Ponsel ke satelit Globalstar Iridium SMS dan SOS bagaimana cara kerjanya


Technology | 19 September 2022

Bagi kita melihat teknologi komunikasi satelit, tentu mengunakan ponsel satelit
Ponsel dirancang khusus untuk berbicara, SMS atau internet, dan terhubung ke satelit di atas.

Baru baru ini teknologi ponsel biasa bisa menghubungkan ke jaringan satelit.

Qualcomm Snapdragon Satellite
Resmi diumumkan Qualcomm Januari 2023
Mengunakan jaringan satelit Iridium
Smartphone Premium, perangkat Garmin
Mengirim pesan darurat / SOS, SMS atau aplikasi pesan singkat 2 arah.
Menargetkan area yang tidak terjangkau sinyal, mendapatkan sinyal satelit untuk komunikasi.

Tersedia pada perangkat Snapdragon 8 Gen2
Sistem koneksi dari Snapdragon 5G modem-RF
Sistem koneksi satelit mulai dibuka pertengahan tahun 2023.
Tidak terbatas untuk ponsel, tapi termasuk tablet, notebook, kendaraan dan perangkat IoT.

Snapdragon Satellite offers truly global coverage1 from pole to pole and can support two-way messaging for emergency use, SMS texting, and other messaging applications – for a variety of purposes such as emergencies or recreation in remote, rural and offshore locations.  

Perangkat masih menunggu disain seperti produsen OEM (Jan23) dan model yang diproduksi nanti.



Ponsel 14, iPhone 14 Plus, Pro, dan iPhone 14 Pro Max
Menyertakan fitur SOS Darurat melalui konektivitas satelit.
Sehingga pengguna dapat mengirim pesan dan mendapat bantuan bahkan saat di luar jangkauan jaringan seluler dan Wi-Fi.
Fitur ini diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat dan Kanada, dan tersedia pada bulan November 2022.
Desember 2022 untuk Eropa

iPhone 14 connect to satelit SOS



Sebuah laporan Reuters menunjukkan fitur komunikiasi satelit di ponsel telah diaktifkan dari modem Qualcomm X65 di dalam telepon.
Sebuah pernyataan Apple kepada Reuters juga mengatakan bahwa komponen dan perangkat lunak frekuensi radio yang dirancang Apple juga memungkinkan fitur satelit.

Satelit Globalstar berada di ketinggian 1414km, setiap satelit memiliki kekuatan power sinyal 1000W dengan akses ke frekuensi CDMA.

Modem Qualcomm X65
memungkinkan konektivitas seluler 5G untuk panggilan telepon dan data, tetapi 'band n53' yang memungkinkan iPhone  berkomunikasi dengan satelit di langit.

Secara khusus, Apple bermitra dengan infrastruktur satelit Globalstar.

Informasi dari web disebutkan, modem Qualcomm X65 mendukung frekuensi Band n53.
Kedepan dapat digunakan untuk perangkat lain dari smartphone, laptop, tablet, perangkat otomatisasi sampai IoT.


Modem Qualcomm X65 komunikasi ke satelit

Jaringan satelit Globalstar memiliki area yang kuat di Amerika dan Eropa.
Sebagian sinyal juga menjangkau sebagian Asia seperti Jepang, Korea, serta Australia dan sebagian benua Afrika.

Ponsel terhubung ke satelit Globalstar

Pesan SOS Darurat melalui Satelit tersedia ketika pemilik ponsel diaktifkan untuk panggilan SOS Darurat, tetapi tidak dapat terhubung ke menara seluler.

Dalam hal ini, telepon akan menampilkan opsi untuk terhubung ke satelit dan mengirim pesan teks singkat.
Untuk terhubung, ponsel harus berada di ruang terbuka, dan kondisi cuaca yang baik. Setidaknya tidak menghalangi sinyal ke satelit dengan posisi sejajar



Jika layanan darurat lokal dapat menggunakan saluran berbasis SMS, iPhone dapat mengirimkan pesan secara langsung melalui link satelit.
Bila terkendala ada alternatif lain, pusat relai Apple akan menerima pesan SOS dan menghubungi layanan darurat atas nama pemilik ponsel.

Layanan diberikan gratis selama dua tahun, mulai tersedia November 2022.
Apple belum mengungkapkan tarif untuk layanan satelit setelah periode gratis habis.
Ketersediaan wilayah yang dapat mengunakan masih terbatas untuk Amerika Serikat dan Kanada.

Sudah rahasia umum, tim chip Apple sedang mengerjakan modem 5G internal untuk menghapus komponen Qualcomm dari iPhone,
Agar pemakaian power baterai lebih baik, dan mengurangi biaya royalti serta meningkatkan keuntungan dari penjualan iPhone.
Tidak heran bila Apple mulai mengutak utik kemampuan modem iPhone 14 dan sampai ke fitur link satelit

Walau merancang modem perangkat komunikasi data sangat rumit.
Analis cukup skeptis dengan kemampuan Apple bisa mengantikan Qualcomm modem.
Walau tidak di pungkiri, iPhone berhasil membuat procesor sendiri di seri A, dan kedepan biasa saja iPhone menganti modem dengan teknologi chip buatan sendiri.
Kita tidak tahu, apakah suatu hari nanti produk Qualcomm modem juga tersedia di ponsel satelit seperti milik iPhone.

Berapa harga ponsel iPhone 14 sekitar $799.
Harga yang sama seperti ponsel satelit Globalstar yang lebih lengkap seperti panggilan telepon satelit.


Beberapa produsen masih mengandalkan disain ponsel layar Flip / layar lipat. Model  Nokia 2760 Flip, Nokia 2780 Flip, TCL Flip atau Alcatel Go Flip 4 disain ponsel yang tanpa ribet. Banyak penguna ponsel merasakan terlalu banyak melihat layar. Khususnya senior yang hanya membutuhkan ponsel untuk komunikasi dasar.

Tahun depan smartphone dapat mengirim ke satelit langsung ke ponsel selular biasa. Pengujian cukup 10 detik pesan dapat dikirim. Berbeda dengan iPhone dan rencana Samsung, pengiriman SMS seperti ponsel biasa atau komunikasi 2 arah.



Huawei dan Apple telah menawarkan perangkat smartphone fitur telepon satelit. Walau komunikasi satelit di iPhone 14 terbatas di US dan Kanada, iPhone 14 dapat mengirim pesan darurat. Samsung melakukan riset sejak 2 tahun lalu. Kabarnya tinggal menunggu final, dan digunakan untuk ponsel 2023

Garmin inReach Mini 2 terhubung ke sistem satelit. Tapi bukan seperti ponsel satelit untuk komunikasi. Memiliki fungsi dasar sebagai logger lokasi, mengirim pesan singkat, cuaca dan keamanan untuk aktivitas outdoor.

Sat-Fi2 adalah WIFI untuk satelit. Dapat terhubung ke internet dan melakukan panggilan telepon, dimana tidak ada sinyal di satu daerah. Kecepatan internet lambat, tapi membantu untuk penguna yang memasuki area tanpa sinyal seperti daerah terpencil.

Stand-by 10 hari, telepon satelit Spot X hanya dikenakan 12 dollar saja sudah dapat mengirim pesan langsung ke satelit. Harga unit Spot X juga murah, hanya seharga smartphone Android kelas menengah. Fitur mengirim pesan emergency, paket bulanan sampai 12 SMS.

Bila smarphone di Indonesia bekerja di jaringan 3G atau 4G. Masih menunggu jaringan 5G. ZTE T900 Plus agak berbeda dibanding smartphone biasa, karena memiliki ekternal antena. Bukan itu saja, baterai dibuat menonjol di bagian bodi belakang. Dan bodi terlindung seperti smartphone tahan banting.



Thuraya X5-Touch telepon satelit dan GSM LTE pertama berbasis Android. Memiliki dukungan sistem satelit komunikasi, dan berpindah ke GSM bila tersedia jaringan.Disain seperti telepon Android, hanya satu antena dapat ditarik dan lebih menonjol. Asia masuk wilayah satelit Thruraya, update harga smartphone

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Telepon satelit menyajikan teknologi telepon dimana saja, tidak perlu signal selular. Telepon langsung terhubung ke satelit untuk berbicara atau mengirim SMS. Yang baru WIFI Iridium hotspot, terhubung ke smartphone dan bisa chatting.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.




No popular articles found.