Motor listrik subsidi bisa antri sendirian di pom bensin


Green | 1 December 2022

Mengambil langkah signifikan untuk mengurangi jejak karbonnya dengan menawarkan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik di Indonesia.

Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, seperti banyak negara lain, bertujuan melistrikan sebanyak mungkin kendaraan.

Tujuannya memindahkan sebanyak mungkin konsumsi energi dari bahan bakar fosil ke jaringan listrik negara, bersamaan akan beralih ke sumber daya yang berkelanjutan.

Untuk Asia Tenggara, fokus sepeda motor akan berdampak lebih besar bagi emisi kendaraan dibanding kendaraan mobil.

Sekitar 85 persen rumah tangga di Indonesia memiliki sepeda motor.
Sebagai perbandingan, kepemilikan sepeda motor di Amerika Serikat kurang dari 10 persen Reuters.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyebut, pemerintah sedang menyelesaikan skema untuk subsidi sekitar Rp 6,5 - 8 juta per pembelian sepeda motor listrik. Hal ini untuk mendorong penjualan motor listrik di Tanah Air.

Para pejabat sedang mempertimbangkan subsidi serupa untuk mobil listrik. Kabarnya mobil listrik mendapat subsidi 80 juta per kendaraan listrik.

Menargetkan 1,2 juta pembelian sepeda motor listrik pada 2023.
Pendanaan sekitar 7,8 triliun untuk subsidi 1,2 juta motor listrik.
35.000 mobil listrik dalam rentang waktu yang sama dibuat dalam skema yang sama.
Tentu ini baru rencana, penetapan dapat ditunggu dari pemerintah.



Negara kita Indonesia bertujuan untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan menjadi netral karbon pada tahun 2060.

Pemerintah Indonesia merasa elektrifikasi lebih baik, dan menghapus subsidi bahan bakar secara bertahap dialihkan untuk subsidi lain.
Serta berinvestasi dalam energi berkelanjutan akan membantu mencapai target tersebut.

Indonesia sudah memiliki industri sepeda motor listrik dalam negeri yang sedang berkembang dengan puluhan pabrikan.
Pemerintah berharap dapat mendorong produksi baterai lokal dan mendanai proyek infrastruktur untuk menambah jumlah stasiun pengisian dengan dana yang sebelumnya digunakan untuk subsidi BBM.

Sementara demografi memainkan peran penting, rencana kebijakan sepeda motor Indonesia sangat berbeda dibanding Amerika Serikat.


Disana sepeda motor listrik dihapus dari kredit pajak kendaraan listrik federal.

Satu produsen kendaraan di Indonesia masih memiliki daftar antrian pengiriman kendaraan listrik.
Mobil listrik masuk daftar waiting list, sampai 6 bulan. Masalah yang terjadi dari kekurangan chip seperti tahun 2021 masih terjadi.

Subsidi motor listrik 2023

Produsen motor Yamaha menjalani tahap tes model Yamaha E01.
Jakarta dipilih Yamaha sebagai kota pertama untuk uji coba model motor listrik E01.

Indonesia mungkin masih tertinggal dari negara dan kota lain. Tapi tidak ada salahnya untuk membantu penjualan motor listrik 1,2 juta unit.
Setidaknya dapat mengurangi polusi dan subsidi BBM yang tidak perlu.

Beberapa negara dan kota memberi perubahan bagi penduduk untuk transportasi.
Tiongkok tahun 2014 memberikan 3000 plat nomor gratis dan subsidi untuk kendaraan listrik, khususnya mobil listrik dan mobil hyrid.
Beijing tahun 2016, rencana menyiapkan pengisian baterai kendaraan listrik. Jumlahnya tidak kepalang tanggung, 435 ribu tempat.
India tahun 2019, memberi potongan atau insentif $2.200 bagi pemilik mobil lama untuk menukar dan membeli mobil listrik.
Perancis 2015, warga yang menukar kendaraan lama dan pindah ke mobil listrik mendapat $11.000 insentif .
Disusul kota Paris tahun 2019, memberi subsidi 500 euro untuk membeli sepeda listrik.
Luksemburg 2018 berikan tiket transportasi umum bagi warga yang memenuhi syarat.
Jerman tahun 2018 uji coba transportasi umum gratis pada jam sibuk.
Singapura memberi potongan tarif MRT dan bus pada pagi hari, tapi program dihentikan tahun 2017


Pemerintah Perancis memiliki paket Conversion Premium. Bila penguna kendaraan mau menukar mobil lama ke mobil listrik atau mobil hibrida. India tahun 2019 memberikan insentif kendaraan listrik. Boleh di potong pajak sampai 2.000 dollar dari pembelian kendaraan baru.

Setiap hari libur, kota Bogota Kolombia mengeluarkan kendaraan dengan bahan bakar keluar dari jalan raya. Bagaimana masyarakat disana, sangat senang. Lebih dari 1 juta kendaraan tidak dapat berlalu lalang selama hari minggu dan hari libur dan rutin di lakukan pemerintah kota. Apa yang menarik bagi penduduk kota



Kemacetan dijalan raya lebih banyak disebabkan oleh pengemudi monkey. Istilah ini diambil dari beberapa pengendara yang tidak tertib dan memblok kendaraan lain untuk pindah lajur kendaraan. Solusi menghindari kelambatan di jalan, setiap pengemudi dapat mengambil jarak aman agar tidak melakukan pengereman yang tidak perlu

Kota Tiongkok dengan polusi, pemerintah lokal sudah memerangi dengan berbagai upaya. Kali ini teknik baru. April 2016 aturan baru, mobil listrik di subsidi berdasarkan kemampuan jarak tempuh

Akal akalan warga Beijing untuk mendapatkan plat nomor kendaraan. Ada yang menjadi supir taksi. Karena pada jam sibuk hanya nomor mobil dalam kota saja yang boleh melintas. Semua transportasi sudah tersedia mengapa masih macet. Tahun 2020, akan tersedia 400 ribu stasiun untuk pengisian mobil listrik

Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.

Pemerintah Perancis memberikan insentif bagi pekerja yang mau meninggalkan kendaraannya untuk bekerja. Dan memilih sepeda serta dibayar setiap km yang ditempuh ke tempat kerja. Setiap km jarak tempuh ke tempat kerja akan diberikan 0,25 euro atau sekitar 4000 rupiah.



Pencapaian Belanda untuk memberikan jaminan kepada masyarakat untuk bersepeda memerlukan waktu lama. Intinya di era 70an, kota-kota di Belanda mulai melakukan pendekatan kembali bagi transportasi yang seimbang.




No popular articles found.