SolSource kompor dengan pemanas matahari


Green | 8 March 2013

Kompor tenaga matahari atau kompor surya

Salah satu produsen pembuat kompor matahari adalah SolSource.

Mengunakan cermin untuk memantulkan sinar matahari ke satu titik dan membuat panas sehingga bisa ditempatkan sebuah panci untuk merebus, memanggang dan lainnya.

SolSource merancang kompor matahari tersebut dengan kemampuan 10 menit merebus air.

Satu model SolSource, dipasarkan di Amerika. Dirancang untuk berpergian seperti piknik dan lainnya atau dapat juga dipakai di rumah dan ditempatkan di taman belakang.

Kompor tenaga matahari

Kompor surya dengan cahaya matahari

Kompor matahari cukup di jemur untuk masak

"Eight hundred SolSource Pro solar stoves were sold to the Chinese government late last year in western China and distributed to nomadic peoples and villagers in the province of Qinghai. Dozens of NGOs and governments are currently interested in distributing the SolSource Pro now too," John B. Lindquist, Market Development Manager for One Earth Designs, explains.


Kompor gas perlahan akan ditinggalkan karena kurang efisien. Tampil kompor listrik dengan 2 teknologi berbeda. Kompor elektrik dengan pemanas coil mengantikan api kompor, kompor induksi dengan gelombang arus. Tetapi peralatan dapur harus memenuhi standar untuk kompor listrik.

Banyak teknologi, tapi yang ini sangat jelas. Kompor energi tenga surya, ukuran kecil yang sangat efisien. Perbedaan pada bagian tunggu diganti dengan bahan jelaga atau sisa emisi berwarna hitam. Relektor memantulkan cahaya ke bagian tunggu, bekerja lebih efisien dan murah.



Profesor Raman telah menemukan cara menolak panas matahari dan mengembalikan gelombang inframerah tertentu. Memantulkan kembali ke ruang angkasa tanpa berdampak dengan udara disekitar. Peneliti banyak memfokus untuk meredam panas atau mengurangi panas dari cahaya matahari dengan efek rumah kaca.

Ketika rancangan jalan dengan panel surya dibangun. Banyak antusias dari pengagas, yang mengatakan proyek tersebut akan berjalan dengan baik. Kenyataannya, yang dibangun disatu tempat, belum tentu memiliki kondisi yang sama. Disini dapat belajar dari perusahaan Wattway. Tidak mengunakan pemikiran yang sama, bila installasi di tempat berbeda.

Ide menarik membuat pemanas air buatan sendiri dirumah untuk Spa. Biayanya sangat murah, mengunakan slang air berwarna hitam, dan sebuah pompa untuk mengalirkan air ke bathtub. Yang lain membuat pemanas air portabel dengan ban bekas.



Solarcentury SunStation adalah sistem solar panel dengan disain tipis. Dapat dipasang diatap rumah dan tidak menganggu tampilan bangunan. Kecuali bentuknya yang berwarna hitam. Bukan disain saja yang baik, harga semakin terjangkau.

Banyak perangkat solar cell portabel. Dari ukuran besar untuk pengisian baterai smartphone, dilengkapi dengan powerbank atau ukurannya yang lebih kecil dan praktis. Ada beberapa aspek ketika memilih solar cell portabel

Tim African Clean Energy membuat kompor yang tidak berasap. Bukan solusi terbaik, tapi membuat kompor lebih efisien dan emisinya lebih rendah. Sementara orang memasak dengan kompor Ace 1, kompor juga mengalirkan udara. Di dalam kompor dipasangkan sebuah motor DC pengerak fan

Apa yang dilakukan seorang ilmuwan roket di waktu luang mereka. Ternyata mendisain alat masak. Seorang profesor universitas Oxford menciptakan alat masak atau panci dengan pemanas lebih cepat.

Avalanche Energy membuat pemanas air ThermalSquare dengan tenaga surya dengan disain disk TV satelit. Ukuran lebih kecil, panas cahaya matahari dipantulkan ke arah cermin pertama dan dipantulkan kembali ke sebuah cermin. Cahaya yang sudah memfokus baru diarahkan dari cermin kedua



Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Botol bir Heineken dirancang untuk dijadikan batu bata pernah dibuat tahun 60an. Rancangan ini datang ketika Mr. Heineken datang ke Karibia, dia melihat banyak botol menjadi sampah.




No popular articles found.