Tesla Megapack simpan energi listrik 3MWh


Green | 28 November 2022

Operator telah mengaktifkan sistem penyimpanan energi baterai terbesar di Eropa.
Menghadirkan cadangan energi listrik yang mampu disimpan untuk 300.000 rumah hingga dua jam secara online.

Fasilitas berlokasi di Cottingham, East Yorkshire, Inggris, dikenalikan perusahaan energi terbarukan Harmony Energy Limited / HEL.
Menggunakan teknologi Tesla Megapack untuk sistem penyimpan energi.

Baterai Tesla Megapack Harmony

Sistem ini dapat menyimpan hingga 196 MWh (megawatt jam) listrik dalam satu siklus dan memberikan keseimbangan ke jaringan energi sementara
Sumber listrik dari bahan bakar fosil dapat digantikan sementara oleh sumber energi terbarukan seperti panel surya dan turbin angin.

Sistem penyimpanan energi baterai dibangun berdekatan dengan gardu induk Creyke Beck, ladang angin lepas pantai Dogger Bank dijadwalkan beroperasi musim panas 2023.

Setiap unit Tesla Megapack dapat menyimpan lebih dari 3 MWh energi, cukup untuk memberi daya rata-rata 3.600 rumah selama satu jam.

Harmony tidak mengatakan berapa banyak Megapacks yang terpasang.
Tapi berdasarkan matematika dan foto konstruksi dalam siaran pers.
Setidaknya ada beberapa lusin unit di lokasi tersebut.

Harmony mengatakan proyek tersebut awalnya untuk beroperasi dalam dua fase sebelum beroperasi penuh seluruhnya.


Dijadwalkan bulan Desember 2022 dan Maret 2023.

Perusahaan memutuskan untuk online lebih cepat, mengantisipasi kebutuhan listrik musim dingin mendatang.

Bulan Oktober 2022, perusahaan listrik Ofgem mengatakan Inggris dapat mengalami kekurangan gas di musim dingin. Akibat perang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina.

Gas digunakan untuk pembangkit listrik, antara 40-60% pembangkit yang ada.
Kekurangan gas berdampak besar pagi pasokan energi listrik.



Sistem baterai backup listrik dijalankan dengan Autobidder
SIstem transaksi dan kontrol dari Tesla untuk menghitung daya baterai.

Autobidder juga digunakan untuk kontrol perusahaan utilitas pembangkit listrik lain seperti Horndale Power Reserve di Australia.

Perusahaan penyimpan listrik dari baterai Tesla mengatakan, ini baru proyek pertama
Disusul 5 proyek lain yang dibangun dalam beberapa tahun mendatang.

Seperti apa pembangunan sistem baterai backup untuk energi listrik, dapat dilihat salah satu rancangan dibawah ini.



Perancis menjadi negara yang tertarik lingkungan. Seperti kemarin menara Eiffel baru dipasang turbin angin pembangkit. Jepang dalam 2 tahun ke depan, meminta konstruksi rumah dipasang panel surya. Setelah menjadi negara nomor 5 penyumbang emisi terbesar di tahun 2020

Baterai lithium mulai terbatas, terlebih pemakaian mobil listrik sangat membutuhkan bahan lithium. Pengembangan baterai untuk penyimpan energi terbarukan. Natron di California mengembangan baterai Sodium-ion, dengan usia pakai 25x lebih lama. Australia peneliti Sodium Sulfur.



Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt.

Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi.

Lightyear, sebuah perusahaan rintisan mengembangkan mobil tenaga surya. Generasi kedua akan dibuat dengan jarak tempuh lebih jauh. November 2022 akan dikirim ke pembeli, tapi produksi hanya 946 unit mobil Lightyear 0

Tidak hanya power bank smartphone. Produk mobil dilengkapi baterai cadangan. Perusahaan ZipCharge telah memulai debut pengisi daya EV portabel. Memberikan tambahan power baterai untuk jarak 30-60km di mobil listrik.

Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.



Pembangkit matahari dengan panel surya terbesar ada di India dan China. Mengalahkan pembangkit negara lain, India masih menduduki nomor satu untuk pembangkit di satu tempat. Setelah proyek Ningxia selesai, maka China memegang rekor pembangkit sinar matahari terbesar di dunia dan meninggalkan negara maju lain.

Ketika sebuah negara dengan cadangan minyak terbesar di Dunia memutuskan untuk berinvestasi dengan energi terbarukan. Mungkin kita bertanya, apakah ini akhir era minyak dunia. Sementara Amerika masih memfokus pengeboran miyak, sampai mengimpor bahan bakar.




No popular articles found.