang melihat.

Kapal Triple E sebagai kapal angkutan terbesar lain sedang dibangun di galangan Daewoo. Salah satu insinyur Soran yang bekerja di Maersk sejak tahun 1976 akan pensiun. Kapal ini menjadi kapal terakhir yang ditangani. Soran sempat nyeletuk, ini kapal cargo lainnya yang sedang dibangun hanya ukurannya sedikit lebih besar

Kapal induk selalu di kelilingi kapal lain untuk melindungi dirinya. Satu foto ini cukup unik, ada 2 kapal induk berjajar bersamaan. Foto diambil di laut arab, keduanya adalah kapal induk kelas Nimitz dengan tenaga nuklir.

Bagaimana pembuatan kapal raksasa untuk mengangkut kontainer, tidak dilakukan disatu tempat. Dari proses pengelasan, perakitan sampai membentuk kapal. Apa dampak pembuatan kapal raksasa bagi biaya angkutan dunia.



Panjangnya ratusan meter, lebih tinggi dari stadium London Olympic. Itulah kapal Triple E yang mulai melayani angkutan barang bulan Juni 2012 lalu. Tahun 2018 kapal terbesar adalah kelas HMM dibangun di galangan kapal Korea. Mampu mengakut lebih dari 20 ribu kontainer




No popular articles found.