Kaca Corning Gorilla Victus 2 untuk smartphone harus lebih kuat tampil 2023


Technology | 1 December 2022


Gorilla Glass Victus 2 November 2022
Victus 2 disebut kaca sangat kuat dan tahan pecah, serta tahan goresan seperti generasi pertama.
Ketika kaca pelindung smartphone dibuat, setidaknya harus seimbang antara daya tahan goresan dan benturan.
Bahan yang lebih lentur memberi ketahanan kaca tahan pecah atau patah.
Sedangkan bahan lebih keras tentu tahan goresan.

Dalam 4 tahun, disain bobot smartphone juga meningkat, naik 15% lebih berat serta layar 10% lebih lebar.
Disain smartphone berdampak dengan kerusakan pada kaca lebih tinggi.
Sejauh ini produsen memegang standar berat smartphone mencapai 200g dengan daya tahan kaca terbaru.
Galaxy Z Fold 4 lebih berat 263g, dan Galaxy S22 Ultra mencapai berat 228g.

Kaca baru tahan bila terjatuh dari ketinggian 1 meter pada permukaan beton. Setidaknya dapat bertahan sampai ketinggian 2 meter diatas aspal yang lebih lunak.

November 2022, kaca Victus 2 di evaluasi beberapa produsen.
Mungkin tahun depan kaca Victus 2 dengan disain smartphone baru dapat tampil.



Gorilla Glass Victus Juli 2020
Corning kembangkan kaca baru Gorilla Glass Victus. Seharusnya menjadi generasi Gorilla Glass ke 7.


Yang ini selain lebih kuat dengan anti gores, tapi tambahan dengan kekuatan kaca yang lebih tahan jatuh.

Kaca Gorilla Glass Victus keluar dari nama seri generasi kaca nomor SR sebelumnya.
Karena terkait dengan perbedaan daya tahan ketika terjatuh, dan kekuatan anti gores lebih baik.

Corning sebelumnya membuat kaca anti gores yang lebih keras.
Tetapi generasi victus disebutkan memiliki 2 perbaikan bersamaan, dengan daya tahan 2x lebih kuat ketika kaca smartphone terbentur atau terjatuh

Gorilla Glass Victus kali ini ditambahkan kaca agar tidak mudah retak, dan kekerasan 2x lebih tahan dari generasi sebelumnya.



Sesuai keinginan produsen, Corning diminta membuat kaca yang lebih tahan retak. Karena smartphone jatuh, dapat menyebabkan kaca pecah, itu sama saja smartphone sudah rusak oleh penguna.

Corning Gorilla Glass Victus

Gorilla Glass Victus diharapkan mampu bertahan walau dijatuhkan dari ketinggian 2 meter ketika smartphone jatuh di permukaan kasar.

Tidak disebutkan kapan kaca Victus akan hadir di smartphone. Informasi teknologi Victus dapat dilihat via video dibawah ini.





Gorilla Glass 6 - 2018
Juli 2018, pabrik Corning mengumumkan telah membuat model baru kaca Gorilla Glass 6.
Butuh 2 tahun setelah Gorilla Glass 5 di umumkan pada 20 Juli 2016 lalu.

Disebutkan tahan dalam pengujian sampai 15 test drop dari ketinggian 1 meter di bidang permukaan keras. Daya tahan 2x lebih kuat dari Gorilla Glass 5.
Data terbaru dari peneliti Toluna. Rata rata penguna smartphone menjatuhkan 7x smartphone mereka setiap tahun. Dan 50% jatuh dari ketinggian kurang dari 1 meter.
Corning mengatakan Glass 6 diharapkan mulai tampil untuk model smartphone terbaru dalam beberapa bulan kedepan

Corning juga mengumumkan Gorilla Glass DX dan Gorilla Glass DX+.
Kedua tipe kaca hanya berbeda daya tahan, fiturnya sama
Kedua disain kaca tersebut untuk perangkat SmartWatch. Selain berfungsi sebagai anti gores, layar lebih mudah dilihat walau terkena cahaya matahari.
Karena memantulkan 75% cahaya yang menganggu tulisan layar, dan meningkatkan 50% kontras layar.
Membuat tulisan pada layar lebih mudah di baca. Dengan fitur tersebut penguna tidak perlu meningkatkan lampu backlit. Dan manfaatkan dapat menghemat baterai.



Gorilla Glass 5 - 2016
Perusahaan Corning pembuat kaca Gorilla Glass untuk kaca smartphone. Mengumumkan kaca baru Gorilla Glass 5. Kaca generasi baru tidak hanya tahan gores. Gorilla Glass disebutkan tahan terhadap benturan ketika perangkat smartphone jatuh.

Daya tahan kaca Gorilla Glass 4 tidak pecah ketika smartphone jatuh dari ketinggian setengah meter. Generasi baru Gorilla Glass 5 lebih kuat dan lebih tahan bila perangkat smartphone jatuh dan benturan terhadap kaca dari ketinggian 1,6 meter. Tingkat rasio daya tahan kaca mencapai 80%.

Daya tahan kaca Gorilla Glass 5 mungkin tidak jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya. Tapi berdasarkan kerusakan kaca smartphone, rata rata smartphone jatuh dari ketinggian 1-1,6 meter yang mengakibatkan kaca pecah.

Rata rata penguna smartphone menjatuhkan smartphone mereka setidaknya satu kali setiap tahun. Bahkan 55% mencapai 3x atau lebih setiap tahunnya. Dan 60% penguna smartphone menjatuhkan smartphone dari ketinggian sepinggang sampai bahu mereka..

Dengan kaca generasi baru tersebut, produsen smartphone dapat mengunakan  perlindungan pada bagian kaca dari produk mereka.  Dengan kaca yang baru dari Gorilla Glass 5, kerusakan kaca akibat terjatuh dan pecah dapat dihiundari.

Sejauh ini perusahaan Corning sudah memasang kaca produksi mereka di 4,5 miliar perangkat dari 1800 model gadget.


Xiomi sukses memasarkan smartphone, tapi beberapa model terlalu cepat dirilis dan komponen yang murah. Dari masalah LCD IPS yang menganggu, sensor sidik jari, sistem power management yang menguras baterai, dan masalah WIFI. Xiaomi telah memperbaiki disain smartphone di model terbaru, semoga tidak terjadi seperti model lama.

Tahun depan smartphone dapat mengirim ke satelit langsung ke ponsel selular biasa. Pengujian cukup 10 detik pesan dapat dikirim. Berbeda dengan iPhone dan rencana Samsung, pengiriman SMS seperti ponsel biasa atau komunikasi 2 arah.



Sebuah kotak terbungkus warna emas dibawa disimpan di dalam sasis robot Perseverance. Peralatan tersebut akan membuka salah satu kunci dari tantangan manusia menjelajah ke planet Mars. Tim MIT tetap menguji dengan kondisi alam di Mars, khususnya pada akhir musim.

Layar TV, OLED TV umumnya ditutup di bagian belakang. LG menampilkan konsep layar TV tembus pandang, dapat terlihat di bagian depan dan belakang. Menampilkan gambar seperti estalase toko yang bergerak

Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..

Harddisk akan dikembangkan dengan platter kaca, agar harddisk dapat dipadatkan dengan ukuran yang sama tapi kapasitas lebih besar. Hoya mengembangkan platter harddisk sejak tahun 2017, dan pengembangannya akan digunakan untuk harddisk kapasitas besar ukuran 3,5 inci. Salah satu yang dapat memanfaatkan teknologi harddisk platter glass adalah HAMR

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan



Melihat sayap pesawat modern agak melengkung. Apakah sayap pesawat akan rusak dan patah bila mendapat tekanan sangat besar. Airbus A350-1000 terbang perdana, mulai masuk armada perusahaan penerbangan tahun depan

Penelitii dari UC Irvine menemukan rancangan baterai yang dapat di charger ulang sebanyak 200.000 kali dengan penurunan 5% kapasitas baterai. Artinya baterai akan bekerja lebih dari 500 tahun. Uniknya, penemuan tersebut secara tidak di sengaja, karena mereka tidak tahu bagaimana cara kerja baterai tersebut dapat bertahan begitu lama.

Perusahaan Lafarge Tarmac menyediakan solusi konstruksi. Mengembangkan beton beronga yang dapat menyerap air. Satu menit dapat menyerap air sampai 4000 liter. Bagaimana cara kerja beton diatas jalan ini bisa menghilangkan air, dan membuat permukaan jalan selalu kering.

Computer termahal yang pernah dijual dalam sejarah. Dari computer untuk menghitung pendaratan Apollo, computer untuk kalkulator, sampai computer desktop performa pertama untuk konsumen dirumah. Tidak ada LCD, tidak ada Gigabyte Storage, walau masih ada teknologi terbaru dengan Harddisk kapasitas MB saja.




No popular articles found.