Windows 11 disable HVCI Memory Integrity dan Virtual machine meningkatkan GPU


Software | 8 October 2022


Windows 11 dirilis tahun 2021, beberapa gamer mulai menemukan kinerja computer dengan OS Windows11 sedikit menurun dibanding Windows 10.

Masalah di software memberi beban kinerja tambahan, dan performa computer tidak sepenuhnya digunakan untuk computer gaming.

Sebelumnya di procesor AMD dengan Windows 11, kehilangan performa hampir 15%.
Hanya selang beberapa minggu Windows 11 diluncurkan.
Di Nvidia, penguna juga merasakan kecepatan frame rate 3D Game menurun.
Khususnya OS Windows 11 versi 22H2 yang dirilis September 2022.

Sampai beberapa penguna merasakan, OS Windows 11 kurang cepat dibanding OS Windows 10, dan kembali ke OS Windows 10

Microsoft merilis panduan agar computer memiliki performa lebih tinggi. Dan computer tidak mengalami penurunan berarti untuk kinerja GPU dalam frame rate.
Dengan menonaktifkan beberapa fungsi internal di OS Windows.

HVCI / Memory Integrity dapat di Disable
Fungsi untuk mencegah serangan yang menginjeksi untuk serangan ransomware.
Fitur tersebut dapat di nonaktifkan, tapi resiko ditangan penguna sendiri untuk OS Windows lama.

Di Windows 11 versi baru, fitur HVCI akan diaktifkan otomatis. Jadi OS versi Windows 11 lama harus kembali di aktifkan sendiri.




Disable Memory Integrity Windows 11

Keterangan dari Microsoft dengan HVCI
Hypervisor-protected Code Integrity (HVCI) adalah fitur keamanan berbasis virtualisasi (VBS) yang tersedia di Windows. Dalam pengaturan Windows Device Security, HVCI disebut sebagai Integritas Memori.

HVCI dan VBS meningkatkan model ancaman Windows dan memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap malware yang mencoba mengeksploitasi Windows Kernel. VBS memanfaatkan Windows Hypervisor untuk membuat lingkungan virtual terisolasi yang menjadi akar kepercayaan OS yang mengasumsikan kernel dapat disusupi. HVCI adalah komponen penting yang melindungi dan mengeraskan lingkungan virtual ini dengan menjalankan integritas kode mode kernel di dalamnya dan membatasi alokasi memori kernel yang dapat digunakan untuk membahayakan sistem.

Pengaktifan default


Dimulai dengan Windows 11, penginstalan baru pada sistem yang kompatibel mengaktifkan integritas memori secara default. Ini mengubah status default fitur di Windows, meskipun produsen perangkat dan pengguna akhir memiliki kontrol utama tentang apakah fitur diaktifkan.
Fitur perangkat keras untuk pengaktifan otomatis

Integritas memori yang akan diaktifkan secara default ketika PC menyertakan fitur perangkat keras minimum berikut:
    Prosesor Intel Core generasi ke-11 dan yang lebih baru (generasi ke-8 atau yang lebih baru dimulai dengan Windows 11, versi 22H2)
    Arsitektur AMD Zen 2 dan yang lebih baru
    Qualcomm Snapdragon 8180 dan yang lebih baru

Menonaktifkan Virtual Machine Platform
VMP bertugas menyediakan pekerjaan utama dari sistem virtual di OS Windows.
VMP tidak bekerja otomatis untuk OS Windows sebelumnya.
Tujuan utama VMP untuk meningkatkan sistem keamanan.

Disable Virtual Machine Platform Windows 11

Menonaktifkan dari Feature Windows untuk Virtual Machine Platform dapat meningkatkan performa computer.

Microsoft menambahkan VMP di OS Windows yang baru di install otomatis aktif.
Agak mengkhawatirkan bila di nonaktifkan, dan tidak dapat otomatis enable.
Mengingat fitur VMP memiliki fungsi utama untuk memperbaiki sistem security.

Microsoft telah menerima umpan balik dari pengguna dan memperhatikan ketika fungsi Memory Integrity dan VMP aktif, dapat menurunkan kinerja computer.

Microsoft menyimpulkan gamer dapat "mematikan fitur tersebut saat bermain game tapi mengaktifkannya kembali setelah selesai;

Walau Microsoft sendiri tidak memberi keterangan berapa besar perbedaan dari enable dan disable kedua fungsi OS Windows 11 dengan performa di game PC.


Menonaktifkan VMP kabarnya hanya meningkatkan kinerja PC tidak lebih dari 10%.

Tip ini hanya untuk mereka yang memiliki masalah dengan turunnya performa pada 3D game OS Windows.
Menonaktifkan kedua fitur OS Windows menjadi resiko penguna sendiri.

+ Microsoft HVCI


Windows Debloater Tool dan program Debloater lain, membantu sistem OS Windows bekerja lebih baik. Microsoft memasukan beberapa program pre-install atau telah di install, tapi kita tidak memerlukan. Banyak skrip dan program dibuat untuk menghilangkan debloater dari OS Windows.

MSI Afterburner dikembangkan programmer Rusia diberikan gratis. Sedihnya Alex sampai berbicara ke forum tentang software yang dibuat. Dukungan dari MSI hampir 1 tahun tidak lagi mengaji Alex. Walau pembuat MSI Afterburner sangat menyukai untuk pengembangan software yang dibuat. Tanpa penghasilan, tentu dia harus bekerja untuk bidang lain.



Intel Arc A770 LE dan A750 LE Oktober 2022 $329 posisi RTX 3060. Intel Arc Power Saving dapat diaktifkan. GPU Intel Arc Alchemist model Intel Arc 770 disusul model kedua A750. MSI, Gigabyte, Gunnir dan Asrock masuk sebagai produsen AIB VGA Arc. Disable VBS dan Turning Memory Integrity

IObit Uninstaller program uninstall, termasuk membersihkan file yang tertinggal. Kadang membuat computer menjadi lambat.  Scan file yang tertinggal baik dari program yang sudah di uninstall dapat diperiksa. Dan memeriksa ektensi browser, memeriksa notifikasi yang muncul tanpa kita ketahui asalnya.

Desember patch kedua OS Windows 21H2 dan 22H2, KB5021255 KB5021234. Windows 11 KB5020044 perbaikan performa game telah diperbaiki. Windows 11 update. KB5019980 KB5019961 perbaikan File Explorer. KB5016629 KB5015814 KB5015882. Perbaikan Powershell. 

Ultimate Windows Tweaker untuk memodifikasi, disable, enable, merubah icon, menyembunyikan icon yang tidak perlu. Ultimate Windows Tweaker atau UWT memiliki fitur berbeda di setiap OS Windows. Dari Windows 7, 8, 10 dan Windows 11.

ShutUp 10 update memblok telemetry update untuk Edge. Nonaktifkan pilihan kata di email, MS Office, menonaktifkan transmisi data. Termasuk Onedrive dan aplikasi yang tidak perlu dapat di uninstall



Bagaimana mengembalikan tampilan Windows 10 ke Windows 7. Atau merubah Windows 11 seperti Windows 7. Start menu Windows Classic seperti Windows 7 XP lebih mudah, dan akses ke program lebih cepat tanpa menampilkan Tile yang menganggu di Windows 10 dan Windows 11

SSD tidak perlu dilakukan defrag, karena sistem kerjanya dengan harddisk. SSD mengunakan sistem TRIM agar SSD lebih awet dan didukung Windows 7 atau versi lebih tinggi. Windows 10 bug masih bermasalah sampai November 2020.




No popular articles found.